Training Uji Profisiensi – Teknik Investigasi dan Tindak Lanjut Uji Profisiensi Persyaratan Akreditasi ISO/IEC 17025:2017

LATAR BELAKANG UJI PROFISIENSI

Training Uji Profisiensi salah satu program pengembangan kompetensi terkait dengan aplikasi dan persyaratan sistem manajemen laboratorium berdasarkan persyaratan akreditasi ISO/IEC 17025. Bagi laboratorium anda yang akan melakukan akreditasi ataupun sudah terakreditasi ISO/IEC 17025. Dalam hal ini KAN-Komite Akreditasi Nasional sebagai lembaga independent yang mempunyai hak wewenang mengakreditasi sebuah laboratorium uji/kalibrasi mewajibkan bagi semua laboratorium yang telah terakreditasi untuk melakukan Uji Profisiensi minimal 1 tahun sekali. Pada umumnya KAN secara rutin dan teragendakan setiap tahunnya melakukan Uji Profesiensi untuk beberapa ruang lingkup, namun jika ternyata KAN tidak menyelenggarakan uji profisiensi untuk suatu lingkup tertentu, maka laboratorium dianjurkan untuk menyelenggarakan sendiri atau berpartisipasi dalam program uji profisiensi yang diselenggarakan oleh lembaga lain yang mempunyai reputasi baik dalam penyelenggaraan uji profisiensi. Selanjutnya apabila dalam uji profisiensi tersebut laboratorium memperoleh hasil yang tidak memuaskan, laboratorium harus melakukan investigasi dan tindakan perbaikan untuk setiap hasil uji profisiensi yang outlier.

Menidaklanjuti uji profesiensi tersebut, selambatnya 30 hari sejak uji profisiensi hasil investigasi dan bukti tindakan perbaikan harus diserahkan ke Sekretariat KAN. Dimana hasil dari investigasi dan tindakan perbaikan tersebut akan diverifikasi oleh KAN untuk di evaluasi. Melihat fenomena terhadap tindaklanjut uji profisiensi ini, sering terjadi para laboratorium tidak mengerti apa yang dimaksud dengan investigasi dan bagaimana proses tindak lanjut perbaikan yang harus dilakukan  oleh terhadap hasil outlier yang didapat. Memenuhi kebutuhan pemahaman awal proses melakukan uji profesiensi tersebut dan hingga tindak lanjutnya BMD Street Consulting sebagai Laboratory Consultant ternama di Indonesia yang sudah dipercaya dan banyak menangani pengembangan dan pengelolahan laboratorium bermaksud menyelenggarakan Training Uji Profisiensi Persyaratan Standar ISO/IEC 17025:2005 baik yang diselenggarakan secara rutin perbulan diberbagai kota besar di Indonesia, maupun secara spesifik dan khusus dilaboratorium customers untuk melakukan In House Training ataupun Bimbingan Teknis Secara Terperinci.

GOAL TRAINING UJI PROFISIENSI 

Target dan tujuan Training Uji Profisiensi ini adalah untuk membantu para SDM pengembang laboratorium untuk mampu melakukan Uji Profesiensi dan Tindak Lanjutnya yang benar serta terarah seperti yang dipersyaratkan oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN) yang merujuk kepada Standar Sistem Manajemen Laboratorium ISO/IEC 17025:2017. Secara spesifik Training Uji Profisiensi juga bertujuan untuk:

  • Memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada peserta pelatihan terhadap prinsip dan program Laboratory Quality Control
  • Peserta mampu memahami dan mengerti  semua elemen dari parameter statistika yang tercantum dalam Laporan Hasil Uji Profisiensi.
  • Mampu menindaklanjuti hasil investigasi terhadap hasil uji profisiensi yang kurang baik secara tepat dan terarah.
  • Mampu merancang program dan upaya perbaikan terhadap Hasil Uji Profisiensi.
  • Membuat laporan investigasi dan bukti tindak perbaikan yang nantinya akan diserahkan ke KAN untuk diverifikasi
BAHAN AJAR
  • Pengantar dan pemahaman tinjauan umum persyaratan uji profesiensi persyaratan ISO/IEC 17025:2017
  • Pemahaman dan prinsip Quality Control Laboratory
  • Metode perhitungan statistik Uji profesiensi
  •  Pedoman ILAC G-13: 2000
  • Persyaratan Teknis dan Manajemen Penyelenggara Uji Profisiensi
  • Penetapan parameter statistika yang tercantum dalam pelaporan hasil uji profisiensi (Z-score, KV Robust dan lain lain) lengkap dengan parameter yang dianggap baik
  • Keterkaitan hubungan antara cara investigasi hasil yang kurang/tidak baik dengan Critical Control Point (CCP) dari sebuah metode uji.
  • Tindak perbaikan atas hasil investigasi yang diperoleh.
  • Pelaporan atas hasil investigasi dan tindak perbaikan yang dilakukan laboratorium serta pemberkasan pelaporan ke KAN yang benar
METODE PELAKSANAAN
Dalam Training Uji Profisiensi ini menggunakan metode interkatif dan menyeluruh, dimana sampaikan dalam bentuk pemaparan teoritis terkait dengan persyaratan dan prinsip dasar uji profesiensi serta elemen-elemen pendukung lainnya yang terlibat. Dan juga pembahasan study kasus yang diambil dari hasil uji profesiensi laboratorium peserta pelatihan maupun data yang dimiliki oleh Konsultan BMD Street Consulting dan membuat formula penyelesaiannya yang nantinya akan didiskusikan bersama di dalam pelatihan.

PROFIL TIM PENGAJAR KLIK DISINI

DURASI 2 Hari (Efektif 14 Jam: 09.00-16.00)
INVESTASI
Rp 4.500.000,00/peserta (jakarta, bogor, bandung, yogyakarta, surabaya)
Rp 5.500.000,00/peserta (bali, lombok, balikpapan)

(Dapat Promo Cash Back/Discount Klik Disini)

FASILITAS Sertifikat, Modul (Soft dan Hard Copy), Training kit (Ballpoint Tas jinjing), Tas Ransel, Jacket, Lunch, 2x Coffe break, foto bersama dan pelatihan dilaksanakan di Hotel berbintang

INFORMASI DAN PROMO

Hub      : 021 – 756 3091
Fax       : 021 – 756 3291

CONTACT PERSON

0813 8280 7230, 0877 8868 8235

JADWAL TRAINING UJI PROFISIENSI TAHUN 2019 :

  • 28-29 Oktober 2019 Yogyakarta
  • 21-22 November 2019 Jakarta
  • 19-20 Desember 2019 Medan

BELUM ADA JADWAL & WAKTU PELAKSANAAN YANG SESUAI…??? KLIK DISINI UNTUK MEREQUESTNYA..!!

 

REFERENSI:

  1. PT Semen Tonasa
  2. PT Cabot Indonesia
  3. PT Biofarma Persero
  4. PT. Kievit Indonesia
  5. PT. Amerta Indah Otsuka
  6. PT Pusat Pengembangan Kompetensi Profesi Indonesia

TESTIMONIAL TRAINING UJI PROFISIENSI:

  • Selama mengikuti Training Uji Profisiensi kesanya baik, dari sisi instruktur, cara penyampaian, suasana kelas santai menjadikan materi yang disampaikan mudah dipahami dan diterima. Rezkiyanti Tri Utami HS Dept. Associate PT Semen Tonasa.
  • Setelah menyelesaikan program pelatihan ini menjadikan saya mengetahui perkembangan dan persyaratan uji profisiensi yang sebenarnya harus diterapkan. Putra Tavianto Dept. Pengujian Mutu Vaksin & Virus PT Biofarma.
  • Materi yang disampaikan banyak membantu menjelaskan hal penting yang perlu dijalankan oleh praktisi laboratorium khususnya yang mengadopsi sistem ISO/IEC 17025:2005. Raden Ickeu Erawan Dept Quality Control PT Cabot Indonesia
  • Materi Training Uji Profisiensi sangat aplicable  dengan  pekerjaan kami, serta cara penyampaian dan studi kasus sangat mengena. Eko Diharti, QC PT. Kievit Indonesia.

Training Uji Profisiensi

Silahkan review dokumentasi program pelatihan kami dibawah ini, atau klik disini untuk video-video dokumentasi lainnya

Share this post