Online Training Estimasi Ketidakpastian Pengukuran untuk Uji Mikrobiologi

Dengan mengucapkan syukur alhamdulillah Online Training Estimasi Ketidakpastian Pengukuran untuk Uji Mikrobiologi telah selesai dilaksanakan secara online menggunakan media ZOOM pada hari Senin,Selasa dan Rabu tanggal 08-10 Maret 2021 pukul 09.00 – 15.30 WIB. Peserta ini diikuti oleh Badan pengawas obat dan makanan dengan BMD Training Centre and Consultant. Pelatihan diikuti 2 peserta yang terdiri dari PFM Ahli Muda. Berikut daftar nama peserta yang hadir pada saat pelatihan:

  1. Yola Eka Erwinda
  2. Anissa Wari Murti, S.Si., Apt

Acara ini dibuka oleh BMD Training Centre and Consultant dan dilanjutkan presentasi pemateri dari BMD Street Consulting yaitu Dr. Linar Zalinar Udin. yang memberikan materi tentang Online Training Estimasi Ketidakpastian Pengukuran untuk Uji Mikrobiologi. Adapun materi lebih spesifiknya tentang:

  • Pengantar estimasi ketidakastian pengukuran.
  • Metoda dan teknik penentuan  ketidakpastian  , yang mencakup latar belakang, komponen ketidakpastian, sample, sub-sample dan pengenceran, teknik-teknik yang meliputi: Ketangguhan metoda mengenai pengaruh kesalahan pada penyiapan  media, Variasi Temperature, Keadaan dari Mikroorganisme Target, Penyiapan Media dan Pengencerannya, Plating dan Inkubasi, Penghitungan Koloni, Teknik Konfirmasi, Sensitifitas, Spesifisitas dan Selektifitas Media
  • Pertimbangan umum, berupa metoda-metoda kuantitatif, Semi kuantitatif, metoda-metoda kualitatif, metoda-metoda alternatif.
  • Data untuk validasi dan kontrol yang mencakup validasi metoda, Bahan acuan dan Uji Profisiensi , Pengawasan Mutu Analisis
  • Pendekatan untuk penetapan ketidakpastian meliputi  pengorganisasian untuk pelaksanaan inter-lab,  Persyaratan dasar untuk melakukan kolaborasi   (ISO 16140 ), Evaluasi awal dari data kuantitatif, Analisis varians   (ANOVA), Pendekatan alternatif terhadap ANOVA, Penentuan  repeatability dan  reproducibility  menggunakan data  quality monitoring (QM) , Penentuan ketidakpastian dari perkiraan reproducibility, Ketidakpastian yang berkaitan dengan pengujian kualitatif .
  • Rekomendasi untuk meminimalkan ketidakpastian , mencakup: Personil, Peralatan, Media dan Pengenceran, Inkubasi, Pengambilan Sample Utama, Sample yang akan diuji , Pemeriksaan Kultur dan  Pencatatan Data, Pemantauan Mutu.

Untuk Perusahaan/Laboratorium yang ingin menyelenggarakan Online Training Estimasi Ketidakpastian Pengukuran untuk Uji Mikrobiologi yang sudah kami agendakan maupun request khusus judul training tertentu, silahkan anda hubungi kontak kami untuk informasi lebih jelasnya. dan untuk melihat Foto – Foto Kegiatan pelatihan ini silahkan klik disini.

Testimoni:

  • “Karena pelatihan ini berlangsung online dan hanya diikuti oleh 2 orang, jadi saya merasa seperti belajar privat. Hal ini sangat membantu saya untuk bebas bertanya apapun terkait materi yang diberikan”Yola Eka Erwinda,Badan Pengawas Obat dan Makanan.
  • “Trainernya Mantaaapppp”Anissa Wari Murti, S.Si., Apt. Badan Pengawas Obat Dan Makanan.

Share this post