Training Workshop on Food Safety Risk Assessment (Manajemen Resiko Keamanan Pangan)

PENGANTAR

Sektor pangan menjadi sangat penting dan dinamis karena perubahan dan adanya potensi bencana pada kehidupan manusia bersumber pada masalah pangan. Selain itu, sektor pangan merupakan sektor yang dipengaruhi dinamikanya oleh kondisi lingkungan, alam dan juga penggunaan teknologi dan informasi. Food safety risk asessessment adalah sebuah kajian resiko yang didefinisikan sebagai evaluasi informasi ilmiah maupun non-ilmiah yang relevan terkait bahaya kimia, mikrobiologi maupun fisik yang mungkin terdapat dalam pangan. Dimana pada level international umumnya kajian risiko ini juga diterapkan untuk manajemen keamanan pangan.

Dalam pengembangan kapasitas keamanan pangan di Indonesia, khususnya kajian risiko keamanan pangan sangat penting di lakukan oleh pemangku usaha ataupun instansi berwenang yang menjadi regulator mewakili pemerintah dalam melakukan pengawasan distribusi pangan di Indonesia, hal ini penting di lakukan mulai dari hulu hingga hilir rantai pasok pangan yang perputaranya sangat cepat dan signifikan, tentunya kondisi ini sangat berpeluang dan berpotensi terjadinya kasus-kasus bahaya pangan di masyarakat. Pencegahan dini melalui pengawasan yang tepat sangat di perlukan dalam hal ini untuk menjaga kestabilan pangan.

Training  Workshop Food Safety Risk Assessment adalah salah satu program pengembangan kompetensi dan skill yang di susun serta secara up to date dikembangkan sesuai dengan kondisi dunia saat ini oleh divisi food BMD Street Consulting, dimana diharapkan bisa membantu para praktisi dan pemangku regulasi untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusianya agar bisa membangun sekaligus mengawasi dengan baik kajian resiko dalam keamanan pangan.

MAKSUD & TUJUAN

Maksud dan tujuan dari program ini yaitu di harapkan peserta mampu:

  • Memiliki pemahaman yang baik dalam kajian risiko keamanan pangan dan berbagai perangkat untuk kajian risiko keamanan pangan.
  • Mendapatkan pengalaman praktis dalam melakukan kajian risiko keamanan pangan dan mampu menafsirkan hasil dan pelaporan hasil kajian risiko keamanan pangan.
  • Belajar bagaimana melakukan komunikasi risiko yang baik dalam kajian risiko
  • Bisa melakukan audit dan evaluasi keamanan pangan dalam suatu rantai pasok hasil pangan.
  • Mendapat ilmu dan pencerahan tentang perkembangan bahaya kimia dan mikrobiologi pangan terkini serta pengetahuan dan pemahaman kajian risiko keamanan pangan untuk dapat diterapkan di tempat tugasnya masing-masing.

BAHAN AJAR

  1. Pengantar dan review standar keamanan pangan: ISO 22000, HACCP, GMP dan Hygiene dan sanitasi
  2. Pengantar kebijakan analisis risiko keamanan pangan di Indonesia
  3. Prinsip kajian dan manajemen resiko keamanan pangan
  4. Teknik dan aplikasi analisis risiko keamanan pangan
  5. Teknik analisa dan audit keamanan pangan sebagai kajian ilmiah resiko keamanan pangan
  6. Bahaya-bahaya keamanan pangan
  7. Kajian bahaya keamanan pangan (faktor B\bahaya kimia dan mikrobiologi)
  8. Kerangka kerja kajian keamanan pangan
  9. Membangun organisasi, program, dan pelaporan risk assesment (internal/eksternal)
  10. Management Tanggap darurat keamanan pangan (menunjuk team dalam organisasi, wewenang, fungsi dan aksi tanggap darurat)
  11. Case study dan diskusi interaktif

PESERTA YANG DI REKOMENDASIKAN

Program ini sangat penting di ikuti oleh mereka yang mempunyai latar belakang profesi sebagai penanggung jawab sistem pengasawan dan regulasi organisasi/perusahaan, Dept QA/QC/Rnd/QHSE, Divisi pengembangan SDM, team auditor organisasi dan seluruh perwakilan divisi dan siapa saja yang terlibat langsung maupun tidak dalam implementasi keamanan pangan di sebuah organisasi.

METODE PELAKSANAAN

Program ini menggunakan metode interaktif, di sampaikan dalam bentuk ceramah presentasi, workshop dalam melakukan kajian resiko keamanan pangan dan audit keamanan pangan, diskusi, latihan dan konsultasi

PROFIL TIM PENGAJAR KLIK DISINI

INVESTASI

  • Rp 7.500.000,00/peserta (jakarta, bogor, bandung, yogyakarta, surabaya)
  • Rp 8.500.000,00/peserta (bali, lombok, balikpapan)

(Dapat Promo Cash Back/Discount Klik Disini)

FASILITAS

Sertifikat, Modul (Soft dan Hard Copy), Training kit (Ballpoint Tas jinjing), Tas Ransel, Jacket, Lunch, 2x Coffee break/hari, foto bersama dan pelatihan dilaksanakan di Hotel berbintang.

INFORMASI DAN PROMO

Hub      : 021 – 756 3091
Fax       : 021 – 756 3291

CONTACT PERSON

0813 8280 7230, 0877 8868 8235

JADWAL TRAINING WORKSHOP ON FOOD SAFETY RISK ASSESSMENT TAHUN 2019 :

  • 01-02 Oktober 2019 Bandung
  • 04-05 November 2019 Surabaya
  • 02-03 Desember 2019 Jakarta

BELUM ADA JADWAL & WAKTU PELAKSANAAN YANG SESUAI…??? KLIK DISINI UNTUK MEREQUESTNYA..!!

 

REFERENSI

  1. Kementerian Pertanian Pusat, Pasar Minggu-Jakarta Selatan

Silahkan review dokumentasi program pelatihan kami dibawahini, atau klikdisini untuk video-video dokumentasi lainnya

Share this post

Post Comment