Training Akuntansi Derifative dan Instrumen Keuangan Lainnya (22-23 Agustus 2019 Bandung)

LATAR BELAKANG TRAINING AKUNTANSI DERIFATIVE DAN INSTRUMEN KEUANGAN LAINNYA

Konsep Dasar dari Derivatif (Basic Concept of Derivatives)  terdiri dari Instrument Derivatives dan Aset yang Mendasari (Underlying Assets) yang berupa Kurs Valas atau nilai tukar, Tingkat Suku Bunga, Indeks Saham, dan Harga Komoditas. Dalam kontrak derivatif, pihak yang terlibat (counterparties) saling bertaruh bahwa harga dari underlying assets akan bergerak secara BERLAWANAN. Jadi, transaksi derivatif adalah transaksi yang nilainya merupakan turunan dari instrumen yang mendasari, seperti suku bunga, nilai tukar, indeks, dan komoditas serta ekuitas, baik yang diikuti dengan pergerakan maupun tanpa pergerakan dana/instrumen.

Fiskus juga sering beranggapan bahwa penghasilan dari transaksi derivatif sudah dicakup dalam Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2008 (UU-36/2008) tentang Pajak Penghasilan khususnya Pasal 4 yang kena tarif final sehingga tidak ada lagi hitungan rugi laba kalo sudah final. Dianggap sama dengan deposito dan menjual tanah atau bangunan. Padahal pengenaan PPh final hanya berlaku untuk transaksi derivatif yang berbentuk kontrak future dan diperdagangkan di Bursa Berjangka Indonesia (BBI). Sedangkan bentuk kontrak derivatif yang lain yaitu swap, option, dan forward mestinya tidak dikenai PPh final. Jadi untuk itu berlaku ketentuan umum sebagaimana Pasal 6 Ayat 1 UU PPh.

TUJUAN 

  • Memahami derivatives products implikasi dari sisi accouinting baik terhadap financial reporting maupun management
  • Memahami peraturan akuntansi dan perpajakan yang berkaitan dengan derivatives
  • Memahami teknik dalam mengimplementasikan accounting procedures
  • Memahami dan mengelola resiko yang berkaitan dengan transaksi derivatives
  • Memahami market risk dan credit risk

MATERI TRAINING AKUNTANSI DERIFATIVE DAN INSTRUMEN KEUANGAN LAINNYA

1. Akuntansi keuangan eksternal

  • Metode akuntansi yang tepat
  • PSAK mengenai Derifative Accounting

2. Produk Derivatif

  • Akuntansi swap suku bunga
  1. Definisi dan metodologi
  2. Swap vanilla, amortisasi swap dan forward menukar
  3. Evaluasi
  4. Pelaporan
  • Masa depan keuangan, swap & (definisi dan metodologi, penilaian, dan pelaporan)
  • Akuntansi untuk opsi suku bunga (definisi dan metodologi, penilaian, dan pelaporan)
  • Perpajakan

3. Keamanan Swap Terkait

  • Obligasi dan derivatif Swap
  • Derivatif ekuitas dan ekuitas
  • Cross currency swap tingkat bunga & mata uang asing

4. Akuntansi untuk derivatif melekat dan produk terstruktur

  • Derivatif Kredit
  • Ekuitas linked notes
  • Risiko yang terkait dengan cdo terstruktur
  • CLNS
  • Keamanan yang didukung Aset

5.      Prosedur Akuntansi

REKOMENDASI PESERTA TRAINING AKUNTANSI DERIFATIVE DAN INSTRUMEN KEUANGAN LAINNYA

Staff / officer accounting, Cost Controller, Finance Controller, dan Accounting Managers yang ingin melengkapi pengetahuannya tentang akuntansi derivative dan instrument keuangan lainnya.

METODE TRAINING AKUNTANSI DERIFATIVE DAN INSTRUMEN KEUANGAN LAINNYA

Kegiatan pelatihan dirancang agar peserta dapat memahami secara komprehensif materi yang disampaikan, sehingga dapat dimplementasikan secara aplikatif dalam dunia kerja. Adapun metode yang digunakan adalah:

  1. Presentation
  2. Discuss
  3. Case Study
  4. Evaluation

DURASI:

2 Hari (Efektif 16 Jam: 09.00-16.00)

INVESTASI

  • Rp 4.500.000,00/peserta(jakarta, bogor, yogyakarta, surabaya)
  • Rp 5.500..000,00/peserta(bali, lombok, balikpapan)

FASILITAS

Sertifikat, Modul (Soft dan Hard Copy), Training kit (Ballpoint Tas jinjing), Tas Ransel, Jacket, Lunch, 2x Coffe break, foto bersama dan pelatihan dilaksanakan di Hotel berbintang.
INFORMASI  & PROMO
Hub      : 021 – 756 3091
Fax       : 021 – 756 3291
CONTACT PERSON
0813 8280 7230
TRAINER

Dr. Budi Santoso, SE, MM.

Latar belakang pendidikan beliau adalah Lulusan Program S1 Jurusan Ekonomi, IKIP Jakarta tahun 1982, Magister Management (S2), Universitas Indonesia, lulus tahun 1992 dan Lulus Program Doktor (S3) Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Jakarta Sebagai praktisi perusahaan dan pendidikan beliau sudah lebih dari 33 tahun aktif di berbagai bidang, diantaranya sebagai Management Trainee, Staff Personalia, Manager HRD di PT. Dharma Niaga hingga menjadi Direktur Business Development di PT. Perusahaan Perdagangan Indonesia (BUMN), Komisaris Utama. PT.Tri Sari Veem, Wakil Presiden Direktur PT. Isuzu Astra Motor Indonesia. Aktif juga sebagai dosen di “YAI“, Dosen Pascasarjana Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta, Ketua Pusat Pengembangan Eksekutif Fakultas Ekonomi UNJ, Konsultan HRD dan bisnis serta pernah menjadi Editor dan dewan redaksi, Majalah Swadharma (1990). Pengalaman dalam Proyek pekerjaan dan kompetensi: Penyusunan sistem dan prosedur perusahaan, Penyusunan Peraturan Perusahaan; Mendirikan Koperasi Pegawai, Restrukturisasi organisasi, Penyusunan restrukturisasi utang perusahaan. Analisis highest and best uses properti BUMN; Menyusun dan melaksanakan program, Manajemen training perusahaan; Pengembangan Pelatihan soft skills. Pengembang pelatihan soft Skills mahasiswa, Ketua Tim Likuidasi Dana Pensiun, penyelenggara seminar Nasional. Pengalaman sebagai dosen untuk mata kuliah: Manajemen SDM, Performance management, Stratejik Manajemen, Business Plan, Studi Kelayakan bisnis dan Manajemen bisnis dan lain sebagainya. Kursus, seminar & Pelatihan yang pernah di ikuti dalam dan luar negeri: Basic Accounting, Marketing Management, Personnel Management, Workshop on productivity measurement and analysis ILO/UNDP Jakarta 1988, Participative Management, Facilitator TQC, Workshop on Organization Planning, University Of Oregon, 1993, Jamsostek Seminar, Seminar Dana Pensiun, Jakarta, International Public Sector Human Resources Management Best Practice, Monash University, Melbourne Australia 1994, Industrial relation technical meeting, Depnaker 1996, Asian Productivity Organization workshops, Srilangka 2005, Karya Tulis yang dipublikasikan: Buku “Sailing the Sinking Ship”, bangkitnya BUMN Niaga dari keterpurukan. Penerbit Gema Persada Press Jakarta, 2010, Buku “Pintar-pintar Jadi Pegawai” Penerbit KAFE UNJ, 2011.

JADWAL TRAINING AKUNTANSI DERIFATIVE DAN INSTRUMEN KEUANGAN LAINNYA TAHUN 2019:

  • 22-23 Agustus 2019 Bandung
  • 02-03 September 2019 Yogyakarta
  • 01-02 Oktober 2019 Jakarta
  • 04-05 November 2019 Surabaya
  • 02-03 Desember 2019 Bandung

Share this post

Post Comment