BMD Street Consulting

  QHSE Training and Engineering Consultant

Training Effective Warehouse Management System (Sistem Manajemen Pergudangan) (10-11 Juli 2017 Surabaya)

PENGANTAR

Training Warehouse Management - Peran dan fungsi pergudangan dalam sebuah perusahaan yaitu sebagai lini yang bertanggung jawab untuk menjaga dan memelihara persediaan barang guna memenuhi kebutuhan operasional setiap lini diperusahaan. Keberadaan gudang dalam perusahaan merupakan pendukung kelancaran dalam setiap aktifitas operasional yang ada, dimana bagian gudang berperan juga dalam mengelola stok dan persedian barang bagi setiap user diseluruh departement, efisiensi waktu pelayanan permintaan dan pengiriman dan fasilitas lain yang diperlukan. Oleh karenanya dalam mengelola warehouse memerlukan pemahaman tentang peran, fungsi dan aplikasi yang efektif dalam manajemen pergudangan. Selain itu juga warehouse yang efektif juga mempunyai alur kerja dan prosedur kerja yang efektif serta efisien dengan menggunakan metode-metode terkini baik dari sisi teknis dilapangan dan sistem informasi yang tersedia sehingga tercapai keefektifan sistem pergudangan yang maksimal.

Training Warehouse Management oleh BMD Street Consulting ini memberikan jawaban bagi organisasi yang akan membangun ataupun ingin memperbaiki sistem pergudangannya, dimana program pelatihan ini akan memberikan metodologi-metodologi yang tepat guna dalam sistem pergudangan dalam memenuhi kebutuhan operasional perusahaan/organisasi. Yaitu salah satunya dengan memaksimalkan kondisi fasilitas ruang/area yang tersedia, peralatan operasional, kedisiplinan tenaga kerja, access location serta kesehatan dan keselamatan kerja. Atas dasar beberapa point diataslah mengapa penting bagi manajemen perusahaan terutama warehouse management untuk mengikuti program Training Warehouse Management ini, dimana program ini akan sangat bermanfaat dalam membangun sistem pergudangan yang efektif dan tepat guna yang siap serta mampu menghadapi persaingan bisnis yang samakin meningkat.

MAKSUD & TUJUAN TRAINING WAREHOUSE MANAGEMENT

Training Warehouse Management ini adalah salah satu dari solusi yang tepat bagi perusahaan/organisasi yang ingin membangun memperbaiki sistem pergudangannya, yaitu diharapkan setelah mengikuti program ini peserta mampu:

  • Mengerti dan memahami peran dan fungsi sistem pegudangan dalam sebuah perusahaan/organisasi.
  • Mengerti dan memahami konsep dan kegiatan kerja pokok dalam warehouse management
  • Paham dan menguasai aspek-aspek serta faktor -faktor yang mempunyai peran utama dalam aktifitas pergudangan.
  • Paham dan mampu mengoptimalisasi performance sistem pergudangan
  • Memahami peran dan fungsi sistem manajemen dalam pergudangan di perusahaan/organisasi
  • Integrasi warehouse management dengan berbagai management sistem: ISO 9001, 5R, Six Sigma, Kaizen
  • Memahami konsep dan manfaat keunggulan program implementasi 5S di dalam Manajemen Pergudangan
  • Memahami dan mampu mengaplikasikan step by step warehouse management terintegrasi dengan 5S
  • Mampu merencanakan, mengevaluasi dan mengelola sistem manajemen pergudangan yang tepat dan efektif didalam perusahaan/organisasi.

BAHAN AJAR

  • Pengantar sistem manajemen pergudangan
  • Peran dan fungsi warehouse management departemen dalam organisasi/perusahaan
  • Beban kerja dan budgeting pergudangan
  • Optimalisasi kinerja dan fungsi warehouse departemen
  • Fungsi warehouse departemen: warehouse storage, warehouse logistic, warehouse product suply and incoming material warehouse
  • Incoming material process recieving
  • Warehouse material handling
  • Inventory management Stock and Control
  • Storage handling and storage control
  • Warehouse stock opname
  • Planing kebutuhan material pergudangan
  • Sistem pengendalian fasilitas peralatan dan utilitas pergudangan, mencangkup: manajemen dan penataan rak yang efektif, penggunaan/perawatan pallet, Alat Angkut (forklift, mover, handlift etc) sistem sirkulasi udara, tempertaur dan kelembapan, pencahayaan, dan tata letak design bangunan
  • Goods/Product Identification System (Manual Identification System: Product Numbering System, SKU), (Electronic Identification System: Bar Code System,Auto ID Data Capture) (Case study on goods/product identification system) (Product physical Storage System: Principles of product storage) (Product Physical Storage System (cont): Storage Identification, Storage Adressing System), (Static and Dynamic addressing system), (Bin Management), (Safety on storage system: Product Safety, Safety at work), (Product Preservation System), (Case study on Product physical storage system)
  • Integrasi warehouse management dengan productivity sistem seperti: 5S, Six Sigma, Kaizen
  • Keunggulan dan manfaat integrasi 5S dengan warehouse management sistem
  • Aplikasi dan contoh integrated manajemen pergudangan dengan 5S
  • Step by step perencanaan dan implementasi pengintegrasian warehouse management system dengan 5S
  • Penilaian dan pengukuran tingkat keberhasilan kinerja dalam pergudangan

SIAPA PESERTA YANG HARUS IKUT..??

Training Warehouse Management ini sangat dianjurkan diikuti oleh mereka dengan latar belakang profesi sebagai: Dept. Manajer, Spv Dept, Dept. logistik, warehouse Dept, Dept. Inventory dan procurement/purchasing.  Dan semua pihak yang terlibat secara langsung maupun tidak dalam pengelolahan dan pengawasan sistem pergudangan.

METODE PELAKSANAAN

Training Warehouse Management ini menggunakan metode interaktif, dimana peserta dikenalkan kepada konsep, diberikan contoh aplikasinya, berlatih menggunakan konsep, mendiskusikan proses dan hasil latihan. Disampaikan dalam bentuk ceramah, diskusi interaktif dan presentasi kelompok.

INSTRUKTUR AHLI

Ir. Giri Wastu Wibowo, adalah Trainer, Counsultant, Auditor dan Coach yang sudah berpengalaman menangani perusahaan-perusahaan besar untuk menyelesaikan dan memperbaiki kinerja perusahaan. Ditambah lagi dengan pengalamannya yang kerap kali dalam pengembangan SDM dan improvement sistem manajemen seperti: Quality Health and Safety (ISO 9001, ISO 14001, ISO TS 16949, OHSAS 18001, Basic Safety, First Aid, Fire Fighting ) Productivity (5R, TQM, Gemba Kaizen, QCC, 7QC Tools, SPC, Six Sigma, FMEA) dan Warahouse Management (Warehouse Management System, Supply Chan Management, Warehouse Administrasion System) di perusahaan-perusahaan besar, serta ditambah dengan bekal beliau yang pernah mendapatkan pelatihan didalam dan luar negeri.  Karir beliau dimulai pertama kali yaitu dengan bekerja di PT. Astra Internasional tahun 1995, kemudian di tempatkan dibeberapa anak perusahaan untuk menimba ilmu, mengajarkan dan menerapkan improvement sistem dilapangan, pernah menjabat sebagai Fasilitator hingga menjadi Menjadi Dept Training & Development Manager disalah satu perusahaan PMA. Prestasi beliau yaitu seperti pernah menangani masalah kualitas di PT. Osram Indonesia (Siemen Group) dan mendapatkan penghargaan untuk ketagori pencapaian kualitas dan produktivitas terbaik sejak tahun 2000 – 2003 dibandingkan dengan pencapaian produksi di bagian lain dengan menerapkan TQC di Lapangan. Melakukan bimbingan dan arahan (couching & counseling) kepada karyawan agar mau dan mampu mengeluarkan kemampuan terbaiknya sehingga menjadi yang terbaik di tempat kerja. Pengalaman beliau sebagai Trainer, Consultant, dan Fasilitator untuk Problem Solving serta meningkatkan Kualitas & Produktivitas diberbagai perusahaan seperti di Perusahaan Listrik Negara (PLN), Perum Perhutani, PT. Excel Metal Industry, PT Prima Sarana Gemilang, Lembaga Sandi Negara, PT Asuransi Bintang, PT Rakuten Belanja Online, PT Doulton, RSU Aminah Belitar, PT. Prima Sarana Gemilang dan masih banyak lagi lainnya.

INVESTASI

Rp 4.350.000,00/peserta (jakarta, bogor, bandung, yogyakarta, surabaya)

Rp 5.350.000,00/peserta (bali, lombok, balikpapan)

DURASI

2 Hari (Efektif 14 Jam: 09.00-16.00)

FASLITAS

Sertifikat, Modul (Soft dan Hard Copy), Training kit (Ballpoint Tas jinjing), Tas Ransel, Jacket, Lunch, 2x Coffe break, foto bersama dan pelatihan dilaksanakan di Hotel berbintang.

INFORMASI DAN PROMO

Hub      : 021 – 756 3091
Fax       : 021 – 756 3291

CONTACT PERSON

0813 8280 7230, 0877 8868 8235

JADWAL TRAINING WAREHOUSE MANAGEMENT TAHUN 2017:

  • 10-11 Juli 2017 Surabaya
  • 14-15 Agustus 2017 Jakarta
  • 11-12 September 2017 Yogyakarta
  • 9-10 Oktober 2017 Bandung
  • 13-14 November 2017 Bogor
  • 11-12 Desember 2017  Surabaya

REFERENSI :

  1. RSUD Sidikalang
  2. BMD Laboratory

TESTIMONIAL : 

  • Secara keseluruhan Training Effective Warehouse Management System ini sangat baik. Yetty Vinolia Roy Lingga, S.Farm, Apt, apoteker gudang instalasi farmasi  RSUD Sidikalang.

Warehouse

Speak Your Mind

*