Training Wastewater Treatment Series (TroubleShooting Sequence Batch Reactor) SBR (27-28 November 2017 Surabaya)

PENGANTAR

Sequence Batch Reactor (SBRs) adalah salah satu metode pengolahan limbah cair yang paling pesat dan banyak digunakan akhir akhir ini. Pelatihan ini di desain untuk menginformasikan dan mengedukasi peserta tentang sejarah, design, peralatan dan operasional konsep teknologi pengolahan limbah cair dengan sistim SBR, keuntungan dan kekurangannya.

SBR (sequence Batch Reactor) adalah suatu modifikasi sistim pengolahan limbah cair secara biologi dengan menggunakan lumpur active (activated sludge). Ada beberapa keuntungan secara ekonomi dengan sistim SBR dibandingkan dengan sistim continues flow. Kesuksesan pengoperasion SBR adalah pengetauhan yang dalam tentang activity Biomass seperti activity biomass dengan sistim continues flow. Pengetauhan tentang biomass activity akan memberikan pengetauhan kepada operator pengolahan air limbah untuk 1) modifikasi pengoperasion SBR untuk optimalisasi biomass activity. 2) identifikasi pemecahan masalah trouble shooting yang benar, pengaturan proses kontrol sehingga biaya operasional lebih efective, dan hasil quality dari limbah yang diolah mencapai baku mutu.

SBR (sequence batch reactor) termasuk dalam kategori suspended growth proses pengolahan limbah cair secara lumpur active yand dapat digambar dengan sederhana sebagai reactor tangki pengolahan limbah cair dengan system batch. Ketika sejumlah volume limbah cair diproses diumpankan (feeding) kedalam reactor tangki, setelah melalui waktu reaksi yang telah ditentukan maka sejumlah volume tersebut harus dikeluarkan (decant) dengan syarat parameter operasi yang  ditetapkan telah mencapai standard. Dengan kata lain pengumpanan (feeding) limbah cair kedalam reactor tidak terus menerus (continues) tetapi target volume atau jumlah tertentu secara batch.

MAKSUD & TUJUAN

Dalam training akan memberikan mamfaat kepada peserta sebagai berikut :

  1. Pemahaman secara mendalam activity bacteria selama kondisi aerobic, anaerobic/kondisi fermentation.
  2. Pemahaman tentang alat bantu operasional (operation tools) baik secara biologi, kimia, fisika yang diperlukan untuk memonitor kondisi operasional SBR (activated sludge) apakah kondisi tersebut dalam kondisi terkendali atau tidak terkendali, atau kondisi yang dapat diterima atau kondisi yang tidak dapat diterima baik secara data dan visual
  3. Pemahaman tolak ukur yang digunakan untuk mengukur biaya operasional SBR yang efektif dan tetap memenuhi persyaratan dan aturan regulasi perundangan yang berlaku
  4. Menambah kemampuan operator dalam mengontrol dan mengawasi tinggi rendah nya  atau fluktuasi kualitas dan konsentrasi air limbah yang masuk  ke SBR, sehingga SBR tetap optimal operasi dan effisiensi yang tinggi
  5. Para peserta diharapkan bisa mengaplikasikan mengimprove dan mengoptimalkan pengolahan limbah cair dengan system SBR  dari berbagai jenis industry sehingga bisa mengurangi biaya operasional dan mencapai baku mutu yang diharapkan.
  6. Memahami beberapa contoh aplikasi system SBR dari beberapa jenis industri

MATERI PEMBAHASAN

  • Overview tentang SBR yang meliputi pengenalan tentang SBR perbandingan SBR dengan konvensonal activated sludge, Cycle SBR, phasa SBR, sludge wasting management
  • Pengenalan tentang parameter kunci air limbah seperti COD, BOD, pH, Amonia, TDS, TSS,
  • Pengenalan kunci pemecahan masalah (Trouble shooting key) yang meliputi nitrification, denitrification, hasil pengolahan air limbah (decant) COD dan BOD, TSS yang masih tinggi, amonia yang masih tingg, perubahan alkalinity dan pH yang tidak terkontrol dan berfluktuasi, adanya busa dan scum, kadar oksigen yang rendah (low dissolved oxygen)
  • Pengetauhan Nurient air limbah, Biological nutrient removal, chemical phosporous removal, biological phosporous removal, food and mass ratio (FM ratio), massa tinggal mean cell residence time (MCRT), mix liquor suspended solid (MLSS), mix liquor volatile suspended solid (MLVSS), settleability, sludge volume index (SVI), amonia, total kejdhal number TKN, Alkalinity concentration dan paramter pendukung lainnya seperti oxidation reduction potential (ORP) dan DO (dissolved oxygen), microscopy.
  • Pretreatment, secondary treatment pengolahan limbah cair sebelum sistem SBR dan advance treatment setelah setelah SBR jika baku mutu paramater pengolahan belum tercapai
  • Aplikasi penggunaan sistim SBR dalam industri seperti food waste industry, pharmatical industri, leachate treatment, palm oil industry, municipal solid waste industry, rubber industry, textile industry, soap and detergent industry, amonia dan fertilizer industry

METODE PELAKSANAAN

Program ini dilaksanakan dengan konsep interaktif, dimana disampaikan dalam bentuk presentasi ceramah, diskusi interaktif, pembahasan case study dan konsultasi interaktif.

SIAPA PESERTA YANG HARUS HADIR..??

Para professional pengolahan limbah cair (wastewater treatment) yang terlibat dalam management operasional dan designer instalasi pengolahan limbah cair (IPAL), perwakilan pengolah limbah cair domestik (domestic wastewater treatment), perwakilan dari berbagai jenis industri (seperti industri: makanan dan minuman, kertas dan bubur kertas, kimia dan petrokimia, pengelola Limbah perkotaan dan pemukiman rumah tangga, dan industri lainnya).

Note: Untuk memaksimalkan hasil (output) yang di dapat peserta yang mengikuti disarankan mempunyai pengetahuan kerja tentang proses dan teknologi lumpur aktif.

INSTRUKTUR AHLI

Adhiyaksa K. A, ST & Tim

Latar belakang pendidikan beliau adalah Chemical Engineering from Jayabaya University, pengalamanya dibidang pengolahan limbah sudah lebih dari 10 tahun, di salah satu  Perusahaan Pengolahan Limbah Industri  milik swasta terbesar Indonesia dengan jabatannya saat ini sebagai  Manager pengolahan limbah cair. Selain itu juga beliau pernah menjabat dibeberapa perusahaan terkemuka spesialis untuk bidang limbah dan utilitas dengan total pengalaman berkarir sudah lebih dari 15 tahun, seperti: PT Intan Prima Tani, PT Kiani Kertas, PT Riau Andalan Pulp and Paper dan PT Inti Indorayon Utama. Beberapa perusahaan yang pernah beliau tangani baik untuk Training, Bimbingan Teknis dilapangan ataupun Konsultasi seperti: PT. Mata Pelangi Chemindo, PT. Coca Cola Indonesia, PT. SIKA Indonesia, PT. Futami Food & Baverages PT. Santos, BLH Kota Balikpapan dan lain sebagainya.

INVESTASI

  • Rp5.250.000 (Jakarta/Yogyakarta/Bandung/Bogor/Surabaya)
  • Rp 6.000.000 (Bali/Lombok/Balikpapan)

DURASI
2 hari (14 Jam)

FASILITAS
Sertifikat, Modul (soft & hard copy), Training Kit (Tas Jinjing, Blocknote, Ballpoint), Jacket, Lunch, 2x Coffee Break/hari, dan foto bersama serta diselenggarakan di hotel berbintang.

INFORMASI & PROMO
Hub : 021 – 756 3091

Fax : 021 756 3291

CONTACT PERSON
0813 8280 7230, 0877 8868 8235

JADWAL TRAINING WASTEWATER TREATMENT SERIES (TROUBLESHOOTING SEQUENCE BATCH REACTOR) SBR TAHUN 2017:

  • 27-28 November 2017 Surabaya
  • 14-15 Desember 2017 Bandung

JADWAL TRAINING WASTEWATER TREATMENT SERIES (TROUBLESHOOTING SEQUENCE BATCH REACTOR) SBR TAHUN 2018:

  • 15-16 Januari 2018 Bandung
  • 12-13 Februari 2018 Surabaya
  • 12-13 Maret 2018 Jakarta
  • 19-10 April 2018 Yogyakarta
  • 14-15 Mei 2018 Bogor
  • 11-12 Juni 2018 Surabaya
  • 9-10 Juli 2018 Bandung
  • 13-14 Agustus 2018 Surabaya
  • 12-13 September 2018 Jakarta
  • 8-9 Oktober 2018 Yogyakarta
  • 12-13 November 2018 Bogor
  • 10-11 Desember 2018 Surabaya

Share this post

Post Comment