Training Cara Pembuatan Makanan Yang Baik (CPMB) (13-14 Agustus 2018 Bandung)

PENGANTAR

Training Cara Pembuatan Makanan Yang Baik (CPMB)  Cara Pembuatan Makanan Yang Baik atau yang di singkat CPMB adalah suatu pedoman sekaligus petunjuk yang menjelaskan bagaimana membuat,  mengolah dan mengemas makanan (manufaktur) agar aman, bermutu, serta layak untuk dikonsumsi. Panduan tersebut berisi penjelasan-penjelasan terkait persyaratan minimum dan pengolahan umum yang harus dilakukan dan dipenuhi dalam proses penanganan bahan pangan di seluruh mata rantai di mulai dari bahan baku sampai produk akhir.

Implementasi CPMB pada dasarnya dapat merujuk kepada berbagai referensi di masing-masing wilayah (negara), mengingat penerapan CPMB tidak sama dengan standar internasional yang bersifat resmi (official) seperti standar ISO. Atas dasar hal tersebut maka berbagai negara bisa mengembangkan standar CPMB tersendiri, di Indonesia khususnya terdapat berbagai standar CPMB yang di terbitkan oleh BPOM (Badan Pengawasan Obat dan Makanan) mengacu kepada fungsi dan peruntukanya.

MAKSUD & TUJUAN

Adapun maksud dan tujuan dari program Training Cara Pembuatan Makanan Yang Baik (CPMB)  ini yaitu:

  • Peserta mampu memahami persyaratan dan implementasi CPMB di industri pangan yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, perbaikan dan pemeliharaan.
  • Bagi perusahaan yang menerapkan CPMB dapat memberikan jaminan produk pangan yang bermutu dan aman dikonsumsi.
  • Bagi perusahaan yang menerapkan CPMB dapat memberikan menjamin kualitas dan keamanan pangan
  • Bagi perusahaan yang menerapkan CPMB dapat mengurangi kerugian dan pemborosan
  • Bagi perusahaan yang menerapkan CPMB dapat memberikan jaminan efisiensi dalam pengolahan dan proses produksi
  • Bagi perusahaan yang menerapkan CPMB telah memenuhi persyaratan peraturan/ spesifikasi/sandar/regulasi yang berlaku

MATERI PEMBAHASAN

  • Pengantar perundang-undangan: Peraturan Menteri Perindustrian RI No. 75/M-IND/PER/7/2010, Pasal 6 ayat 2 dan pasal 10 Peraturan Pemerintah Nomor 28 tahun 2004, Surat Keputusan Menteri Kesehatan RI No. 23/MEN.KES/SKJI/1978, UU pangan No.7 Tahun 1996, Bab II.
  • Prinsip dasar  dan ruang lingkup persyaratan CPMB: Lingkungan dan Lokasi, Bangunan dan Fasilitas Unit Usaha, Peralatan Pengolahan, Fasilitas dan Kegiatan Sanitasi, Sistem Pengendalian Hama, Hygiene Karyawan, Pengendalian Proses, Manajemen Pengawasan, Pencatatan dan Dokumentasi.
  • Audit CPMB
  • Sertifikasi CPMB
  • Tips dan trik sukses mengimplementasikan CPMB

METODE PELAKSANAAN

Metode pengajaran di sampaikan dengan teknik diskusi interaktif, presentasi teori, pembahasan case study, dan konsultasi

SIAPA PESERTA YANG HARUS HADIR..?

Plant Manager, Dept QA/QC/Rnd, para staff dan siapa saja yang terlibat langsung maupun tidak dalam penerapan CPMB di perusahaan.

INSTRUKTUR

M. Ichwanuddin, S. T dan Team

Profesional trainer & consultant BMD Street Consulting ini mempunyai latar belakang pendidikan sarjana teknik kimia. Sebagai praktisi industry dan internal auditor sudah beliau jalani lebih dari 14 tahun. Di antaranya pernah menjabat sebagai foreman Quality Control di PT. Sinar Antjol, Spv Product Development PT. Victoria Care Indonesia QC Spv & QMR di PT. Unza Vitalis, Rnd Manager PT Orson Indonesia, dan QC Manager PT. Lecapseal Indonesia. Kompetensi yang beliau kuasai baik sebagai praktisi ataupun auditor diantaranya meliputi: ISO 9001 QMS, ISO 14001 EMS, OHSAS 18001, ISO 22000 FSMS, HACCP, GMP, CPOB/CPKB, Food Safety, Sistem Jaminan Halal dan lain sebagainya. Diantara perusahaan yang pernah beliau tangani diantaranya yaitu: PT. Mitra Selindo Abadi, PT. Innopack Plastic Packaging, PT. Haldin Pacific Semesta, PT. Inti Duta Lestari Plasindo, PT. Avesta Continental Pack, PT. Unindo Adjidharma, PT. Cakrawala Mega Indah, PT. Sunindo Bangun Kersana, PT. Master Label, PT. Hokita Presisi Indonesia, PT. Internasioanl Multi Fleksindo, PT. Topan Sampoerna, PT. Yuli Eka Pesona, PT. Delident Chemical Industries, PT. Karya Indah Multiguna, PT. Multi Box, PT. Kerin Plasindo Sukses Makmur, PT. DIC Graphic, PT Indesso Aroma dan masih banyak lagi lainya.

INVESTASI

Rp4.350.000,00/peserta(jakarta, bogor, yogyakarta, surabaya)
Rp4.350.000,00/peserta(bali, lombok, balikpapan)

DURASI
2 Hari (efektif 14 Jam: 09.00-16.00)
FASILITAS
Sertifikat, Modul (Soft dan Hard Copy), Training kit (Ballpoint Tas jinjing), Tas Ransel, Jacket, Lunch, 2x Coffe break, foto bersama dan pelatihan dilaksanakan di Hotel berbintang.
INFORMASI  & PROMO
Hub      : 021 – 756 3091
CONTACT PERSON
0813 8280 7230
  • 13-14 Agustus 2018 Bandung
  • 12-13 September 2018 Surabaya
  • 8-9 Oktober 2018 Yogyakarta
  • 12-13 November 2018 Bandung
  • 10-11 Desember 2018 Surabaya

Share this post

Post Comment