Online Training Mikrobiologi Dasar – Pengembangan dan Pengolahan Dasar Laboratorium Microbiology ( 19-21 Desember 2022 )

Puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT sebagaimana Online Training Mikrobiologi Dasar – Pengembangan dan Pengolahan Dasar Laboratorium Microbiology. telah selesai dilaksanakan dengan media zoom pada tanggal 19-21 Desember 2022, Pukul 09:00-16:00 WIB.Peserta ini diikuti oleh PT. Molindo Raya Industrial Dan FKIP Universitas Sriwijaya. Pelatihan ini diikuti oleh 4 peserta yang terdiri dari Supervisor. Pada program Training Mikrobiologi Dasar – Pengembangan dan Pengolahan Dasar Laboratorium Microbiology Salah satu dasar yang harus diketahui sebelum memulai aktifitas dilaboratorium mikrobiologi adalah sejauh mana sumber daya terkait paham akan penanganan, pengolahan dan pengembangan laboratorium yang baik. Saat ini banyak rujukan standar yang bisa kita temukan dari GLP, ISO/IEC 17025, ISO 9001 dan lain sebagainya. Beberapa faktor utama yang mempunyai peran penting dalam penanganan semua itu salah satunya mencakup seperti: Personil, Kondisi Akomodasi dan Lingkungan, Metoda Pengujian, metoda kalibrasi dan validasi Metoda, Peralatan, Ketertelusuran Pengukuran, Penangan barang yang di Uji , Jaminan Mutu hasil Pengujian dan Pelaporan Hasil, Dalam program Training Dasar Pengelolahan dan Penanganan Laboratorium Mikrobiologi ini diharapkan setelah peserta menyelesaikan pelatihan mampu:

  • Mendesign dan Merencanakan Program Pengelolaan Laboratorium Mikrobiologi
  • Menguasai Akomodasi lingkungan Laboratorium Mikrobiologi: Tata Ruang, Sistem Sanitasi, Sirkulasi Udara, Tekanan dan RH Ruangan.
  • Menguasai dan Memahami konsep dasar dan perlakuan dalam laboratorium mikrobiologi
  • Memahami Teknik preparasi sedian media, mikroba dan pengujian sample analisa mikrobiologi
  • Mampu Merencanakan dan Membuat Sistem Dokumentasi serta pelaporan data hasil pengujian laboratorium mikrobiologi yang tepat guna.

Berikut ini daftar nama peserta yang mengikuti Pelatihan Training Mikrobiologi Dasar – Pengembangan dan Pengolahan Dasar Laboratorium Microbiology:

  1. Bambang Eko Teguh Waluyo
  2. Budi Eko Wahyudi, S.Pd., M.Si
  3. Faried Arba’i, S.AP

Acara dibuka oleh BMD Street Consulting dan dilanjutkan presentasi pemateri dari BMD Street Consulting yaitu Ibu Dr. Linar Zalinar Udin yang memberikan materi tentang. adapun materi lebih spesifiknya tentang :

  1. Pengantar Ilmu Mikrobiologi
  2. Prinsip-prinsip dasar pengelolaan dan penanganan laboratorium mikrobiologi
  3. Sistem dokumentasi laboratorium mikrobiologi
  4. Penanganan dan Kompetensi wajib yang harus dikuasai oleh sumber daya laboratorium
  5. Sistem Hygiene serta Sanitasi personal dan ruangan laboratorium mikrobiologi
  6. Sistem Tata Ruang Laboratorium Mikrobologi
  7. Klasifikasi mikroba, bakteri, virus dan senyawa sejenisnya
  8. Preparasi Pengujian Mikrobiologi: pembuatan sedian media agar (pertumbuhan dan regenerasi mikroba), pembuatan inokulum, pembuatan dan proses inokulasi mikroba.
  9. Verifikasi sistem dan metode pengujian mikrobiologi (kondisi alat, chemical yang digunakan, reagent dan lain sebagainya)
  10. Penanganan Sample Uji dan Validasi
  11. Pembuatan Record dan Pelaporan Laboratorium Mikrobiologi
  12. Tips dan Trik Pembuatan dan Pengelolaan Sistem Mikrobiologi yang efektif dan tepat guna

Program Training Mikrobiologi Dasar – Pengembangan dan Pengolahan Dasar Laboratorium Microbiologyi ini sangat dianjurkan diikuti oleh praktisi yang bergelut di pengolahan laboratorium mikrobiologi, baik dari level manajer hingga staff laboratorium di perusahaan, akademisi, instansi pemerintah dan semua pihak yang membutuhkan pengetahuan terkait validasi metode analisis mikrobiologi yang benar.

Untuk Perusahaan/Laboratorium yang ingin menyelenggarakan Pelatihan Training Mikrobiologi Dasar – Pengembangan dan Pengolahan Dasar Laboratorium Microbiology yang sudah kami agendakan maupun request khusus judul training tertentu, silahkan anda hubungi kontak kami untuk informasi lebih jelasnya. dan untuk melihat Foto – Foto Kegiatan pelatihan ini silahkan klik disini.

TESTIMONIAL:

  • “Trainer ramah, dan bagus dalam menjelaskan”Bambang Eko Teguh Waluyo, PT. Molindo Raya Industrial.

Share this post