Training Sistem Jaminan Mutu Halal (22-23 Oktober 2018 Surabaya)

PENGANTAR

Training Sistem Jaminan Mutu Halal – Tidak dipungkiri lagi industrialisasi global saat ini memberikan efek signifikan dalam perdagangan dunia, setiap negara kini dengan memudah menjual (eksport) produk hasil produksinya dan mendatangkan (impor) bahan baku produksi dari berbagai negera, tentunya persaingan yang ada dalam hal ini adalah terkait jaminan mutu dan harga. Dampak dari kondisi tersebut salah satunya dialami oleh komunitas muslim diberbagai negara, dimana kondisi ini semakin kritis dan meminta jaminan yang tinggi akan kehalalan maupun mutu produk yang akan dikonsumsinya. Hal inilah yang menjadikan dasar mengapa semua produk khususnya yang dipasarkan ke negara yang ada penduduk muslimnya wajib memiliki sertifikasi halal dari lembaga terkait.

Di indonesia sertifikasi halal dilakukan oleh Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-Obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) yaitu lembaga yang ditunjuk pemerintah untuk mensertifikasi dan memonitoring implementasi sistem jaminan mutu halal di perusahaan yang produknya ingin bersertifikat halal. Perusahaan yang produknya bersertifikat halal wajib untuk menerapkan sistem jaminan  mutu halal sebagai bukti dan menjaga konsistensi kehalalan produk yang dihasilkan. Secara teknis implementasi SJH ini dilakukan oleh team manajemen halal m manjemen halal internal yang kesehariannya bertanggungjawab terhadap kehalalan sesuai dengan bidang tugasnya masing-masing. Tim ini terdiri dari berbagai bagian yang terlibat dalam aktivitas kritis dan telah memiliki kompetensi yang dibutuhkan dalam menjalankan tugasnya untuk menjaga kehalalan bahan, proses produksi dan fasilitas yang digunakan agar produk akhirnya berstatus halal sebagaimana yang akan di klaim perusahaan untuk diketahui oleh konsumennya.
MAKSUD & TUJUAN

 

Setelah mengikuti Training Sistem Jaminan Mutu Halalini diharapkan peserta mampu:
  • Memahami dan bisa meningkatan kompetensi, pengetahuan, keterampilan, sikap dan komitmen terhadap kehalalan produk melalui penerapan Sistem Jaminan Halal.
  • Memahami dan mampu untuk menyusun manual Sistem Jaminan Halal di perusahaan.
  • Mampu merencanakan dan implementasi Sistem Jaminan Halal melalui proses manajemen yang efektif dan efisien;
  • Mampu dan bisa melakukan monitoring dan mengevaluasi penerapan Sistem Jaminan Halal pada produk yang dihasilkan.

BAHAN AJAR

  • Pengantar Sistem Jaminan Halal terkait kebijakan strategis dan komitmen perusahaan.
  • Pandangan terkini terkait Sertifikasi Halal dan Sistem Jaminan Halal di perusahaan.
  • Implementasi Sistem Jaminan Halal menuju GCG di perusahaan.
  • Fatwa-fatwa dari Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia tentang Halal.
  • Kebijakan dan Prosedur Sertifikasi Halal
  • Kriteria Sistem Jaminan Halal
  • Titik Kritis Bahan
  • Sistem dan dokumen kehalalan bahan
  • Teknis Penyusunan Manual dan Implementasi SJH
  • Teknik Audit dan Penilaian Implementasi SJH (manual SJH dan aplikasi diperusahaan)
  • Case study dan diskusi interaktif
REKOMENDASI PESERTA
Yang direkomendasikan ikut serta dalam program ini adalah para pimpinan perusahaan, dept QA/QC/Rnd perusahaan, dept SDM, Pimpinan Produksi dan semua pihak yang terlibat secara langsung maupun tidak dalam implementasi sistem jaminan mutu hala di perusahaan.
METODE PELAKSANAAN
Program Training Sistem Jaminan Mutu Halal ini dilaksanakan dengan metode interaktif, dimana akan disampaikan pembahasan terkait dengan teori dan persyaratan sistem jaminan mutu halal, pembahasan case study ilmiah dan diskusi interaktif.
INSTRUKTUR
Sujarwo, S.Si, & Partner 
He is Associate Expert Consultant Team of BMD Street Consulting that has been expert in proficiency test schema based on ISO/IEC 17043. In relation with the standard ISO/IEC 17043 he mostly invited in training and engaged in scientific discussions held by National Accreditation Commitee( KAN )  for  national level and international level by UKAS and also the European Union. As a consultant his expertise involved in various activities related to the ISO/IEC 17043 and ISO/IEC 17025, as a lecturer, instructor or an auditor. Amongs are companies that have already using his expertise, such as: BP2KSI Jatiluhur-Purwakarta, PT Keivit Indonesia, RS POLRI, PT Adika Jaya, PT. Toyo Ink Indonesia, PT. Indonesia Power, LPPMHP Lampung, PT. Mulya Adhi Paramita, PT. Kansai Paint  Indoensia, PT. Indraloka, Labkesda Kab. Semarang, BLHD Katingan, PT Biro Klasifikasi Indonesia, Unit Laboratorium Keswan & Kesmavet Kalimantan barat, Dinkes Kabupaten Semarang, PPISHP, Universitas Internasional Semen Indonesia, PT mega Andalas Kalasan, BPTH kelas I, PT Surya Raya Rubberindo, PT Pradana Estiara Medical, UPT Labkesda Kota Tangerang Selatan, PT Carsurin, PT Bayer Indonesia, PT Semen Tonasa, Balai LABKES Kalimantan Tengah, PT Holcim Indonesia, Tbk, PT Indraloka, PT Darya Harja Sentosa, DISPERINDAG Provinsi Banten, PT Grobest Indomakmur, Pusat Produksi Inspeksi dan Sertifikasi Hasil Perikanan Prov. DKI Jakarta, PLN PUSLITBANG, PT Domas Agrointi Prima PT Sumber Prima Anugerah Abadi and many more. He is currently active as a technical manager in the of analytical chemistry laboratory of Puspiptek LIPI Serpong.
INVESTASI
Rp 4.350.000,00/peserta(jakarta, bogor, yogyakarta, surabaya)
Rp 5.350.000,00/peserta(bali, lombok, balikpapan)
DURASI
2 Hari (efektif 14 Jam:09.00-16.00)
FASILITAS
Sertifikat, Modul (Soft dan Hard Copy), Training kit (Ballpoint Tas jinjing), Tas Ransel, Jacket, Lunch, 2x Coffe break, foto bersama dan pelatihan dilaksanakan di Hotel berbintang.

INFORMASI DAN PROMO

Hub      : 021 – 756 3091
Fax       : 021 – 756 3291
CONTACT PERSON
0813 8280 7230, 0877 8868 8235
  • 22-23 Oktober 2018 Surabaya
  • 7-8 November 2018 Bogor
  • 26-27 November 2018 Lombok
  • 10-11 Desember 2018 Jakarta
  • 27-28 Desember 2018 Bogor

Share this post

Post Comment