Training Sampling Air dan Teknik Pengambilan Sample Kualitas Air

LATAR BELAKANG

Training Sampling Air – Dalam Pengambilan sample dan uji parameter kualitas lingkungan membutuhkan teknik serta penanganan yang cukup rumit, hal ini didasarkan pada karakteristik polutan lingkungan yang saling berintegrasi dengan kondisi suatu wilayah sehingga demikian hal ini menyebabkan fenomena alam yang ada bersifat dinamis. Dan diketahui juga konsentrasi dari parameter kualitas lingkungan saat ini bersifat mikro yang sangat, hal ini menyebabkan beberapa kendala analitik yang sering muncul ketika proses analisa lingkungan dilakukan dilaboratorium.

BMD Training Centre sebagai Environmental Consultant dalam hal ini berbagi pengalaman dan pengetahuan terkait peningkatan kapasitas sumber daya manusia terkait dengan pengambilan sampel kualitas air. Dimana pengaruh ke akuratan hasil analisa air dimulai dari bagaimana cara dan teknik dalam mengambil sample air yang akan di analisa, sehingga hasil analisa yang didapat dari proses sampling air bisa mewakili keseluruhan air yang akan dianalisa. Dengan mengikuti Training Pengambilan Sampel Kualitas air ini para peserta diharapkan bisa mengetahui tata cara dan teknik-teknik dalam pengambilan sampel yang benar.

 

MAKSUD DAN TUJUAN

Dalam Training Sampling Air dan Teknik Pengambilan Sample Kualitas Air ini dimakasudkan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan perihal persyaratan, prosedur, teknik, dan penanganan hingga pelaporan dalam melakukan sampling air. Selain itu juga pelatihan ini bertujuan untuk:

  • Memberikan pemahaman dan pengetahuan terkait dengan baku mutu kualitas lingkungan sesuai dengan SNI dan SI
  • Memberikan pengetahuan perihal apa saya yang harus dipersiapkan dalam melakukan kegiatan sampling air, termasuk: perencanaan, teknis dilapangan, pelaporan dan dokumentasi hasil uji serta monitoring kualitas air

 

BAHAN AJAR

  • Persyaratan Baku Mutu Kualitas Lingkungan: Baku mutu air yang berlaku secara nasional dan internasional, stream daneffluent standard, self purification, eutrophication, metode penetapan daya tampung beban pencemaran air, serta penentuan status mutu air
  • Pertimbangan Pengambilan Sampel Kualitas Air
  • Penentuan dan Konsep Parameter Air: Konsep fisik dan kimia paramater air, mikrobiologi air, water-borne dissease, satuan konsentrasi.
  • Spesifikasi dan Karakteristik sumber air: perairan sungai, danau, waduk dan laut, ekosistem perairan, distribusi dan transport pencemar pada perairan, hidrodinamika perairan.
  • Air Sumur:  Geohidrologi, karakteristik air tanah, vadoze zone, distribusi dan transport pencemar dalam air tanah
  • Perencanaan Pengambilan Sampel Kualitas Air dan Persiapan Pengambilan Sampel Kualitas Air
  • Teknik dan Metode Sampling air: Perencanaan sampling, metode sampling pada perairan meliputi sungai, danau/waduk dan laut, IPAL serta sewerage, pemilihan lokasi, penyimpanan, pewadahan dan pengawetan sampel, pengukuran parameter di lokasi titik sampling dan laboratorium
  • Jaminan Mutu Pengambilan Sampel Kualitas Air
  • Dokumentasi dan Pelaporan Hasil Pengukuran Lapangan serta laboratorium

 

METODE PELAKSANAAN

Dalam program Training Sampling Air dan Teknik Pengambilan Sample Kualitas Air ini  menggunakan metode aplikatif dan interaktif, dimana selama pelatihan berjalan terdiri dari 40% Teori, 35% Praktek, 25% presentasi, evaluasi, study kasus dan diskusi kelompok.

 

PESERTA YANG DIREKOMENDASIKAN

Dalam Training Sampling Air dan Teknik Pengambilan Sample Kualitas Air yang dianjurkan untuk mengikutinya adalah Manajemen pengelola Laboratorium Lingkungan, Pengawas Pengelolaan Lingkungan, Staff Ahli sampling laboratorium, Dept EHS dan semua pihak yang terlibat secara langsung maupun tidak terkait dengan sampling dan monitoring kualitas air di lapangan dan penangananya laboratorium

PROFIL TIM PENGAJAR KLIK DISINI

 

DURASI

3 Hari (Efektif 21 Jam: Dimulai dari pukul 09.00-16.00)

 

INVESTASI

Rp 7.500.000,00/peserta (Dapat Promo Cash Back/Discount Klik Disini)

 

FASILITAS

Sertifikat, Modul (Soft dan Hard Copy), Training kit (Ballpoint Tas jinjing), Tas Ransel, Jacket, Lunch, 2x Coffe break, foto bersama, Pelatihan dilaksanakan sesi teori di hotel berbintang/BMD Building Centre/Wisma Puspiptek sedangkan untuk praktikum dilakukan dibeberapa titik/sumber air disekitar lokasi pelatihan.

 

INFORMASI DAN PROMO

Hub      : 021 – 756 3091
Fax       : 021 – 756 3291
CONTACT PERSON
0813 8280 7230, 0877 8868 8235

JADWAL TRAINING SAMPLING AIR TAHUN 2019 :

  • 04-06 November 2019 Bandung
  • 13-15 November 2019 Serpong
  • 27-29 November 2019 Jakarta
  • 11-13 Desember 2019 Surabaya
  • 16-18 Desember 2019 Bogor

BELUM ADA JADWAL & WAKTU PELAKSANAAN YANG SESUAI…??? KLIK DISINI UNTUK MEREQUESTNYA..!!

 

REFERENSI :

  1. Badak LNG
  2. PT. Kideco Jaya Agung
  3. BMD Laboratory
  4. PT. Astra Daihatsu Motor
  5. PT BSI (Bumi Sukses Indonesia)
  6. PT Widya Cipta Buana
  7. BBLK Makassar
  8. PT Timah (persero), Tbk
  9. PT Indonesia Asahan Aluminium
  10. PT Bina Balantak  Utama
  11. UPT Lab Kes Daerah Kab. Paser
  12. PDAM Tita Alam Kota Tarakan
  13. PT Indofood Sukses Makmur , Tbk
  14. PT AEA Internasional SOS
  15. PT Trubaindo Coal Mining
  16. PT Global Concept Consultant
  17. DLH Kab. Pemalang

 

TESTIMONI PESERTA ALUMNI PELATIHAN SAMPLING AIR:

  • “Sangat berpengalaman dan dapat dipahami oleh peserta.”Wawan Mohammad Sholeh, Enviromental Officer- PT BSI (Bumi Sukses Indonesia)
  • “Tehnik penyampaian dan pelayanan sudah bagus dan peserta bisa mengerti.” Sudirman Silaen- PT Widya Cipta Buana
  • “Dengan mengikuti training ini, peserta lebih memahami tehnik ataupun cara pengambilan sample. Seperti halnyua prapare sample, penyiapan wadah sampai tahap pengambilan sample di lapangan.” Dedy Donovan Sinurat, Penyelia- PT Widya Cipta Buana
  • “Selama kita mengikuti training ini bisa menambah pengalaman, bagaimana tehnik pengambilan samle yang benar dan pengambilan contoh secara baik.” Joko Adi Prasetyo, Ass Monitoring-PT BSI (Bumi Sukses Indonesia)
  • “Trainer bagus dan sesuai dengan sylabus yang saya butuhkan di perusahaan.” Muhammad Iqbal, Operator-PT Indonesia Asahan Aluminium
  • “Saya sangat terbantu dengan menambah wawasan dalam tehnik sampling dan pengambilan sample air, instruktur sangat baik dalam memberikan materin & praktek.”Sutrisna Juniarto, Juru lingkungan Hidup-PT Timah (persero), Tbk
  • “Materi yang diberikan sangat jelas dan baik untuk dimengerti, kita mendapatkan ilmu materi, praktek lapangan dan prosedur yang benar.”Tukiman, Ass Enviro-PT.  PT BSI (Bumi Sukses Indonesia).
  • “Kami puas dengan materi yang diberikan, trainer yang ramah dan  menambah pengetahuan kami tentang pemgambilan sample.” Supumo, AST-PT BSI (Bumi Sukses Indonesia)
  • “Trainer sangat komunikatif dan aplikatif dalam memberikan materi, baik materi teori maupun praktek lapangan.”Muhamad Anggy Firmansyah, Kepala bidang pembinaan Hutan- PT Bina Balantak Utama.
  • “Sangat menambah pengetahuan dengan panyajian yang baik oleh trainer, cara penyampaian sangat mudah di cerna. Dengan trainer yang sangat ahli di bidangnya, materi yang di berikan sangat membantu dalam pekerjaan dan ilmu yang bermanfaat.”Eka Nur Lestari, Staff ADM produksi- PDAM Tita Alam Kota Tarakan
  • “Materi yang diajarkan sangat berharga, pengajar sangat berpengalamandan dapat di pahami oleh pesert, sehingga peserta lebih memahami tata cara pengambilan sample yang benar dan tertibdalam administrasi.”Odie Faturarahman, Staff Laboran-PDAM Tita Alam Kota Tarakan
  • “Sangat menyenangkan dan menambah wawasan serta ilmu yang sangat bermanfaat”. Kristian Hadi Suryo S – Pengawas Perikanan, Satwas SDKP Banyuwangi.
  • “Materi yang disampaikan menarik dan menambah wawasan saya tentang teknik pengambilan sample kualitas air dengan benar. dan trainer selalu megingatkan bahwa doktrin pengambilan sample air harus Benar dari Awal karena berkaitan dengan hukum.” Ichsan Nur Fajar – Pengawas Perikanan, UPT. Pangkalan PSDKP Benoa.
  • “Materi cukup menarik sebagai pengetahuan dasar dalam melakuka teknik pengambilan sample untuk dapat diaplikasikan dalam pekerjaan/tugas.” A’ang Yuli Setiawan – Pengawas Perikanan, Satwas PSDKP Surabaya.
  • “Terima kasih saya ucapkan, tentunya seiring dengan penambahan wawasan saya tentang apa yang menjadi bidang usaha saya. Tentunya, semua berharap agar berjalan dengan baik. Sukses Selalu..” Zaki Rahmat Fauzi – PT Global Concept Consultant.
  • “Adanya training ini dapat menambah pengetahuan saya selaku PCC di Lab. Lingkungan DLH Kab. Pemalang.” Achmad Asikin – DLH Kab. Pemalang.

Silahkan review dokumentasi program pelatihan kami dibawah ini, atau klik disini untuk video-video dokumentasi lainnya

 

Share this post

Post Comment