BMD Street Consulting

  QHSE Training and Engineering Consultant

Training K3 Rumah Sakit- Kesehatan dan Keselamatan Kerja Rumah Sakit (29-30 Juli 2015 Jakarta)

PENGANTAR TRAINING K3 RUMAH SAKIT

Training K3 Rumah Sakit - Industrialisasi rumah sakit saat ini mempunyai peran utama dalam sisi kehidupan masyarakat di Indonesia. Salah satunya program kesehatan BPJS yang sudah di galakan oleh kementerian kesehatan RI untuk meningkatkan kesejahteraan hidup seluruh warga Indonesia. Sehingga peningkatan pengguna jasa pelayanan kesehatan kian hari makin meningkat pesat seperti di rumah sakit, balkes, puskesmas, klinik dan sebagainya. Hal inilah yang juga berdampak kepada aspek teknis di lingkungan rumah sakit dan semisalnya yaitu kesehatan dan keselamatan kerja. Mengingat pelayanan kesehatan seperti rumah sakit, balkes, puskesmas, dan klinik adalah industrialisasi yang padat karya (menggunakan teknologi terkini, banyak melibatkan banyak tenaga kerja/ahli dan semisalnya) maka terkait dengan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3 Rumah Sakit), Safety Pasien perlu di tingkatkan untuk mencegah dan meminimalisir faktor dan resiko kerja yang mungkin terjadi di rumah sakit.

Bentuk tindak lanjut dan keseriusan dari itu semua, kini implementasi K3 Rumah Sakit sudah menjadi wajib di industrialisasi rumah sakit sebagai syarat untuk mendapatkan pengakuan secara hukum dan juga kualitas dari pelayanan yang di berikan yaitu Implementasi K3 Rumah Sakit merupakan salah satu syarat yang harus di penuhi apabila rumah sakit ingin terakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KARS). Dan selain itu juga implementasi K3 di industri rumah sakit yang dilakukan oleh industrialisasi rumah sakit merupakan bentuk kepatuhan kepada hukum yang berlaku di Indonesia, dimana implementasi kesehatan dan keselamatan kerja (K3) kini juga telah di diatur dalam undang-undang PP 50 tahun 2012 tentang implementasi kesehatan dan keselamatan kerja.

Menindaklanjuti kebutuhan pemahaman terhadap Implementasi Kesehatan dan Keselamatan Kerja di Rumah Sakit tersebut, sebagai salah satu Safety Consultant ternama yang telah banyak membantu rumah sakit dan jasa pelayanan kesehatan lainnya dalam memberikan bimbingan dan membantu pengembangan sumber daya manusia di rumah sakit agar bisa berbudaya K3, berperilaku aman, dan melakukan kerja secara hati-hati dan selamat  BMD Street Consulting  bermaksud menyelenggarakan Training K3 Rumah Sakit yang sangat di anjurkan untuk di ikuti oleh seluruh rumah sakit di berbagai kelas, baik sebagai bentuk kesadaran dalam menciptakan budaya kerja yang aman (safety) maupun sebagai proses yang harus diterapkan oleh sebuah rumah sakit dalam menempuh proses akreditasi rumah sakit oleh KARS. 

MAKSUD DAN TUJUAN TRAINING K3 RUMAH SAKIT

Maksud dari program pelatihan ini adalah untuk memberikan penjelasan dan pemahaman kepada seluruh peserta yang terlibat terhadap pentingnya implementasi sistem manajemen kesehatan dan keselamatan kerja untuk mengurangi dampak dan resiko bahaya dalam aktifitas kerja, dan juga mampu membangun serta mengelola dan mengendalikan program K3 yang di bangun agar terjaga keefektifanya. Selain itu juga dengan telah terimplementasikan standar kesehatan dan keselamatan kerja di rumah sakit (K3RS) akan menjadi penunjang rumah sakit dalam menempuh program Akreditasi oleh KARS/JCI. Secara garis besar tujuan program ini diantaranya setelah menyelesaikan program pelatihan ini diharapkan peserta mampu:

  • Memahami dan mengusai prinsip sekaligus sistem manajemen kesehatan dan keselamatan kerja di rumah sakit.
  • Memahami dan menguasai terkait dengan kebijakan dan peraturan K3 di rumah sakit.
  • Peserta mampu membuat, mendokumentasikan serta merencanakan program-program K3 untuk disosialisasikan di masing-masing instansi demi menciptakan suasan kerja yang aman serta untuk meningkatkan kepuasan dan kepercayaan pelanggan.
  • Peserta mampu mengimplementasikan K3 dalam aktifitas kerja dan mampu melakukan upaya-upaya pencegahan bahaya yang mungkin terjadi (musibah: kebakaran, gempa, banjir, tanah longsor dan semisalnya)
  • Mempunyai ketrampilan dan keahlian dalam evakuasi pasien dan penyelamatan dokumen dan aset penting.
  • Meningkatkan ketrampilan mengendalikan Bahan Berbahaya dan Beracun / B3.
  • Mempersiapkan Rumah Sakit memenuhi standart Akreditasi Rumah Sakit (KARS/JCI)

BAHAN AJAR TRAINING K3 RUMAH SAKIT

  • Peraturan dan perundang-undangan K3 Rumah Sakit
  • Implementasi Kesehatan dan Keselamatan Kerja Rumah Sakit persyaratan akreditasi JCI (Joint Commission International /KARS (komite akreditasi rumah sakit Indonesia)
  • Dasar-dasar dan prinsip K3
  • Pengenalan Sistem K3 Rumah Sakit
  • Penyusunan program k3 Rumah Sakit
  • Identifikasi dan penilaian serta pengendalian resiko bahaya di Rumah Sakit meliputi: Bahaya Fisik, bahaya kimia, bahaya biologi, bahaya fisiologi, bahaya psikologi dan lain sebagainya.
  • Penanganan dan perawatan medis terkait dengan resiko bahaya yang ditimbulkan (Tabung Gas Bertekanan, Jarum Suntik, Panel Listrik etc)
  • Penggunaan alat pelindung diri (APD ) terkait dengan bidang medis (Masker, Sarung Tangan, Kaca mata, etc
  • Laboratory safety
  • Penanganan bahan-bahan kimia (cair/padat) yang mudah terbakar dan meledak
  • Penanganan dan pengolahan limbah Rumah Sakit

PESERTA YANG DIREKOMENDASIKAN

Team Anggota P2K3 Rumah Sakit (Klinik, Lab, RS), Departemen K3 dan Mutu Rumah Sakit, QHSE Manager dan supervisor Rumah Sakit, Dokter K3 Perusahaan, Perawat, Bidan, HRD Rumah Sakit dan semua pihak yang terkait dengan Kesehatan dan Keselamatan Kerja di Rumah Sakit dan seluruh team yang terlibat dalam proses akreditasi rumah sakit.

METODE PELAKSANAAN

Training K3 Rumah Sakit ini menggunakan metode interaktif, dimana peserta dikenalkan kepada konsep dan prinsip dasar K3RS, contoh implementasi dan sistem manajemen kesehatan dan keselamatan kerja RS, berlatih menggunakan konsep, diskusi interaktif dan latihan mengindentifikasi bahaya di RS serta penanganan dan pengendaliannya. Disampaikan dalam bentuk ceramah, diskusi interaktif dan presentasi kelompok.

INSTRUKTUR TRAINING K3RS

Dr. Anugerah, MKK

Pengalaman beliau sudah lebih dari 10 tahun di bidang K3, baik sebagai team K3 medis rumah sakit hingga menjadi Senior dokter K3 di perusahaan Oil and Gas terbesar di Indonesia. Beberapa karir beliau diantaranya: Klinik Perwira Medical-Bekasi, RSU Serukam Kalimantan Barat, Eka Hospital BSD City, Medika Plaza. Kompetensi yang beliau kuasai meliputi K3 Medic, Kesehatan Kerja (HIPERKES), etc. Berbagai pelatihan berbasis kompetensi K3 untuk bidang medic telah beliau kuasai baik yang diselenggarakan di luar maupun dalam negeri. Sebagai konsultan dan trainer beliau pernah membantu berbagai lembaga pelayanan kesehatan masyarakat seperti RSUD Nunukan-Kalimantan Timur, RSUD Aji Bahtera Dewa Agung Sakti, Samboja Balikpapan-Kalimantan Timur, Rumah Sakit Omni Internasional Alam Sutera, RSU PKU Muhamadiyah Bantul-Yogyakarta dan lain