Training Understanding and Implementing SA 8000

PENGANTAR

Training SA 8000 (Social Accountability) – SA 8000 adalah program yang bertujuan menciptakan kondisi kerja untuk selalu menjadi lebih baik, merupakan program sertifikasi swasta sukarela yang dibangun oleh organisasi non pemerintah Social Accountability International (SAI). Standar SA 8000 berisi dan mengatur berdasarkan pada berbagai norma dunia internasional yang berlaku di tempat kerja, diantaranya yang berhubungan dengan keadilan sosial, hak-hak para pekerja dan kondisi lingkungan kerja. Dalam implementasi standar SA 8000 organisasi wajib memenuhi minimal standar yang harus diterapkan terkait dengan lingkungan kerja terkait dengan kondisi kerja guna dimana bisa menjamin lingkungan kerja yang aman dan sehat, kebebasan berserikat dan mengadakan perjanjian kerja kolektif dan strategi perusahaan guna mengatur berbagai permasalahan sosial yang terjadi di tempat kerja. Dan juga adanya peraturan yang baku mengenai jam kerja, upah, pencegahan diskriminasi, dan penggunaan pekerja anak atau kerja paksa.

Dalam program Training SA 8000 (Social Accountability) para peserta akan diberikan pemahaman, pengetahuan dan konsep serta metode kerja yang efektif lagi efisien dalam menerapkan standar SA 8000 agar mampu mencapai pemenuhan tanggung jawab sosial sebuah organisasi guna memenuhi persyaratan standar berdasarkan norma dan etika internasional diantaranya: konvensi ILO (International Labor Organization), deklarasi hak azasi manusia dan  konvensi hak-hak anak PBB. Yang meliputi persyaratan (standar) seperti: pekerja anak, kerja paksa, tempat kerja yang sehat dan aman, kebebasan berserikat dan perlindungan hak untuk berasosiasi, diskriminasi, penegakan disiplin, jam kerja dan upah yang layak.

 

MANFAAT PROGRAM TRAINING SA 8000 (SOCIAL ACCOUNTABILITY)

Banyak manfaat yang didapat setelah menyelesaikan program Training SA 8000 (Social Accountability) ini, diantaranya diharapkan para peserta mampu:

  • Memahami, merencanakan dan membangun sebuah kondisi lingkungan kerja yang sehat, aman dan sesuai dengan perikemanusiaan berdasarkan pada norma-norma sosial.
  • Membangun sebuah komitmen di internal organisasi terhadap standar sosial dan etika yang ada, sehingga organisasi mampu untuk menarik tenaga kerja yang terlatih dan terampil serta dapat mempertahankan para pekerja.
  • Mampu membangun kesadaran dan komitmen seluruh elemen perusahaan, dimana diharapkan perusahaan senantiasa mampu memperbaiki kesejahteraan karyawanya sehingga loyalitas pekerjanya pun meningkat pula. Hal ini juga akan memberikan efek positif lainya seperti: meningkatnya produktifitas kerja, unggul dalam berkompetitif, mendapatkan pelanggan dan pangsa pasar baru serta hubungan jangka panjang dengan pelanggan menjadi lebih baik.
  • Bersama organisasinya mampu mencipatakan produk dan jasa berkualitas tinggi, dimana produknya dihasilkan dari sebuah lingkungan kerja yang adil dan aman.
  • Para perserta mampu menciptakan peningkatan berkelanjutan di organisasi, siap mengahadapi audit pihak ketiga, dan siap untuk menjalani proses sertifikasinya.

 

BAHAN AJAR TRAINING SA 8000 (SOCIAL ACCOUNTABILITY)

  1. Pengantar sejarah dan perkembangan standar SA 8000
  2. Perkembangan isu, prospek dan tantangan bisnis terkini serta eonomi global.
  3. Kode etik dan norma bisnis dunia internasional
  4. Pemahaman, konsep, dan implementasi SA 8000
  5. Strategi membangun sistem SA 8000 yang efektif dan efisien
  6. Interpretasi standar persyaratan (klausul) SA 8001 dan aplikasinya untuk meningkatkan produktifitas kerja
  7. Strategi implementasi integrated management system ISO, CSR dan SA 8000
  8. Pembahasan study kasus dan contoh kesuksesan dalam mengimplementasikan SA 8000

 

SIAPA PESERTA YANG HARUS HADIR DALAM TRAINING SA 8000 (SOCIAL ACCOUNTABILITY)..??

Training SA 8000 (Social Accountability) ini sangat di anjurkan dan wajib diikuti bagi perusahaan/organisasi yang ingin membangun(meningkatkan) integritas perusahaan/organisasi dengan cara menciptakan lingkungan kerja perusahaan yang aman dan nyaman, serta mampu memberikan efek positif dalam kehidupan sosial masyarakat. Oleh karenanya, maka program ini direkomendasikan oleh SDM perusahaan dengan latar belakang: dept. legal perusahaan, dept. HSE perusahaan, Corporate dept, CSR dept, HRD dan semua pihak yang terkait dengan lingkungan serta ketenagakerjaan di perusahaan.

 

METODE PELAKSANAAN

Program Training SA 8000 (Social Accountability) ini secara teknis pelaksanaanya disampaikan dengan metode interaktif, dimana peserta dikenalkan kepada konsep teoritical, contoh aplikasi dan penerapan, berlatih menuangkan suatu rancangan konsep, diskusi interaktif dan latihan study kasus serta contoh implementasi penerapan SA 8000.

PROFIL TIM PENGAJAR KLIK DISINI

INVESTASI 

  • Rp 6.750.000 (surabaya/jakarta/bogor)
  • Rp 7.250.000 (bali/lombok/medan/makasar/batam)

(Dapat Promo Cash Back/Discount Klik Disini)

 

DURASI

3 hari (Efektif: 21 Jam)

 

FASILITAS

Sertifikat, Modul (soft & hard copy), Training Kit (Tas Jinjing, Blocknote, Ballpoint), Jacket, Lunch, 2x Coffee Break/hari, dan foto bersama serta diselenggarakan di hotel berbintang.

 

INFORMASI DAN PROMO

Hub      : 021 – 756 3091
Fax       : 021 – 756 3291

 

CONTACT PERSON

0813 8280 7230, 0877 8868 8235

 

JADWAL TRAINING SA 8000 (SOCIAL ACCOUNTABILITY) TAHUN 2019:

  • 05-07 Agustus 2019 Malang
  • 19-21 Agustus 2019 Bandung
  • 02-04 September 2019 Bali
  • 16-18 September 2019 Jakarta
  • 01-03 Oktober 2019 Surabaya
  • 14-16 Oktober 2019 Bogor
  • 04-06 November 2019 Yogyakarta
  • 18-20 November 2019 Jakarta
  • 02-04 Desember 2019 Malang
  • 16-18 Desember 2019 Bandung

BELUM ADA JADWAL & WAKTU PELAKSANAAN YANG SESUAI…??? KLIK DISINI UNTUK MEREQUESTNYA..!!

 

REFERENSI

  1. PT BMSI
  2. PT. Biofarma
  3. BMD Laboratory

 

TESTIMONIAL

  • “Dengan mengikuti pelatihan SA 8000 yang diadakan oleh BMD Street Consulting ini saya jadi lebih mengetahui dan lebih  paham tentang UU Ketenagakerjaan dan terusannya. Terima Kasih BMD Street Consulting, trainingnya sangat bermanfaat sekali” Sri Kartiko Ngesti, Staff CSR PT. Biofarma
  • “Secara keseluruhan training SA 8000 ini sangat baik dalam hal penyampaian materi, venue, makanan serta waktu training yang sangat efektif. sehingga pada saat training terasa nyaman dan santai” Guntur Ar-Rizal Fasyha Staff Muda CSR PT. Biofarma

Silahkan review dokumentasi program pelatihan kami dibawah ini, atau klik disini untuk video-video dokumentasi lainnya

Share this post

Post Comment