BMD Street Consulting

  QHSE Training and Engineering Consultant

Training Wastewater Treatment – Improvement to Wastewater Treatment Technology and Design (22-23 Januari 2015 Jakarta)

PENDAHULUAN TRAINING WASTEWATER TREATMENT

Training Wastewater Treatment - Adakah seluruh aspek kegiatan manusia yan tidak menghasilkan limbah..??, Apakah limbah hanya di temukan di perindustrian saja..??, rusaknya ekosistem alam yang terjadi saat ini membutuhkan kesadaran kita agar mampu melakukan pengolahan limbah terutama limbah cair yang banyak ditemui. Program pelatihan ini dikemas dan disajikan dalam konsep yang sangat interkatif dan juga aplikatif, selama pelatihan dalam memberikan pemahaman dan pembekalan terkait dengan sistem dan teknologi yang tepat guna dalam sistem pengolahan limbah cair. Program ini penting untuk diperhatikan dan senantiasa dikembangkan mengingat dampak besar akibat kemajuan teknologi dan berkembang pesatnya perindustrian saat ini, yaitu yang paling besar adalah dengan menghasilkan dampak resiko yang tinggi terhadap rusak nya ekosistem alam, disebabkan antara lain karena limbah yang dihasilkan dari kegiatan industri mengandung sejumlah unsur-unsur kimia berbahaya dan beracun yang bisa mencemari badan air, merusak tanah dan tanaman serta berakibat lebih jauh terhadap kesehatan mahkluk hidup. Pencemaran terjadi antara lain karena kebocoran limbah cair atau bahan kimia industri,penggunaan pestisida, kecelakaan kendaraan pengangkut limbah bahan berbahaya dan beracun (transforter limbah B3), serta limbah industri yang langsung di buang ke lingkungan dengan tidak memenuhi syarat (illegal dumping).

Training Wastewater Treatment ini juga akan membahas secara spesifik teknologi pengolahan limbah cair dan termasuk didalamnya cara untuk mengimprovisasi keefektifan sistem pengolahannya, mengingat pengelolaan untuk bidang ini sangat kompleks. Dimana diketahui banyak dari beberapa sektor industri seperti: petrokimia, oil & gas, pulp & paper, industri makanan, minuman, termasuk gedung bertingkat, rumah sakit, perkantoran besar, mall dan lainnya dituntut secara berkala melakukan evaluasi sistem WWT yang ada dalam pengolahan limbah B3 nya demi mendapatkan performence sistem WWT yang baik, efektif dan efisien. Dan yang membuat Training Wastewater Treatment ini penting untuk diikuti, karena juga akan membahas peraturan maupun undang-undang terkait dengan pengolahan lingkungan yang diharapkan mampu memberikan kesadaran kepada seluruh praktisi industri untuk bisa peduli terhadap kelestarian ekosistem alam.

MANFAAT TRAINING WASTEWATER TREATMENT

Banyak manfaat yang akan didapat setelah menyelesaikan program Training Wastewater Treatment ini baik dari sisi perusahaan dan dari sisi kemampuan sumber daya manusia yang terlibat didalamnya. Selain itu juga materi yang akan disampaikan akan memberikan banyak manfaat pengetahuan dan pengalaman teknis dilapangan yang selama ini dijumpai oleh instruktur dilapangan. Dan juga setelah peserta menyelesaikan program Training Wastewater Treatment ini diharapkan  mampu:

  • Memahami prinsip dasar pengolahan limbah cair dinilai dari sisi karakter limbah
  • Memahami karakteristik air limbah secara spesifik di industri kelapa sawit
  • Memahami prinsip dan teknologi pengolahan limbah cair secara, fisika, kimia
  • Memahami pengolahan biologi  wastewater treatment (aerobic and anaerobic)
  • Memahami pengolahan lanjutan (advance wastewater treatment)
  • Mengetahui perkembangan teknologi terbaru untuk bidang wastewater treatment
  • Memahami parameter proses wastewater treatment
  • Memahami cara melakukan perbaikan di bidang wastewater treatment
  • Memahami peraturan dan perundangan dibidang wastewater treatment

BAHAN AJAR TRAINING WASTEWATER TREATMENT

  • Pengantar sistem pengelolahan lingkungan hidup
  • Peraturan dan perundang-undangan lingkungan hidup dan PROPER
  • Karakteristik polutan limbah (limbah cair, padat dan gas) dan dampak bahaya pencemaran lingkungan yang ditimbulkan
  • Karakteristik limbah cair industri dan parameter pengolahan limbah cair: debit, suhu, PH, Chemical Oxygen Demand (COD), Biological Oxygen Demand (BOD, solid, nitrogen, phosphorus, oil and grease, Gases.
  • Prinsip dan dasar pengendalian, monitoring, dan baku mutu air limbah industri
  • Wastewater Treatment System : Perencanaan (maping process) dan Basic Engineering Design(BED).
  • Pysical Chemical Wastewater Treatment, pemahaman sistem Instalasi Air Limbah (IPAL) dan sistem operasinyaPrimary Treatment, Secondary Treatment, Tertiary Treatment.
  • Biological Wastewater Treatment: prinsip pengolahan limbah secara biologi, parameter pengolahan, proses aerob dan anaerob, Sludge Drying System
  • Advance Wastewater Treatment: Activated CarbonIon ExchangeTechnology Membrane
  • Kesehatan dan keselamatan kerja diarea pengolahan air limbah industri

METODE PELAKSANAAN TRAINING WASTEWATER TREATMENT

Dalam pelaksanaan Training Wastewater Treatment ini menggunakan metode komunikasi interaktif dimana materi tidak hanya disampaikan dalam bentuk presentasi teori dan ceramah, namun juga diperkaya dengan penyampaian materi dalam bentuk gambar nyata untuk aplikasi dilapangan, video dokumenter, dan diskusi kelompok untuk pembahasan studi kasus berdasarkan kendala-kendala yang selama ini dialami oleh para peserta dilapangan untuk dibahas dikelas dalam contoh simulasi evaluasi sistem.

Training Wastewater Treatment ini sangat direkomendasikan bagi mereka yang terlibat secara langsung terhadap pengolahan limbah, maupun kebijakan-kebijakan lingkungan yang terkait dengan pengolahan limbah, diantara profesi yang dianjurkan adalah seperti: Operator pengolahan limbah, Proses Engineer Jasa Konstruksi, Departement Lingkungan Perusahaan, Dept HRD, HSE Dept, Pengelola Apartement dan gedung bertingkat serta pihak yang terkait langsung ataupun tidak dengan pengolahan limbah.

TRAINER AHLI WASTWATER TREATMENT

Ahmad Habibi

Sebelum memulai karirnya sebagai senior Trainer dan Konsultan Spesialis pengolahan limbah, praktisi dengan latar belakang pendidikan Teknik Lingkungan Universitas di Ponegoro ini sudah memulai karirnya sebagai site engineer hingga senior process engineer di tahun 2002 pada beberapa perusahaan engineering contraktor dan jasa pengolahan limbah serta bidang pendukungnya lainnya yang sebidang, seperti: PT. Abadi Purwa Cipta, PT. Ecostar Engineering, PT. Unitech Filter, PT. Indo Aneka Tirta, PT. Lingkungan Mitra Perkasa, PT. Diyan Sinar Cemerlang. Spesialisasi yang beliau kuasai yaitu: Process Engineering WWTP Design, WWTP Installation, Technical Services and Support,  Test & Start Up Equipment Process, Optimization, Waste Management, Handling hazardous waste and toxic materials. Sebagai praktisi, konsultan dan trainer diantara perusahaan yang pernah beliau tangani diantaranya adalah Instalasi IPAL PT. Mayora Indah-Cibitung, Optimalisasi STP PT. PPG Coating Indonesia, Optimalisasi STP PT. Akzonobel-Pulogadung, Detail Engineering Design & Pekerjaan Instalasi IPAL PT. Hydrocolloid Indonesia-Bogor,  Optimalisasi Operasional Beltpress IPAL PT. Asia Citra Pratama-Karawang, Detail Engineering Design WWTP Package Mobile PT. TLI, Optimalisasi IPAL PT. Pelangi Elasindo Textile-Jakarta Barat, Optimalisasi IPAL PT. Sandang Makmur Anugerah Textile-Karawang, Detail Engineering Design IPAL PT. Batik Keris-Sukoharjo Solo,  Detail Engineering Design Instalasi Equipment/Piping dan Start Up IPAL PT. Asia Citra Pratama, Detail Engineering Design, Instalasi Equipment/Piping dan Start Up IPAL PT. Multimas Nabati Asahan-Pulogadung,  Supervisi  Operasional  Proses  (DAF-Anaerobic-Aerobic  Sistem)  IPAL  PT.  Mayora  Indah  Cibitung,  Tes Equipment Start Up Proses dan Operasional Leachate Treatment Plant (LTP) PT. Freeport Indonesia Mimika-Papua, Optimalisasi  IPAL  PT.  Behaestex  Pandaan,  Jawa  Timur, Administrasi  Proyek  :  Pekerjaan  Konstruksi  Sipil  Bak  Clarifier  II IPAL  PT.  Sritex, Perencanaan IPAL Bonang Demak Jawa Tengah, Perencanaan  Pipa Distribusi IPA Bonang- Wedung, Demak Jawa Tengah, Perencanaan Saluran Pipa Air bersih Jono-Ploso, PDAM Purwodadi dan masih banyak lagi lainnya.

Adhiyaksa K. A 

Latar belakang pendidikan beliau adalah Chemical Engineering from Jayabaya University, pengalamanya dibidang pengolahan limbah sudah lebih dari 8 tahun, di salah satu  Perusahaan Pengolahan Limbah Industri  milik swasta terbesar Indonesia dengan jabatannya saat ini sebagai  Manager pengolahan limbah cair. Selain itu juga beliau pernah menjabat dibeberapa perusahaan terkemuka spesialis untuk bidang limbah dan utilitas dengan total pengalaman berkarir sudah lebih dari 15 tahun, seperti: PT Intan Prima Tani, PT Kiani Kertas, PT Riau Andalan Pulp and Paper dan PT Inti Indorayon Utama. Beberapa perusahaan yang pernah beliau tangani baik untuk Training, Bimbingan Teknis dilapangan ataupun Konsultasi seperti: PT. Mata Pelangi Chemindo, PT. Coca Cola Indonesia, PT. SIKA Indonesia, PT. Futami Food & Baverages PT. Santos, BLH Kota Balikpapan dan lain sebagainya.

INVESTASI 2014

Rp 4.250.000,00/peserta (jakarta, bogor, bandung, yogyakarta, surabaya)
Rp 5.250.000,00/peserta (bali/lombok/balikpapan)

INVESTASI 2015

Rp 4.350.000,00/peserta (jakarta, bogor, bandung, yogyakarta, surabaya)
Rp 5.350.000,00/peserta (bali/lombok/balikpapan)

FASILITAS
Sertifikat, Modul, Training Kit, Lunch, Coffee Break, diselenggarakan di hotel berbintang.

INFORMASI & PROMO

Hub      : 021–3280 5064, 3280 5074

CONTACT PERSON

0813 8280 7230

JADWAL TRAINING WASTEWATER TREATMENT 2015 :

  • 22-23 Januari 2015 Jakarta
  • 26-27 Februari 2015 Surabaya
  • 26-27 Maret 2015 Bandung
  • 23-24 April 2015 Yogyakarta
  • 21-22 Mei 2015 Jakarta
  • 11-12 Juni 2015 Surabaya
  • 30-31 Juli 2015 Bandung
  • 20-21 Agustus 2015 Yogyakarta
  • 22-23 September 2015 Jakarta
  • 22-23 Oktober 2015 Surabaya
  • 19-20 November 2015 Bandung
  • 22-23 Desember 2015 Yogyakarta

TESTIMONIAL :

  • Banyak mendapatkan pengetahuan mengenai pengolahan limbah yang berupa saran dan masukan terhadap pengolahan limbah perusahaan. Sari Chawalida Dharmawan – Factory Manager PT. Mata Pelangi Chemindo
  • Trainingnya menarik, banyak masukan dan merefresh dasar-dasar pengolahan WWTP. Rahma Ivana – MT PT. Siskem Aneka Timindo Surabaya
  • Trainingnya sangat baik, singkat, padat dan jelas. Eko Pramono – PT. Sygenta Indonesia Gunung Putri – Bogor
  • Merupakan kesempatan yang bagus mengikuti training ini, tempat pelatihan yang nyaman serta suasana kelas yang interaktif dan materi yang disampaikan bagus. Darius Nikolaus Nara – Staff Lab. Teknologi Pangan Universitas Pelita Harapan Jakarta

REFERENSI:

  1. Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Balikpapan
  2. Lab. Teknologi Pangan UPH-Jakarta
  3. PT Aneka Coffe Industri-Sidoarjo
  4. PT Bharinto Ekatama-Kalsel
  5. PT Coca Cola Indonesia
  6. PT DIC Astra Chemical
  7. PT Futami Food and Baverages
  8. PT Mata Pelangi Chemindo
  9. PT Santos Jaya Abadi
  10. PT SIKA Indonesia
  11. PT Siskem Aneka Timindo
  12. PT Sygenta Indonesia
  13. Pusat Pengelolaan Ekoregion Sulawesi dan Maluku-Kementrian Lingkungan Hidup

Training WWT