Training Kalibrasi Dimensi (Height Gauge dan Dial Indikator) ( 02-03 Juni 2022 Di Surabaya )

Dengan mengucapkan syukur alhamdulillah Training Kalibrasi Dimensi (Alat Height Gauge dan Dial Indikator) telah selesai dilaksanakan di Surabaya pada hari Kamis Dan Jumat tanggal 02-03 Juni 2022 pukul 09.00 – 15.30 WIB. Peserta ini diikuti oleh PT.Metso Autotec Indonesia dengan BMD Training Centre and Consultant. Pelatihan diikuti 3 peserta yang terdiri dari Mechanical Apprentice Dan QA/QC Supervisor. Pada program Training Kalibrasi Dimensi (Alat Height Gauge dan Dial Indikator) Secara prinsip kalibrasi merupakan proses verifikasi yang dilakukan untuk memastikan bahwa suatu akurasi alat ukur sesuai dengan rancangan dan fungsinya. Teknik kalibrasi dilakukan dengan membandingkan suatu standar yang terhubung dengan standar nasional maupun internasional dan bahan-bahan acuan tersertifikasi. Dalam penerapan sistem manajemen kkualitas memerlukan sistem pengukuran yang efektif, termasuk di dalamnya kalibrasi formal, periodik dan terdokumentasi, untuk semua perangkat pengukuran . Dimana setelah menyelesaikan program ini diharapkan peserta dapat:

  1. Memahami persyaratan dan standar dari masing masing konsep kalibrasi / verifikasi dan manajemen kalibrasi, sesuai dengan standar acuan yang sudah dibakukan.
  2. Memahami dasar ketidakpastian dan perhitungannya, sehingga peserta mampu melaksanakan kalibrasi alat ukur serta analisa perhitungan ketidakpastian dari data kalibrasi.
  3. Mengetahui teknik kalibrasi/verifikasi alat ukur/alat pantau besaran Temperature , Mampu melakukan kalibrasi internal secara tepat.
  4. Memahami hubungan ketidakpastian dan quality assurance.
  5. Mengetahui metode untuk menentukan keakurasian alat berdasarkan data hasil kalibrasi/ verifikasi.
  6. Peserta pelatihan mampu dan mengerti kalibrasi alat ukur dengan metode dan prosedur yang berlaku secara internasional.
  7. Dengan kalibrasi mengetahui seberapa jauh kesalahan (penyimpangan) alat ukur tersebut, sehingga ketelitian alat ukur tersebut dapat diketahui.
  8. Mampu dan mengerti membaca atau membuat laporan hasil kalibrasi / sertifikat kalibrasi.

Berikut ini daftar nama peserta yang mengikuti Pelatihan Training Kalibrasi Dimensi (Alat Height Gauge dan Dial Indikator) :

  1. Aditya Dewangga Wardhana
  2. Heri Priwanto
  3. Muh. Fajrin Jumhur

Acara ini dibuka oleh BMD Training Centre and Consultant dan dilanjutkan presentasi pemateri dari BMD Street Consulting yaitu Ir. Renaldo Moontri, MM. dan Team  yang memberikan materi tentang Training Kalibrasi Dimensi (Alat Height Gauge dan Dial Indikator). Adapun materi lebih spesifiknya tentang:

MODUL PEMBAHASAN Hari  pertama:

  1. Konsep Pemahaman dasar kalibrasi
  2. Pelaksanaan kalibrasi / verifikasi dan manajemen kalibrasi
  3. Teknik kalibrasi/verifikasi/cek antara dari alat ukur/alat pantau Dimensi , height gauge dan dial indikator
  4. Teori  ketidakpastian dan perhitungannya
  5. Menentukan CMC, Calibration measurement and Capability

Hari kedua:

  1. Workshop  Digital height gauge dan dial indikator
  2. Metode untuk melakukan analisa hasil kalibrasi/ verifikasi.
  3. Metode untuk menentukan keberterimaan alat berdasarkan data hasil kalibrasi/ verifikasi
  4. Analisa ketidakpastian dari data hasil kalibrasi / verifikasi
  5. Metode pelaporan hasil kalibrasi dan verifikasi
  6. Evaluasi

Di antara peserta yang di rekomendasikan ikut serta dalam program Training Kalibrasi Peralatan Dimensi (Alat Height Gauge dan Dial Indikator) adalah tenaga penguji di laboratorium kimia, sarjana kimia atau teknisi yang berpengalaman di laboratorium, petugas kalibrasi, dept QA/QC laboratorium dan semua pihak yang terlibat secara langsung maupun tidak dalam penanganan dan kalibrasi peralatan ukur dimensi di perusahaan Dan Untuk Perusahaan/Laboratorium yang ingin menyelenggarakan Training Kalibrasi Dimensi (Alat Height Gauge dan Dial Indikator) yang sudah kami agendakan maupun request khusus judul training tertentu, silahkan anda hubungi kontak kami untuk informasi lebih jelasnya. dan untuk melihat Foto – Foto Kegiatan pelatihan ini silahkan klik disini.

TESTIMONIAL:

  • “Pelatihan yang dilakukan sangat baik, Maemastikan semua peserta paham dengan materi yang di sampaikan dan menjawab banyak pertanyaan dari peserta dengan baik serta memberikan saran atau masukan yang bermanfaat bagi kami, Pembawaan materi yang cukup menyenangkan dan mendorong keterlibatan peserta”Muh Fajrin Jumhur, PT.Metso Outotec Indonesia.

Share this post