Training Estimasi Ketidakpastian Pada Metode Analisis Berbasis Spektrofotometri AAS

Training Estimasi Ketidakpastian Pada Metode Analisis Berbasis Spektrofotometri AAS

PENGANTAR

Training Estimasi Ketidakpastian Pada Metode Analisis Berbasis Spektrofotometri AAS – Akhir-akhir ini banyak laboratorium yang turut ikut andil dalam peran memberikan jaminan dari produk yang dihasilkan. Dengan kondisi tersebut, laboratorium harus mengimplementasikan standar sistem manajemen laboratorium berdasarkan ISO/IEC 17025:2017 sebagai bentuk jaminan mutu dari hasil pengujian yang terbebas dari tekanan komersil, politik, dan sebagainya. Laboratorium pengujian khususnya juga harus menyiapkan dan menerapkan prosedur untuk menghitung atau mengestimasi ketidakpastian pengukuran pada suatu pengujian yang merupakan bagian dari jaminan mutu hasil pengujian dalam. 

Training Estimasi Ketidakpastian Pada Metode Analisis Berbasis Spektrofotometri AAS Umumnya, laboratorium pengujian menggunakan salaah satu metode pengujian yaitu analisis berbasis spektrofotometri AAS. Keabsahan hasil pengukuran dan akurasinya tersebut sangat didukung dari nilai ketidakpasian hasil pengujian yang sudah dilakukan berdasarkan kajian atau validasi/klarifikasi dari metoda pengujian parameter pada instrumen spektrofotometri. Pada kesempatan kali ini, BMD Training Centre bermaksud menyelenggarakan program Training Estimasi Ketidakpastian Pada Metode Analisis Berbasis Spektrofotometri AAS, dimana dalam program ini akan dipaparkan langkah-langkah yang harus di kerjakan untuk menentukan estimasi ketidakpastian pengukuran pada analisis spektrofotometri AAS. Sehingga laboratorium dapat lebih meningkatkan lagi pengendalian mutu dan jaminan mutu di laboratoriumnya dari hasil pengujian yang menggunakan spektrofotometri AAS.

MAKSUD & TUJUAN

Program training ini dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman kepada sumber daya manusia di laboratorium khusunya yang sudah menerapkan standar ISO/IEC 17025:2017 agar dapat menghitung atau mengestimasi ketidakpastian terhadap hasil pengujian, di berbagai  metode analisis berbasis spektrometri AAS secara luas

BAHAN AJAR

  • Konsep dan prinsip dasar estimasi ketidakpastian
  • Studi kasus estimasi ketidakpastian pada metode titrimetri sederhana
  • Ketidakpastian kurva kalibrasi
  • Ketidakpastian bias pada metode spektrometri AAS
  • Ketidakpastian spektrometri AAS secara lengkap
  • Perhitungan estimasi ketidakpastian pada metode AAS menggunakan metode dan data hasil analisa dari para masing-masing peserta
  • Evaluasi hasil pengolahan data

SIAPA YANG HARUS IKUT..??

Semua personill laboratorium yang terlibat secara langsung maupun tidak dalam aspek teknis dan pengendalian mutu dan jaminan mutu hasil pengujian di laboratorium. Dan siapapun pihak yang terkait secara langsung/tidak dalam pengolahan data hasil pengujian.

METODE PELAKSANAAN

Metode pelaksanaan dalam program ini terkait dengan konsep, teori, dan juga prinsip dasar yang disampaikan dalam bentuk ceramah di dalam kelas, dan untuk meningkatkan keahlian peserta akan dibimbing untuk praktek langsung untuk menghitung estimasi ketidakpastian pengukuran berbasis spektrofotometri AAS, dimana setiap peserta diwajibkan membawa laptop masing-masing untuk melakukan latihan selama pelatihan.

PROFIL TEAM PENGAJAR KLIK DISINI

DURASI

3 Hari (Efektif 14 Jam: 09.00-16.00)

INVESTASI

Normal Class

Rp 7.500.000,00/peserta (jakarta, bogor, bandung, yogyakarta, surabaya, serpong)
Rp 8.500.000,00/Peserta (bali, lombok, balikpapan,medan,batam)

Online Class

  • Rp 2.500.000/peserta(Online Zoom Meeting)

(Dapatkan Harga Khusus Untuk Request Pelatihan Secara Paket. Silahkan Klik Disini)

FASILITAS

Normal Class

  • Sertifikat, Modul (Soft dan Hardcopy), Training Kit (Tas Jinjing, Tas Ransel, Blocknote, Ball Point), Jacket, Lunch, Coffee Break dan foto bersama seluruh peserta.

Online Class

  • Sertifikat dan Softcopy Modul

INFORMASI DAN PROMO

Hub      : 021 – 756 3091
Fax       : 021 – 756 3291

CONTACT PERSON

0813 8280 7230, 0877 8868 8235

JADWAL TRAINING ESTIMASI KETIDAKPASTIAN PADA METODE ANALISI DENGAN TEKNIK SPEKTROFOTOMETRI AAS TAHUN 2021:

  • 15-17 Maret 2021 Bandung
  • 19-21 April 2021 Surabaya
  • 14-16 Juni 2021 Bogor
  • 21-23 Juli 2021 Bali
  • 18-20 Agustus 2021 Jakarta
  • 20-22 September 2021 Yogyakarta
  • 20-22 Oktober 2021 Bandung
  • 15-17 November 2021 Surabaya
  • 13-15 Desember 2021 Bogor

BELUM ADA JADWAL & WAKTU PELAKSANAAN YANG SESUAI…??? KLIK DISINI UNTUK MEREQUESTNYA..!!

REFERENSI :

  1. PT. Bukit Asam (persero), Tbk
  2. Balai Besar POM (BPOM) Denpasar

Silahkan review dokumentasi program pelatihan kami dibawah ini, atau klik disini untuk video-video dokumentasi lainnya

Share this post

Post Comment