In House Training Pembuatan dan Aplikasi Lembar Keselamatan Bahan Kimia Material Safety Data Sheet (MSDS) ( 01-02 Agustus 2022 Di Medan )

Puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT sebagaimana Training Pembuatan dan Aplikasi Lembar Keselamatan Bahan Kimia Material Safety Data Sheet (MSDS) telah selesai dilaksanakan secara langsung pada tanggal 01-02 Agustus 2022 ,pukul 09:00-15:30 WIB. Peserta ini diikuti oleh PT.Soci Mas Medan. Pelatihan ini diikuti oleh 10 peserta yang terdiri dari QC, QA Dan Technical. Pada program Pembuatan dan Aplikasi Lembar Keselamatan Bahan Kimia Material Safety Data Sheet (MSDS) yang lebih akrab dengan sebutan MSDS adalah informasi yangberisi terkait dengan sifat kimia dan fisika dari suatu zat kimia/produk, yang mencangkup cara/prosedur penyimpanan, penanganan, pemakaian, cara pembuangan limbah zat kimia, penanganan K3 dan dampak terhadap lingkungan sekitar. Pada umumnya MSDS digunakan sebagai acuan atau protol kesehatan dan keselamatan kerja yang diaplikasikan secara luas di dalam laboratorium, perindustrian, jasa pengiriman/logistic serta pihak-pihak lain yang berkepentingan, dimana kegiatan sehari-harinya bekerja dengan menggunakan zat kimia. Dalam program Training Pembuatan MSDS – Material Safety Data Sheet dimaksud kan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman yang memadai terkait dengan penanganan zat/produk kimia yang berbahaya yang beresiko terhadap keselamatan dan kesehatan semua pihak yang terlibat, dan juga lingkungan sekitarnya, baik untuk kebutuhan eksport zat/bahan/produk maupun kebutuhan lainya. Dan diharapkan dengan telah menyelesaikan program Training Pembuatan MSDS ini diharapkan peserta mampu:

  • Mengetahui dan memahami kriteria, macam-macam symbol dari sifat-sifat zat kimia
  • Mengetahui secara teknis dan pendokumentasian terkait dengan penanganan zat/bahan/produk kimia berbahaya, baik dari sisi kesehatan dan keselamatan kerja (K3) maupun terhadap dampak terhadap lingkungan.
  • Mampu merencanakan sekaligus membuat data MSDS yang benar sesuai dengan standar, baik keperluan penjualan, ekspor, maupun pengiriman zat/barang/produk hasil produksi.

Berikut ini daftar nama peserta yang mengikuti Training Pembuatan dan Aplikasi Lembar Keselamatan Bahan Kimia Material Safety Data Sheet (MSDS)erpretasi Data Hasil Pengujian Statistik  :

  1. Eric Biimard H
  2. Dedy O.S Siburian
  3. Yabes Anugrah Siburian
  4. Hamdan Purba
  5. M. Azhari Sitepu
  6. Ichsan Saputra
  7. Donly Sitorus Pane
  8. Eva Nuralita Sinaga
  9. Andika Martinus Sembiring
  10. Ardiansyah

Acara dibuka oleh BMD Street Consulting dan dilanjutkan presentasi pemateri dari BMD Street Consulting yaitu Bapak Ir. Iskandar F. yang memberikan materi tentang. adapun materi lebih spesifiknya tentang :

  1. Macam dan berbagai model MSDS
  2. Mengenal jenis simbol bahaya: Eropa. PBB (United Nation), NFPA (National Fire Assosiation) dan GHS (Global Harmonized Syatem)
  3. Rincian MSDS: identifikasi bahan kimia, komposisi bahan kimia, potensi bahaya, pertolongan pertama pada kecelakaan, tindakan penanggulangan kebakaran, tindakan penanganan kebocoran/tumpahan, penanganan dan penyimpanan, pengendalian paparan dan alat pelindung diri, sifat fisika dan kimia bahan, stabilitas dan reaktifitas bahan, informasi toksikologi, Informasi ekologi, pembuangan limbah, peraturan dan perundang-undangan.
  4. Praktek pembuatan MSDS versi Indonesia
  5. Praktek pembuatan MSDS kebutuhan eksport

Untuk Perusahaan/Laboratorium yang ingin menyelenggarakan Training Pembuatan dan Aplikasi Lembar Keselamatan Bahan Kimia Material Safety Data Sheet (MSDS)erpretasi Data Hasil Pengujian Statistik yang sudah kami agendakan maupun request khusus judul training tertentu, silahkan anda hubungi kontak kami untuk informasi lebih jelasnya. dan untuk melihat Foto – Foto Kegiatan pelatihan ini silahkan klik disini.

TESTIMONIAL :

  • “Memahami tentang SDS dan regulasi terkait SDS serta referensi untuk pembuatan MSDS”Donly Sitorus Pane, PT.Socimas.

Share this post