Training Teknik Estimasi Ketidakpastian pada Pengujian Analisis Kimia (16-18 September 2019 Bandung)

PENGANTAR

Penentuan nilai ketidakpastian pengukuran dalam aplikasi pengukuran kalibrasi adalah konsep yang sudah lama diterapkan, secara perlahan namun pasti kini penerapanya di bidang pengujian seperti analisis: kimia, fisika dan mikrobiologi sudah mulai digalakan dalam dunia internasional dan juga nasional. Dengan terbitnya ISO/IEC 17025:2017 versi terbaru yang menggantikan versi lamanya tahun 2005, penekanan terkait Pelaporan Ketidakpastian Pengukuran termaktub pada klausul 7.6 ISO/IEC 17025:2017. Dalam rangka memenuhi persyaratan tersebut baik dalam rangka proses akreditasi maupun bentuk jaminan mutu laboratorium, maka disini laboratorium wajib mengestimasi dan melaporkan ketidakpastian pengukuran dari hasil analisis/pengujian baik yang diminta oleh pelanggan ataupun sebagi bentuk jaminan keabsahan hasil.

Untuk membantu para pengelola laboratorium penguji dalam melakukan hal tersebut diatas, BMD Training Centre bermaksud menyelenggarakan Training Teknik Estimasi Ketidakpastian Pengukuran dalam Analisis Kimia, untuk mengajarkan prinsip dan cara yang tepat untuk mengestimasi ketidakpastian pengukuran pada suatu metode analisis tertentu. Merujuk pada ISO Gum “The Guide to the expression of uncertainty in measurement” dan persyaratan ISO/IEC 17025:2017. Dalam program ini peserta akan diajarkan bagaimana cara yang tepat menggunakan hasil estimasi ketidakpastian dalam hal untuk: membandingkan kesamaan hasil yang diperoleh dari laboratorium atau sumber yang berbeda,  membandingkan hasil dengan nilai acuan (reference value), toleransi nilai dan karakteristik suatu produk lain sebagainya dimana keakuratan hasil nantinya dapat dinilai dengan semakin kecilnya nilai ketidakpastian yang dihasilkan.

 

MAKSUD DAN TUJUAN

Program Training Teknik Estimasi Ketidakpastian Pengukuran dalam Analisis Kimia ini bertujuan untuk memberikan wawasan menyeluruh sekaligus edukasi terkait agar sebuah laboratorium dalam melaporkan ketidakpastian yang tepat dan sesuai dengan standar yang berlaku dimulai dari dasar-dasar pengujian, konsep/prinsip dan cara mengestimasi ketidakpastian pengujian langsung pada sebuah metode analisis yang ditentukan, sehingga diharapkan setelah menyelesaikan program ini peserta dapat merencanakan, merancang dan mengimplementasikanya di laboratorium masing-masing.

 

BAHAN AJAR 

Materi Pokok:

  • Istilah dan definisi dalam ISO GUM
  • Konsep ketidakpastian
  • Jenis-jenis kesalahan dalam pengukuran
  • Sumber-sumber ketidakpastian
  • Klasifikasi komponen dan model ketidakpastian pengukuran
  • Identifikasi sumber ketidakpastian pengukuran
  • Evaluasi ketidakpastian pengukuran (type A dan type B)
  • Pelaporan ketidakpastian pengukuran

 

Materi Workshop:

  • Analisis berbasis gravimetri
  • Analisis berbasis titrimetri
  • Analisis proksimat
  • Analisis metode berbasis spektrofotometri UV/Vis
  • Analisis metode berbasis AAS/GC/

 

Note : Untuk program request training khusus/in house training untuk materi pembahasan dan workshop akan dikembangkan sesuai kebutuhan Instansi/perusahaan, silahkan hubungi kontak informasi  untuk berkoordinasi lebih lanjut. 

 

METODE PELAKSANAAN

Program Training Teknik Estimasi Ketidakpastian Pengukuran dalam Analisis Kimia ini diselenggarakan dengan metode interaktif, dimulai dari paparan prinsip, teori dan dasar-dasar pengetahuan yang dibutuhkan hingga tingkat lanjut (advanced), diakhir dengan mengcreate program ketidakpastian pengukuran secara manual/menggunakan program microsoft excel. Dimana setelah program ini diselesaikan diharapkan para peserta dapat mengembangkanya sendiri di laboratorium masing-masing. Oleh karena itu pada saat pelaksanaan para peserta wajib membawa laptop/notebook untuk kebutuhan workshop masing-masing.

 

SIAPA PESERTA YANG DIREKOMENDASIKAN HADIR..?

Program ini secara umum direkomendasikan diikuti oleh seluruh infrastruktur laboratorium diorganisasi baik yang sudah terkareditasi ISO/IEC 17025:2017 ataupun laboratorium yang membutuhkanya sebagain jaminan mutu (Internal Quality Control). Dan secara khusus direkomendasikan diikuti oleh: perwakilan manajemen teknis, para deputi, senior analis, para kepala laboratorium di perusahaan/instansi pemerintah dan para penanggung jawab mutu.

 

TEAM INSTRUKTUR:

Denar Zuliandanu, S.Si. Background pendidikan beliau adalah sarjana kimia dari Institut Pertanian Bogor. Aktif sebagai trainer dan konsultan BMD Training and Consultant, Auditor dan juga sebagai salah Kepala Sub Divisi Lab Kalibrasi terakreditasi KAN. Kompetensi yang beliau kuasai diantaranya: ISO/IEC 17025, ISO/IEC 17020, GLP, K3 Lab, ISO 9001, Validasi Metode, Verifikasi, Kalibrasi, Ketidakpastian Pengukuran dan berbagai cabang ilmu terkait standarisasi laboratorium.  Berbagai proyek sudah banyak dilakukan diantaranya adalah sebagai konsultan teknis standardisasi peralatan Laboratorium Pendidikan IPA untuk Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah seluruh Indonesia Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama, Tim Verifikasi soal Uji Kompetensi Guru (UKG) bidang Kimia Pertanian dan Industri di PPPPTK Pertanian Cianjur, Ketua Tim Kalibrasi Peralatan di Departemen Biokimia, IPB, Tim Penyusun Dokumen UKL-UPL PT Arindo Chemical, Konsultan Pengembangan Laboratorium Pendidikan IPA di Daarul Qur’an School Internasional, Tim Pembuat Modul Praktikum Kimia di Daarul Qur’an School Internasional, Tim Peneliti Inhibitor Korosi, Hibah Dikti-LPPM IPB, Tim Peneliti Utilisasi Fine Coal dan Pengelolaan Limbah Cair di PT Adaro Indonesia, Tim Peneliti Pemanfaatan Karang Lunak Sebagai Obat, Hibah Dikti-LPPM IPB, Tim Peneliti Pengembangan Inhibitor Korosi Berbasis Imidazolina, PT Elnusa Petrofin, Tim Peneliti Pengembangan Biosensor Organoklorin, Hibah Dikti-LPPM IPB serta diantara institusi dan perusahaan yang pernah beliau tangani baik dalam memberikan pelatihan dan bimbingan teknis seperti: Kantor Kesehatan pelabuhan Kelas II pekanbaru, PT Sumber Prima Anugerah, DLH Kab. Tapin, PT Ogawa Indonesia, BPTP Yogyakarta, PT Hijau Persada Sejahtera, PT Bumi Sarimas Indonesia, PT Natura Perisai Aroma,   dan masih banyak lagi lainya.

Other Team: Denar Zuliandanu Ssi, Sujarwo Ssi, Basrul Yanwar Bsc Msc, Ujang Pramono Ssi

 

INVESTASI 

  • Rp 7.250.000 (jakarta/bogor/bandung/yogyakarta/surabaya)
  • Rp 7.750.000 (bali/lombok/medan/makasar/batam)

 

DURASI

3 hari (Efektif: 21 Jam)

 

FASILITAS

Sertifikat, Modul (soft & hard copy), Training Kit (Tas Jinjing, Blocknote, Ballpoint), Jacket, Lunch, 2x Coffee Break/hari, dan foto bersama serta diselenggarakan di hotel berbintang.

 

INFORMASI DAN PROMO

Hub      : 021 – 756 3091
Fax       : 021 – 756 3291

 

CONTACT PERSON

0813 8280 7230, 0877 8868 8235

 

JADWAL TRAINING TEKNIK ESTIMASI KETIDAKPASTIAN PENGUKURAN PADA ANALISIS KIMIA TAHUN 2019:

  • 16-18 September 2019 Bandung
  • 14-16 Oktober 2019 Yogyakarta
  • 18-20 November 2019 Bandung
  • 16-18 Desember 2019 Yogyakarta

 

Share this post

Post Comment