Training Teknik Estimasi Ketidakpastian pada Pengujian Analisis Kimia (22-24 April 2019 Yogyakarta)

PENGANTAR

Penentuan nilai ketidakpastian pengukuran dalam aplikasi pengukuran kalibrasi adalah konsep yang sudah lama diterapkan, secara perlahan namun pasti kini penerapanya di bidang pengujian seperti analisis: kimia, fisika dan mikrobiologi sudah mulai digalakan dalam dunia internasional dan juga nasional. Dengan terbitnya ISO/IEC 17025:2017 versi terbaru yang menggantikan versi lamanya tahun 2005, penekanan terkait Pelaporan Ketidakpastian Pengukuran termaktub pada klausul 7.6 ISO/IEC 17025:2017. Dalam rangka memenuhi persyaratan tersebut baik dalam rangka proses akreditasi maupun bentuk jaminan mutu laboratorium, maka disini laboratorium wajib mengestimasi dan melaporkan ketidakpastian pengukuran dari hasil analisis/pengujian baik yang diminta oleh pelanggan ataupun sebagi bentuk jaminan keabsahan hasil.

Untuk membantu para pengelola laboratorium penguji dalam melakukan hal tersebut diatas, BMD Training Centre bermaksud menyelenggarakan Training Teknik Estimasi Ketidakpastian Pengukuran dalam Analisis Kimia, untuk mengajarkan prinsip dan cara yang tepat untuk mengestimasi ketidakpastian pengukuran pada suatu metode analisis tertentu. Merujuk pada ISO Gum “The Guide to the expression of uncertainty in measurement” dan persyaratan ISO/IEC 17025:2017. Dalam program ini peserta akan diajarkan bagaimana cara yang tepat menggunakan hasil estimasi ketidakpastian dalam hal untuk: membandingkan kesamaan hasil yang diperoleh dari laboratorium atau sumber yang berbeda,  membandingkan hasil dengan nilai acuan (reference value), toleransi nilai dan karakteristik suatu produk lain sebagainya dimana keakuratan hasil nantinya dapat dinilai dengan semakin kecilnya nilai ketidakpastian yang dihasilkan.

 

MAKSUD DAN TUJUAN

Program Training Teknik Estimasi Ketidakpastian Pengukuran dalam Analisis Kimia ini bertujuan untuk memberikan wawasan menyeluruh sekaligus edukasi terkait agar sebuah laboratorium dalam melaporkan ketidakpastian yang tepat dan sesuai dengan standar yang berlaku dimulai dari dasar-dasar pengujian, konsep/prinsip dan cara mengestimasi ketidakpastian pengujian langsung pada sebuah metode analisis yang ditentukan, sehingga diharapkan setelah menyelesaikan program ini peserta dapat merencanakan, merancang dan mengimplementasikanya di laboratorium masing-masing.

 

BAHAN AJAR 

Materi Pokok:

  • Istilah dan definisi dalam ISO GUM
  • Konsep ketidakpastian
  • Jenis-jenis kesalahan dalam pengukuran
  • Sumber-sumber ketidakpastian
  • Klasifikasi komponen dan model ketidakpastian pengukuran
  • Identifikasi sumber ketidakpastian pengukuran
  • Evaluasi ketidakpastian pengukuran (type A dan type B)
  • Pelaporan ketidakpastian pengukuran

 

Materi Workshop:

  • Analisis berbasis gravimetri
  • Analisis berbasis titrimetri
  • Analisis proksimat
  • Analisis metode berbasis spektrofotometri UV/Vis
  • Analisis metode berbasis AAS/GC/

 

Note : Untuk program request training khusus/in house training untuk materi pembahasan dan workshop akan dikembangkan sesuai kebutuhan Instansi/perusahaan, silahkan hubungi kontak informasi  untuk berkoordinasi lebih lanjut. 

 

METODE PELAKSANAAN

Program Training Teknik Estimasi Ketidakpastian Pengukuran dalam Analisis Kimia ini diselenggarakan dengan metode interaktif, dimulai dari paparan prinsip, teori dan dasar-dasar pengetahuan yang dibutuhkan hingga tingkat lanjut (advanced), diakhir dengan mengcreate program ketidakpastian pengukuran secara manual/menggunakan program microsoft excel. Dimana setelah program ini diselesaikan diharapkan para peserta dapat mengembangkanya sendiri di laboratorium masing-masing. Oleh karena itu pada saat pelaksanaan para peserta wajib membawa laptop/notebook untuk kebutuhan workshop masing-masing.

 

SIAPA PESERTA YANG DIREKOMENDASIKAN HADIR..?

Program ini secara umum direkomendasikan diikuti oleh seluruh infrastruktur laboratorium diorganisasi baik yang sudah terkareditasi ISO/IEC 17025:2017 ataupun laboratorium yang membutuhkanya sebagain jaminan mutu (Internal Quality Control). Dan secara khusus direkomendasikan diikuti oleh: perwakilan manajemen teknis, para deputi, senior analis, para kepala laboratorium di perusahaan/instansi pemerintah dan para penanggung jawab mutu.

 

TEAM INSTRUKTUR:

Andreas, S.Si, M.Si dan Team

Associated Trainer & Consultant BMD Street Consulting adalah seorang praktisi yang cukup banyak mengemban pendidikan di bidang kompetensi kimia analitik dan sistem manajemen laboratorium. Pendidikan beliau di mulai dengan menyelesaikan program D1 di Sekolah Menengah Analis Kimia-Bogor dan program sarjana Jurusan Kimia Fakultas MIPA Universitas Padjajaran-Bandung. Dan hingga saat ini aktif sebagai peneliti di PUSLIT Kimia LIPI Serpong, sebelumnya juga pernah menjadi praktisi di Dept QC PT Kalah Sari Nabati. Di antara institusi dan perusahaan yang pernah beliau tangani baik dalam memberikan pelatihan dan bimbingan teknis terkait manajemen laboratorium (GLP, ISO 9001, ISO/IEC 17025) dan berbagai kompetensi teknis lainya (validasi metode, uncertainty measurenment, kalibrasi, verifikasi etc)  di lingkup laboratorium yaitu seperti: Balai Penelitian Tanah-Bogor, PT Indofood Purwakarta, Pusat Pengujian Obat dan Makanan Nasional (PPOMN) Jakarta Pusat, Laboratorium Kimia dan Mikrobiologi Jurusan Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan (TPH) Sekolah Tinggi Perikanan, Laboratorium Pengujian Balai Besar Pasca Panen, PT Anugerah Analisis Sempurna, Direktorat Zeni Angkatan Darat, Balai Penelitian Lingkungan Pertanian, Balai Pengendalian Mutu Barang Export dan Import Jakarta Timur, Balai Pengujian Mutu dan Sertifikasi Hasil Pertanian dan Hasil Hutan Provinsi DKI Jakarta, PT. Charoen Pokphand Indonesia, Laboratorium Analisis Flavor, Balai Besar Penilitian Tanaman padi Sukamandi, Labkesda-DKI, Laboratorium Kimia Agro-BPTPN Lembang -Jawa Barat, Saraswati Indo Genetech, PT. Indraloka, PT. Mega Andalan Kawasan, PDAM Tirta Pakuan Bogor, PT. Kampung Coklat, PT.Pulau Samba, Hotel Novotel Bangka, PT Suzuki Indomobil  Motor, PT ,Biofarma (persero), BPFK Jakarta, PT. Agincourt Resources, PT Widya Cipta Buana, PT. Sparta Prima, PT. Shavera Enviro Laboratorium, PT. Metito Indoensia, PT. Shavera Enviro Laboratorium, STIPAP Medan, Universitas Negeri Malang, Universitas Hang Tuah Surabaya, Universitas Islam Indonesia, PDAM Kota Balikpapan, BARISTAND Pontianak, PT. Pan Agrifume Corportaion, PT Balimoon, PT Holcim Indonesia,  PT Mitralab Buana, Istitut Pertanian Bogor, PT Suryaraya Rubberindo Industries, PT Holcim Indonesia dan masih banyak lagi lainnya.

Other Team: Denar Zuliandanu Ssi, Sujarwo Ssi, Basrul Yanwar Bsc Msc, Ujang Pramono Ssi

 

INVESTASI 

  • Rp 7.250.000 (jakarta/bogor/bandung/yogyakarta/surabaya)
  • Rp 7.750.000 (bali/lombok/medan/makasar/batam)

 

DURASI

3 hari (Efektif: 21 Jam)

 

FASILITAS

Sertifikat, Modul (soft & hard copy), Training Kit (Tas Jinjing, Blocknote, Ballpoint), Jacket, Lunch, 2x Coffee Break/hari, dan foto bersama serta diselenggarakan di hotel berbintang.

 

INFORMASI DAN PROMO

Hub      : 021 – 756 3091
Fax       : 021 – 756 3291

 

CONTACT PERSON

0813 8280 7230, 0877 8868 8235

 

JADWAL TRAINING TEKNIK ESTIMASI KETIDAKPASTIAN PENGUKURAN PADA ANALISIS KIMIA TAHUN 2019:

  • 22-24 April 2019 Yogyakarta
  • 20-22 Mei 2019 Bandung
  • 17-19 Juni 2019 Yogyakarta
  • 15-17 Juli 2019 Bandung
  • 19-21 Agustus 2019 Yogyakarta
  • 16-18 September 2019 Bandung
  • 14-16 Oktober 2019 Yogyakarta
  • 18-20 November 2019 Bandung
  • 16-18 Desember 2019 Yogyakarta

 

Share this post

Post Comment