Training Merancang Perhitungan Statistika Hasil Uji Banding Dua Laboratorium dan Antar Analis (11-13 September 2019 Yogyakarta)

PENGANTAR

Jaminan mutu dalam hasil pengujian laboratorium salah satunya dilakukan dengan melakukan uji banding. Banyak contohnya seperti:

  1. Membandingkan data hasil pengukuran dari 2 alat berbeda
  2. Membandingkan pengukuran dari hasil pengukuran metode yang berbeda (presisi dan akurasi)
  3. Membandingkan hasil pengukuran dari 2 laboratorium yang berbeda
  4. Membandingkan kompetensi dalam melakukan pengukuran dari 2 analis yang berbeda dan semua analis pada suatu laboratorium.

Dalam melakukan pengolahan data yang akan menjadi rujukan dalam pengendalian mutu, dalam beberapa aplikasi uji banding diatas digunakan metode statistik yang dikenal dengan uji signifikasi. Berbagai macam uji signifikasi telah kita kenal dan memiliki interpretasi dan aplikasi yang berbeda. Untuk melakukan hal tersebut diatas tentunya para pengembang laboratorium membutuhkan pembekalan pengetahuan dan kompetensi yang tepat, oleh karenanya sebagai laboratory consultant BMD Street Consulting menyelenggarakan program Training Merancang Perhitungan Statistika Hasil Uji Banding Dua Laboratorium dan Antar Analis yang sangat penting untuk di ikuti bagi para Industri manufaktur, Laboratorium Jasa, Lembaga Penelitian dan Pengembangan serta Perguruan Tinggi.

MAKSUD & TUJUAN

Maksud diselenggarakanya program Training Merancang Perhitungan Statistika Hasil Uji Banding Dua Laboratorium dan Antar Analis ini adalah untuk memberikan pembekalan pengetahuan dan kompetensi kepada peserta agar mampu mengolah data hasil uji banding lengkap dengan interpretasi dan aplikasinya. Dengan tujuan para peserta bisa menginterpretasikan ilmu yang didapat dalam berbagai macam uji signifikasi yang berbeda.

BAHAN AJAR

  • Pengantar pengolahan data secara statistik
  • Pengantar uji signifikansi
  • Macam-macam uji T dan intrepretasinya
  • Metode dan pengolahan data Uji F (Fischer-test)
  • Teknik dan metode ANOVA (Analysis of Variance)
  • Interpretasi dan aplikasi uji signifikasi dalam aktifitas laboratorium

SIAPA PESERTA YANG HARUS HADIR..??

Program ini sangat penting di ikuti oleh para sumber daya laboratorium yang bertanggung jawab terhadap pengendalian mutu internal. Oleh karenanya mereka yang menjabat sebagai tim teknis laboratorium, penyelia dan manajer teknis sangat direkomendasikan mengikuti program ini, dimana diharapkan memiliki/mampu menggunakan program microsoft excel sebagai minimal dasar pengetahuan.

METODE PELAKSANAAN

Presentasi teori, diskusi interaktif, case study dan praktek pengolahan data, dimana semua peserta wajib membawa laptop lengkap dengan aplikasi microsoft excel didalamnya.

INSTRUKTUR

Denar Zuliandanu, S.Si. Background pendidikan beliau adalah sarjana kimia dari Institut Pertanian Bogor. Aktif sebagai trainer dan konsultan BMD Training and Consultant, Auditor dan juga sebagai salah Kepala Sub Divisi Lab Kalibrasi terakreditasi KAN. Kompetensi yang beliau kuasai diantaranya: ISO/IEC 17025, ISO/IEC 17020, GLP, K3 Lab, ISO 9001, Validasi Metode, Verifikasi, Kalibrasi, Ketidakpastian Pengukuran dan berbagai cabang ilmu terkait standarisasi laboratorium.  Berbagai proyek sudah banyak dilakukan diantaranya adalah sebagai konsultan teknis standardisasi peralatan Laboratorium Pendidikan IPA untuk Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah seluruh Indonesia Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama, Tim Verifikasi soal Uji Kompetensi Guru (UKG) bidang Kimia Pertanian dan Industri di PPPPTK Pertanian Cianjur, Ketua Tim Kalibrasi Peralatan di Departemen Biokimia, IPB, Tim Penyusun Dokumen UKL-UPL PT Arindo Chemical, Konsultan Pengembangan Laboratorium Pendidikan IPA di Daarul Qur’an School Internasional, Tim Pembuat Modul Praktikum Kimia di Daarul Qur’an School Internasional, Tim Peneliti Inhibitor Korosi, Hibah Dikti-LPPM IPB, Tim Peneliti Utilisasi Fine Coal dan Pengelolaan Limbah Cair di PT Adaro Indonesia, Tim Peneliti Pemanfaatan Karang Lunak Sebagai Obat, Hibah Dikti-LPPM IPB, Tim Peneliti Pengembangan Inhibitor Korosi Berbasis Imidazolina, PT Elnusa Petrofin, Tim Peneliti Pengembangan Biosensor Organoklorin, Hibah Dikti-LPPM IPB serta diantara institusi dan perusahaan yang pernah beliau tangani baik dalam memberikan pelatihan dan bimbingan teknis seperti: Kantor Kesehatan pelabuhan Kelas II pekanbaru, PT Sumber Prima Anugerah, DLH Kab. Tapin, PT Ogawa Indonesia, BPTP Yogyakarta, PT Hijau Persada Sejahtera, PT Bumi Sarimas Indonesia, PT Natura Perisai Aroma,   dan masih banyak lagi lainya.

INVESTASI 

Rp 8.250.000,00/peserta

DURASI 

3 Hari (Efektif 21 Jam: 09.00-16.00) 

FASILITAS 

Sertifikat, Modul (Soft dan Hard Copy), Training kit (Ballpoint Tas jinjing), Tas Ransel, Jacket, Lunch, 2x Coffe break, foto bersama dan pelatihan dilaksanakan di Hotel berbintang/BMD Building Centre. 

INFORMASI & PROMO

Hub      : 021 – 756 3091
Fax       : 021 – 756 3291

CONTACT PERSON 0813 8280 7230, 0877 8868 8235

 

JADWAL TRAINING MERANCANG PERHITUNGAN STATISTIKA HASIL UJI BANDING DUA LABORATORIUM DAN ANTAR ANALIS TAHUN 2019:

  • 11-13 September 2019 Yogyakarta
  • 16-18 Oktober 2019 Bandung
  • 13-15 Nopember 2019 Yogyakarta
  • 11-13 Desember 2019 Bandung

 

REFERENSI: 

  1. Laboratorium Fakultas Teknik Lingkungan, Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta

TESTIMONI:

  • “Pelaksanaan training sangat baik, baik trainer, modul dan EO.” Diah Dianingtyas Sukardi, Analis-Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta.
  • “Materi training yang disampaikan cukup membantu dan baik, informasinya yang diberikan up to date.” Nuriana Arifah, S.Si, Analis-Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta.

Butuh kelas khusus dan lokasi khusus call us…!!
Silahkan review dokumentasi program pelatihan kami dibawah ini, atau klik disini untuk video-video dokumentasi lainnya

Share this post

Post Comment