Training Internal Quality Control ISO/IEC 17025:2017 (01-02 Agustus 2019 Surabaya)

PENGANTAR

Training Internal Quality Control ISO/IEC 17025:2017 – Pengendalian mutu/quality control dalam sebuah organisasi memegang peran sebagai pengendalian dari kualitas jasa/produk yang dihasilkan. Keterkaitan QC dalam aplikasi bidang laboratorium adalah sebagai bentuk pengendalian baik dari sisi teknis ataupun manajemen dalam memberikan Jaminan Mutu terhadap sebuah proses pengujian. Hal ini merupakan hal penting yang harus di bangun dan dijalankan karena merupakan point wajib dalam standar ISO/IEC 17025:2017 yang menjadi standar rujukan nasional dan internasional dalam membangun sebuah laboratorium services. Salah satu persyaratan sistem manajemen laboratorium ISO/IEC 17025:2017 yang terkait dengan kevalidan hasil dari pengujian sebuah laboratorium, adalah validitas data hasil pengujian dari sebuah laboratorium yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah maupun hukum, maka data harus memiliki akurasi dan presisi yang memenuhi batas keberterimaan pengendalian mutu internal serta dilengkapi dengan quality control laboratorium.

Sebagai Laboratory Consultant yang telah berpengalaman dalam bidang laboratorium, keberadaaan BMD Training Centre sebagai pusat pelatihan di bidang laboratorium sudah tidak disangsikan kembali. Tercatat sudah lebih dari 1000 laboratorium yang berasal dari institusi swasta, negeri, BUMN, BUMD dan PMA yang sudah bekerja sama dengan BMD Group terkait dengan berbagai kebutuhan didalam pengelolahan laboratorium. Kebutuhan tersebut seperti: Pelatihan, Jasa Konsultan, Bimbingan Teknis, Audit dan lain sebagainya. Dan salah satu program yang penting diikuti bagi para pengelola laboratorium yaitu seperti Training Internal Quality Control ISO/IEC 17025:2017 ini. Banyak manfaat, pengetahuan dan pengalaman apabila anda ikut andil dalam program ini dimana tenaga ahli kami yang kompeten, berpengalaman dan ahli dibidang quality control laboratorium.

 

MAKSUD & TUJUAN

Setelah mengikuti pelatihan ini peserta di harapkan mampu melakukan pengendalian mutu di laboratorium dalam memenuhi persyaratan akreditasi ISO/IEC 17025:2017 dan pengembangan kompetensi di internal laboratorium. Dimana diharapkan pengendalian kualitas dilaboratorium bisa berjalan dengan sukses, baik dari sisi teknis maupun manajemen.

 

MATERI PEMBAHASAN

  • Review Persyaratan  ISO/IEC 17025:2017
  • Jenis-jenis kesalahan dalam pengukuran dalam pengujian
  • Kelemahan Metode Uji
  • Validasi & verivikasi metode pengujain
  • Kondisi dan akomadasi lingkungan
  • Istilah dan definisi dalam pengukuran
  • Sumber-sumber ketidakpastian
  • Klasifikasi komponen ketidakpastian
  • Derajat ketelitian pengujian & Model Pengujian
  • Identifikasi sumber ketidakpastian
  • Control Chart
  • Simulasi praktek

 

SIAPA PESERTA YANG HARUS IKUT..?

Dept. ISO/IEC 17025, bagian teknis/manajemen laboratorium, para staff dan analis serta siapa saja yang terlibat dalam Quality Control di laboratorium secara langsung maupun tidak.

 

Denar Zuliandanu, S.Si
Background pendidikan beliau adalah sarjana kimia dari Institut Pertanian Bogor. Saat ini masih aktif sebagai konsultan di BMD Street Consulting, Auditor dan juga sebagai Kepala Sub Divisi Kalibrasi LT-IPB. Berbagai proyek sudah banyak dilakukan diantaranya adalah sebagai konsultan teknis standardisasi peralatan Laboratorium Pendidikan IPA untuk Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah seluruh Indonesia Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama, Tim Verifikasi soal Uji Kompetensi Guru (UKG) bidang Kimia Pertanian dan Industri di PPPPTK Pertanian Cianjur, Ketua Tim Kalibrasi Peralatan di Departemen Biokimia, IPB, Tim Penyusun Dokumen UKL-UPL PT Arindo Chemical, Konsultan Pengembangan Laboratorium Pendidikan IPA di Daarul Qur’an School Internasional, Tim Pembuat Modul Praktikum Kimia di Daarul Qur’an School Internasional, Tim Peneliti Inhibitor Korosi, Hibah Dikti-LPPM IPB, Tim Peneliti Utilisasi Fine Coal dan Pengelolaan Limbah Cair di PT Adaro Indonesia, Tim Peneliti Pemanfaatan Karang Lunak Sebagai Obat, Hibah Dikti-LPPM IPB, Tim Peneliti Pengembangan Inhibitor Korosi Berbasis Imidazolina, PT Elnusa Petrofin, Tim Peneliti Pengembangan Biosensor Organoklorin, Hibah Dikti-LPPM IPB dan masih banyak lagi lainnya.

INVESTASI 2017
  • Rp. 4.350.000,00/peserta(jakarta, bogor, yogyakarta, surabaya)
  • Rp. 5.350.000,00/peserta(bali/lombok)
DURASI
2 Hari (efektif 14 Jam: 09.00-16.00)
FASILITAS
Sertifikat, Modul (Soft dan Hard Copy), Training kit (Ballpoint Tas jinjing), Tas Ransel, Jacket, Lunch, 2x Coffe break, foto bersama dan pelatihan dilaksanakan di Hotel berbintang.
IINFORMASI  & PROMO
Hub : 021 – 756 3091
Fax : 021 756 3291
CONTACT PERSON
0813 8280 7230, 0877 8868 8235

JADWAL TRAINING INTERNAL QUALTY CONTROL SNI ISO/IEC17025 TAHUN 2019:

  • 01-02 Agustus 2019 Surabaya
  • 02-03 September 2019 Jakarta
  • 01-02 Oktober 2019 Yogyakarta
  • 04-05 November 2019 Bandung
  • 02-03 Desember 2019 Surabaya

REFERENSI

  1. Badan Lingkungan Hidup Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta
  2. BBPOM Pangkalpinang

 

TESTIMONI

  • Menambah wawasan/referensi baru yang perlu diterapkan di laboratorium.Triening Ani A.Staff pengembangan Laboratorium Lingkungan-Badan Lingkungan Hidup Prov. DIY
  • Trainer memiliki pengalaman dan penguasaan materi yang bagus.Robi Kirana-Badan Lingkungan Hidup Prov. DIY
  • Menambah pengetahuan tentang internal Quality Control, narasumber menguasai materi.Tri Astuti Rahmawati, Staff- BBPOM pangkalpinang

 

Silahkan review dokumentasi program pelatihan kami dibawah ini, atau klik disini untuk video-video dokumentasi lainnya

Share this post