Program Konsultasi HACCP (Pendampingan dan Sertifikasi Hazard Analysis and Critical Control Points)

Latar Belakang

Konsultan HACCPMasalah keamanan pangan adalah isu yang terus berkembang dan bergerak cepat di masyarakat, kemudahan teknologi seperti eksistensi social media yang tidak luput dari kehidupan masyarakat memiliki pengaruh besar terhadap tantangan bisnis saat ini. Sebagai contoh kasus keamanan pangan yang begitu besar dampaknya dan beresiko besar terhadap kepercayaan pelanggan seperti: beras plastik, cacing dalam sarden, kandungan mikroba dalam susu, kandungan logam berat pada ikan eksport, virus flu burung pada sarang burung walet, keracunan masal dan lain sebagainya merupakan pelajaran besar bagi para industri pangan indonesia untuk bertindak ekstra hati-hati dalam memproduksi produk pangan.

Jaminan mutu dan keamanan pangan yang terus terus berkembang sesuai dengan tuntutan, persyaratan konsumen, tingkat kehidupan dan kesejahteraan manusia penting diperhatikan sebagai tantangan global yang tidak pernah punah sampai kapan pun. Kini konsumen telah menyadari bahwa mutu dan keamanan pangan tidak hanya bisa dijamin dengan hasil uji pada produk akhir di laboratorium saja. Dari mulai pemakaian bahan baku yang baik, penanganan yang baik, diolah dan didistribusikan dengan baik juga sangat penting untuk menghasilkan produk akhir pangan yang baik pula, serta konsistensi yang terjamin.

Penerapan sistem yang dapat memberikan jaminan mutu dan keamanan pangan sejak proses produksi hingga ke tangan konsumen adalah solusi utama akan hal ini semua. Salah satu sistem yang sudah familiar dikalangan para ahli keamanan pangan yaitu Hazard Analysis Critical Control Points (HACCP) sudah menjadi kewajiban yang tidak bisa dihindari untuk tidak di implementasikan dalam rantai produksi pangan di dunia global. Sehingga tidak aneh jika kita lihat industri mulai berlomba-lomba menerapkan sistem ini baik sebagai dasar sistem manajemen organisasi, jaminan mutu dan keamanan produk, ataupun bukti komitmen dalam bentuk sertifikasi organisasi.

BMD Training & Consultant sebagai perusahaan multi divisi menjawab kebutuhan itu semua, perusahaan kami telah berpengalaman dalam memberikan program pelatihan HACCP, bimbingan HACCP dan Jasa Konsultan HACCP untuk implementasi maupun sertifikasi. Mengapa industri pangan wajib menindaklanjuti hal ini, jelas karena HACCP telah terbukti mengurangi resiko kecelakaan  pangan yang dapat terjadi disepanjang rantai pasok hingga suatu produk dikonsumsi oleh pelanggan. Sementara sertifikasi HACCP yang dimiliki oleh perusahaan/organisasi merupakan bukti sekaligus jaminan bahwa produk yang dihasilkan layak dan aman untuk dikonsumsi, serta sebagai bukti komitmen dari organisasi.

 

Maksud & Tujuan

BMD Training & Consultant bermaksud memberikan solusi dan jawaban tantangan industri global saat ini terkait dengan keamanan pangan. Kami memiliki program Konsultasi HACCP untuk membantu perusahaan/organisasi dalam meningkatkan kompetensi SDM dan kredibilitas perusahaan sehingga dapat memberikan jaminan keamanan produk yang dihasilkan, kepuasan pelanggan dan meningkatkan kepercayaan stake/share holder. Selain itu, penerapan standar sistem Keamanan Pangan HACCP dapat meningkatkan efisiensi dan efektifitas kegiatan perusahaan sehingga konsistensi mutu dan kepercayaan pelanggan dapat dipertahankan.

 

Solusi apa yang kami tawarkan..??

1. Pelatihan HACCP.

Program ini dimaksudkan untuk memberikan pembekalan terkait keamanan pangan kepada SDM organisasi/perusahaan dengan maksud memberikan wawasan, kemampuan dan keahlian sehingga dapat menerapkan HACCP secara mandiri. Baik untuk set up sistem manajemen, penyusunan dokumen dan sertifikasi. Dilaksanakan di internal perusahaan/tempat yang disepakati dengan case /bidang secara khusus, sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

 

2. Pembuatan Dokumen HACCP

Banyak perusahaan/organisasi yang sudah mengimplementasikan sistem keamanan pangan, salah satunya HACCP. Namun masih belum mendokumentasikan aktifitasnya sebagai bentuk konsistensi seperti: catatan-catatan, form ceklist, manual HACCP, prosedur dan instruksi kerja. Dalam hal ini program Jasa Pembuatan Dokumen HACCP solusi terbaik untuk anda, kami memberikan program pendampingan terpadu untuk anda yang ingin membuat dokumen HACCP secara terarah dan spesifik sesuai kebutuhan

 

3. Custom Program

Perusahaan anda sudah memiliki SDM yang terlatih, sudah memiliki dokumen, sudah melakukan internal audit HACCP namun masih ragu untuk melakukan sertifikasi HACCP. Program customize bisa kami berikan untuk anda, silahkan diskusikan kepada tim kami untuk mendapatkan solusi terbaik untuk menjawab keraguan perusahaan/organisasi anda saat ini. Apapun masalah anda dalam menerapkan dan sertifikasi HACCP kami siap menjawab kebutuhan anda.

 

4. Jasa Konsultan HACCP

Ini adalah program unggulan yang kami tawarkan, tim kami telah berpengalaman membantu banyak perusahaan (PMA, lokal, UMKM, industri rumah tangga, retail, catering, restoran, rumah sakit, hotel dan lain sebagainya) dalam membangun sistem keamanan pangan, implementasi hingga sertifikasi HACCP. Dalam program Konsultan HACCP yang kami berikan terdiri dari beberapa tahap/program yang bisa di pilih semua ataupun sesuai kebutuhan perusahaan anda, yaitu:

  • Tahap 1: Persiapan Impelentasi HACCP (terdiri dari gap analisis, desain lay out, audit kesesuaian dsb..)
  • Tahap 2: Pelatihan Sistem Manajemen Keamanan Pangan (HACCP) (berisi pengenalan sistem keamanan pangan, dokumen SOP, implementasi, tahap sertifikasi, internal audit dsb..)
  • Tahap 3: Penyusunan Dokumentasi Mutu Keamanan Pangan (HACCP) (dimulai dari pembuatan manual, prosedur mutu, standar kerja, analisa bahaya, ceklist monitoring dsb..)
  • Tahap 4: Penerapan HACCP (terdiri dari uji coba implementasi HACCP, inspeksi mandiri dsb..)
  • Tahap 5: Pelatihan Teknis Sistem HACCP (terdiri dari pembentukan tim HACCP, sosialisasi antar dan lintas divisi, monitoring dsb..)
  • Tahap 6: Pelatihan Audit Internal Keamanan Pangan (HACCP) (terdiri dari pembentukan tim auditor internal, pembekalan kompetensi dan teknik audit dsb..)
  • Tahap 7: Simulasi Asesmen HACCP (yaitu melakukan praktek audit, melakukan perekaman hasil audit hingga pelaporan)
  • Tahap 8: Tindakan Perbaikan Pasca Audit HACCP (bertujuan memberikan pembekalan kompetensi pasca audit dari badan sertifikasi, sehingga pada saat aktual audit pelaksanaan lebih terarah dan tepat sasaran.

Siapa yang harus menerapkan HACCP..?

  • Industri Bahan Pangan Olahan
  • Industri Makanan Jadi
  • Industri Sarang Burung Walet
  • Industri Susu, Santan, Yogurt, Minuman
  • Industri Peternakan
  • Industri Perikanan, Seafood
  • Industri Jasa boga
  • Industri Retail
  • dan industri-industri lain yang membutuhkan implementasi HACCP sebagai jaminan keamanan pangan.

 

Durasi Program

Untuk program Jasa Konsultan HACCP pada umumnya berdurasi 3-6 bulan, sedangkan untuk program-program lainya menyesuaikan kebutuhan pelanggan. Oleh karena itu silahkan sampaikan kebutuhan anda secara detail kepada kami, sehingga kami dapat memberikan solusi terbaik dan dapat menyesuaikan kebutuhan anda dengan tepat sasaran.

Untuk penjelasan dan berdiskusi lebih lanjut terkait program-program jasa konsultasi HACCP yang kami berikan silahkan hubungi salah satu kontak kami dibawah ini, atau jika ingin melihat dokumentasi portofolio kami selama ini silahkan klik disini.

Departemen Customer Service:

Tlp: 021-7563091

Email: [email protected]

Tim Konsultan

WhastApp: 0857 1741 0502

Mobile: 0812 8922 5660

PIC. Ir. Renaldo Moontri, MM

 

 

 

Share this post

Post Comment