Konsultan ISO/IEC 17025:2017 | Implementasi | Dokumentasi | Akreditasi Komisi Akreditasi Nasional (KAN)

Pendahuluan

Konsultan ISO 17025 – Berbicara akreditasi akan menimbulkan pertanyaan dan spekulasi karena tidak dipungkiri masih banyak masyarakat awam yang masih mengkesampingkan pentingnya akreditasi oleh karena itu timbul pertanyaan, Perlukah Laboratorium diakreditasi? Apakah data yang dihasilkan dari sebuah laboratorium dapat dipercaya? Dapatkah data dipertanggung jawabkan secara hukum? Apakah data yang dihasilkan Laboratorium di Indonesia diakui oleh negara-negara lain?

Pembahasan

Perlukah laboratorium di akreditasi?. Dilihat dari peranya yang sangat penting, Laboratorium sangat perlu diakreditasi, tujuanya untuk memberikan kepercayaan atas data hasil uji yang dikeluarkan laboratorium. Oleh karena itu untuk menjamin konsistensi dan komitmen manajemen maka laboratorium harus mendapat pengakuan dari pihak ke-3 (dalam hal ini lembaga akreditasi indonesia satu-satunya yaitu KAN – BSN). Dalam aplikasinya ISO/IEC 17025:2017 memberikan persyaratan yang wajib dipenuhi oleh laboratorium mencakup aspek legal, ilmiah, kepercayaan pelanggan dan undang-undang lokal yang diterapkan oleh suatu negara berdasarkan kesepakatan Internasional seperti: Aspek Lingkungan dan lain sebagainya.

 

Apakah data yang dihasilkan dari sebuah laboratorium dapat dipercaya?. Hal ini merupakan salah satu persyaratan yang harus dipenuhi oleh laboratorium yang ingin diakreditasi, dimana lab harus menjamin kepercayaan terhadap data yang dihasilkan isitlahnya dalam ISO/IEC 17025:2017 yaitu keabsahan hasil. Untuk membuktikan keabsahan hasil laboratorium diminta untuk melakukan salah satu dibawah ini:

  • Penggunaan bahan acuan bersertifikat
  • Penggunaan instrumentasi alternatif yang telah dikalibrasi untuk memberikan hasil tertelusur
  • Pemeriksaan fungsional alat ukur dan pengujian
  • Penggunaan standar cek atau standar kerja dengan diagram kendali
  • Pemeriksaan antara pada alat ukur
  • Replikasi pengujian dengan menggunakan metode yang sama atau berbeda
  • Pengujian ulang sampel yang masih ada
  • Korelasi hasil untuk karakteristik barang yang berbeda
  • Kaji ulang hasil yang dilaporkan
  • Perbandingan intralaboratorium
  • Pengujian blind sample

 

Dapatkah data dipertanggung jawabkan secara hukum?. Sangat bisa karena hal ini tertera dalam klausul Ketidakberpihakan dan Kerahasian ISO/IEC 17025:2017 dimana laboratorium diminta untuk menyatakan pernyataan tidak memihak, bebas dari tekanan komersil, ekonomi dan politik semua personil dilaboratorium wajib melakukan hal ini sebelum di libatkan dalam struktur laboratorium. Dan sebagai contoh kini dalam mengungkap tindak kriminal pihak berwenang sudah mulai melibatkan data hasil pengujian laboratorium sebagai saksi ahli, tentunya dengan akreditasi ISO/IEC 17025:2017 ini sebagai jaminan dan bukti konsistensi terhadap komitmen manajemen dalam memberikan jaminan terhadap hasil yang dikeluarkan dilaboratorium.

 

Apakah data yang dihasilkan Laboratorium di Indonesia diakui oleh negara-negara lain?. Jelas sangat diakui, karena dengan bergabungnya KAN ( Komite Akreditasi Nasional – BSN) sebagai anggota MRA – ILAC – APLAC data hasil yang dikeluarkan oleh laboratorium sudah otomatis diakui oleh negara-negara sesama anggota. Hal ini akan mendorong eksport – import dan sumber devisa di negara kita.

Berbicara standarisasi laboratorium, perlu kita ketahui pada tahun 2017 telah terbit versi terbaru ISO/IEC 17025:2017 menggantikan standar versi lamanya yaitu ISO/IEC 17025:2005. Badan Standarisasi Nasional melalui KAN (Komite Akreditasi Nasional) menghimbau untuk para Laboratorium Pengujian dan Kalibrasi yang akan atau telah terakreditasi ISO/IEC 17025 selambatnya-lambatnya november 2020 seluruh laboratorium di Indonesia harus sudah menerapkan standar versi terbaru tersebut. Oleh karena itu guna membantu para organisasi laboratorium untuk segera bisa menyesuaikan/transisi kepada standar tersebut jika dilihat dari kebutuhanya maka BMD Training Centre & Consultant menyediakan beberapa program Jasa Konsultan ISO 17025 yang terdiri dari beberapa pekerjaan diantaranya:

  • Jasa GAP Analysis Implementasi ISO/IEC 17025, program ini bertujuan untuk melihat ketidaksesuaian sistem manajemen laboratorium saat ini dan bagaimana cara untuk memenuhinya, baik dari sisi aspek dokumen, manajemen dan teknis.
  • Jasa Penyusunan Dokumen ISO/IEC 17025, dalam himbauanya memang KAN tidak mempersyaratan laboratoriumuntuk merubah dokumen sistem manajemenya. Namun dengan adanya perubahan struktur persyaratan, penambahan persyaratan, penggabungan beberapa persyaratan menjadi satu tentunya akan menjadi kendala jika tidak ada penyesuaikan dokumen. Dan jika dilihat dari sisi teknik audit/surveilance yang merujuk pada standar terbaru tentunya perubahan struktur yang ada akan mempersulit identifikasi dokumen saat dilakukan audit. Dimana berdasarkan pengalaman pada umumnya dokumen yang kita lihat di laboratorium-laboratorium yang terkarreditasi ISO/IEC 17025 pada umumnya dokumen laboratoriumnya mengikuti urutan yang ada pada standar.
  • Jasa Internal Audit ISO/ 17025, program ini dirancang untuk membantu organisasi laboratorium untuk mengimplementasi persyaratan Internal Audit ISO 17025 yang tertera pada klasusl 8.8 ISO/IEC 17025:2017. Dimulai dari perencanaan, implementasi hingga pelaporan.
  • Jasa Persiapan Akreditasi ISO 17025, program ini didesain untuk laboratorium (pengujian/kalibrasi) yang baru mengimplementasikan ISO/IEC 17025:2017 dan ingin terakreditasi oleh KAN. Pekerjaan dilakukan dengan memberikan pelatihan-pelatihan terkait yang dibutuhkan, penyusunan dokumen level 1-4, implementasi keabsahan hasil pengujian, internal audit/kaji ulang manajemen hingga persiapan dan proses akreditasi ISO/IEC 17025:2017 oleh KAN.
  • Dan program-program custom lainya yang menyesuaikan dengan kebutuhan pelanggan.

Sebagai pentutup jika ada hal-hal lain dan informasi yang dibutuhkan lebih lanjut terkait Konsultan ISO 17025 yang kami sediakan, silahkan hubungi kami di No.Tlp: 021-7563091atau Mobile: 0813 8280 7230 atau email: [email protected]. Silahkan informasikan kebutuhan anda secara detail dan lengkap, para tim ahli kami siap membantu organisasi anda untuk membangun sistem manajemen laboratorium yang efektif.

Share this post

Post Comment