BMD Street Consulting

  QHSE Training and Engineering Consultant

Training GMP – Pemahaman Standar Persyaratan dan Penerapan Good Manufacturing Practices (31 Agustus – 1 September 2017 Yogyakarta)

LATAR BELAKANG

Training GMP - Good Manufacturing Practices oleh BMD Street Consulting. Good Manufacturing Practices (GMP) merupakan suatu konsep manajemen dalam bentuk prosedur dan mekanisme proses yang tepat untuk menghasilkan out put yang memenuhi stándar dengan tingkat ketidak sesuaian sekecil mungkin. Dalam bahasa indonesia dapat diterjemahkan menjadi Cara Produksi yang Baik (CPB) sistem ini sangat penting di terapkan dalam perindustrian manufaktur dan perusahaan jasa yang terlibat,  untuk meningkatkan kualitas produk dan jasa yang akan dihasilkan. Cocok diterapkan oleh industri yang produknya di konsumsi dan atau digunakan oleh konsumen dengan tingkat resiko yang sedang  sampai tinggi seperti : produk penghasil dan pengolah hasil pangan, perusahaan pengemasan/packaging produk hasil pengolahan pangan, produk obat-obatan tradisional, produk makanan olahan hasil bumi, produk makanan ringan, produk makanan hasil laut, produk kosmetik, produk perlengkapan rumah tangga, dan perusahaan jasa general services untuk industri manufaktur serta semua industri yang terkait dengan produksi produk tersebut.

Good Manufacturing Practices (GMP) memuat persyaratan minimum yang harus dipenuhi oleh industri makanan dan kemasan, terkait dengan keamanan pangan, kualitas dan persyaratan hukum. Standar umum yang dipergunakan adalah Title 21 Code of Federal Regulation (CFR) part 110 “Good Manufacturing Practices in Manufacturing, Packing, or Holding Human Food”  and  “General Principles Food Hygiene, WHO/FAO International Code Practice”. Standar ini adalah yang standar yang umum diterapkan dalam industri makanan dan kemasan. Implementasi yang efektif dari System Management  adalah dengan menerapkan konsep Hygiene & Sanitation pada system Good Manufacturing Practices / GMP yang akan memberikan keyakinan dan manfaat dalam suatu usaha industri makanan dan industri kemasan terkait.

MANFAAT TRAINING GOOD MANUFACTURING PRACTICES

Setelah peserta mengikuti program Pelatihan GMP ini peserta diharapkan peserta mampu:

  • Memahami persayaratan yang dikeluarkan oleh Standard GMP yang berlaku di pasaran bisnis Nasional dan Internasional
  • Mengimplementasikan standar GMP dan pengembangannya secara efektif sesuai dengan bidang usaha yang dijalani
  • Membangun manajemen mutu perusahaan yang tepat guna dan efektif diterapkan diperusahaan
  • Mampu membuat Standar Operation Prosedur (SOP) dalam bisnis proses perusahaan untuk meningkatkan kualitas dan jaminan mutu produk maupun jasa yang dihasilkan
  • Ikut bersaing dalam bisnis perdagangan Nasional & Internasional serta mampu menciptakan terobosan-terobosan yang baru dalam pengembangan bisnis perusahaan dengan memanfaat sumber daya alam (SDA) dan sumber daya manusia yang ada (SDM)
BAHAN AJAR TRAINING GMP
  • Persyaratan dan klausul-klausul persyaratan standar Good Manufacturing Practices (GMP) dan CPPOB
  • Ruang lingkup standar GMP
  • Lingkungan dan lokasi bangunan beserta fasilitas industry pabrik/plan
  • Kegiatan sanitasi (personal, ruangan, sistem peralatan dan faslitas pendukung)
  • Proses perawatan, pengendalian mesin dan peralatan produksi
  • Pemilahan bahan baku, proses penyimpanan, distribusi proses dan penyimpanan produk jadi berdasarkan karakter dan spesifikasi masing-masing bahan ataupun produk jadi yang dihasilkan
  • Sistem pengendalian dan pengawasan proses produksi
  • Penanganan produk akhir (siap jual)
  • Laboratorium pengendalian mutu produk
  • Sistem pengendalian hama
  • Hygiene pekerja
  • Sistem dokumentasi, standar kerja, standar operating prosedur (SOP), record dan kontrol dokumen
  • Keamanan produk, metode pengolahan ulang produk, prosedur komplain dan penarikan produk
SARAN PESERTA YANG IKUT
Factory Manager, Manager Produksi, QA/QC, R&D, Engineering Maintenance, Warehouse & Logistik, GA, HRD, Supervisor Produksi, QA/QC, R&D, Engineering/ Maintenance, Warehouse & Logistik, GA, HRD, Kontraktor dan semua yang terkait dalam pembangun pabrik makanan, kosmetik, farmasi serta industri manufaktur/jasa lainnya yang berhubungan.
INSTRUKTUR
M. ICHWANUDDIN, S. T

Profesional trainer & consultant BMD Street Consulting ini mempunyai latar belakang pendidikan sarjana teknik kimia. Sebagai praktisi industry dan internal auditor sudah beliau jalani lebih dari 14 tahun. Di antaranya pernah menjabat sebagai foreman Quality Control di PT. Sinar Antjol, Spv Product Development PT. Victoria Care Indonesia QC Spv & QMR di PT. Unza Vitalis, Rnd Manager PT Orson Indonesia, dan QC Manager PT. Lecapseal Indonesia. Kompetensi yang beliau kuasai baik sebagai praktisi ataupun auditor diantaranya meliputi: ISO 9001 QMS, ISO 14001 EMS, OHSAS 18001, ISO 22000 FSMS, HACCP, GMP, CPOB/CPKB, Food Safety, Sistem Jaminan Halal dan lain sebagainya. Diantara perusahaan yang pernah beliau tangani diantaranya yaitu: PT. Mitra Selindo Abadi, PT. Innopack Plastic Packaging, PT. Haldin Pacific Semesta, PT. Inti Duta Lestari Plasindo, PT. Avesta Continental Pack, PT. Unindo Adjidharma, PT. Cakrawala Mega Indah, PT. Sunindo Bangun Kersana, PT. Master Label, PT. Hokita Presisi Indonesia, PT. Internasioanl Multi Fleksindo, PT. Topan Sampoerna, PT. Yuli Eka Pesona, PT. Delident Chemical Industries, PT. Karya Indah Multiguna, PT. Multi Box, PT. Kerin Plasindo Sukses Makmur, PT. DIC Graphic, PT Indesso Aroma dan masih banyak lagi lainya

INVESTASI

Rp 4.350.000,00/peserta (jakarta, bogor, bandung, yogyakarta, surabaya) Rp 5.350.000,00/peserta (bali, balikpapan, lombok)
DURASI
2 Hari (Efektif 14 Jam: 09.00-16.00)
FASILITAS
Sertifikat, Modul (Soft dan Hard Copy), Training kit (Ballpoint Tas jinjing), Tas Ransel, Jacket, Lunch, 2x Coffe break, foto bersama dan pelatihan dilaksanakan di Hotel berbintang.
INFORMASI DAN PROMO

Hub      : 021 – 756 3091
Fax       : 021 – 756 3291
CONTACT PERSON
0813 8280 7230, 0877 8868 8235
JADWAL TRAINING GMP TAHUN 2017 :

  • 31 Agustus – 1 September 2017 Yogyakarta
  • 11-12 September 2017 Bandung
  • 2-3 Oktober 2017 Surabaya
  • 6-7 November 2017 Jakarta
  • 4-5 Desember 2017 Yogyakarta
REFERENSI :

  1. PT. Zena Nirmala Sentosa, Gunung Putri-Bogor
  2. PT. ISS Indonesia
  3. PT. Primera Panca Dwima
  4. PT. Batang Alum Industrie
  5. PT. IndoLampung Perkasa
  6. PT. Gula Putih Mataram
  7. PT. Sugar Group Company
  8. UD. Putra Mandiri
  9. PT. Bio Farma (persero)
  10. PT. Elha Narita Perkasa
  11. PT. Balimoon

TESTIMONI :

  • Materi training berkaitan erat dengan aktifitas kegiatan di industri kami, dan berguna bagi kami untuk melakukan aktifitas continous Improvement guna mencapai Food Safety. Erik Satria. -PT Primera Panca Dwima-
  • Materi yang disajikan bagus dan sangat lengkap, penyampaiannya mudah di pahami sehingga saya lebih mengerti tentang GMP. Alfiantoro Marsudi. Staff PT. IndoLampung Perkasa
  • Secara keseluruhan training ini memberikan ilmu yang bermanfaat untuk menambah pengetahuan saya tentang Good Manufacturing Practices (GMP) selain itu penyampaian oleh trainer sangat mudah di mengerti dan materinya pun sangat lengkap. terima kasih BMD Street Consulting. Eddy Bramanti QC UD. Putra Mandiri
  • “Sangat menyenangkan sekali, dapat pengalaman dan ilmu yang di dapat selain dari perusahaan.” Ayi Heri Setiawan-PT. Bio Farma (persero)
  • “Alhamdulillah ilmu yang di dapatkan dari training ini bisa di terapkan di lingkungan kerja maupun di luar lingkungan  kerja, untuk mencapai sesuatu yang lebih baik.”Asep Panpan Gunawan-PT. BioFarma (persero)
  • “Training ini sangat bermanfaat sekali dan berguna untuk menambah pengetahuan tentang GMP yang bisa diterapkan dalam pekerjaan.” Lusia Puji Utami-Human Capital/Development Management. PT Biofarma (persero)
  • “Alhamdulillah saya mengikuti training GMP ini tepat waktu dan tepat materi, bertepatan dengan rencana saya untuk membangun pabrik froozen food skala kecil dan rencana upgrade RPA (Rumah Potong Ayam) dari skala tradisional ke skala menengah. Materi-materi dalam GMP ini sangat bermanfaat sebagai panduan saya dan tim dalam perencanaan & pembangunan  pabrik tersebut.”Luqman Hakim, Lc, Direktur PT Elha Narita Perkasa.
  • Materi training menarik dan menambah ilmu untuk lebih menyempurnakan proses GMP di perusahaan kami, sehingga dapat menghasilkan hasil produksi yang berkualitas.” Made Wija Armana Kertha, RnD-PT Balimoon.
  • “Trainer sangat memahami materi dan cara penyampaian materi yang baik dan santai dan sangat bermanfaat untuk perusahaan kami.” Yudhistira Benny Tri, Finance cotroller-PT Balimoon.

Training Good Manufacturing Practices

Training GMP

materi-gmp

Speak Your Mind

*