Training Safety Laboratory Microbiology (20-22 November 2017 Jakarta)

Training Safety Laboratory Microbiology (Kesehatan dan Keselamatan Kerja Laboratorium Mikrobiologi) – Melihat tingkat kecelakaan kerja akhir-akhir ini merupakan teguran nyata untuk kita semua para praktisi di dunia perindustrian. Salah satunya industry yang di dalam kegiatan aktifitas operasinya terdapat laboratorium yang berperan dalam mensupport proses kerja yang ada. Oleh karenanya penting untuk diperhatikan hal-hal yang dapat menyebabkan resiko bahaya. Dalam hal ini, berdasarkan study yang dilakukan para ahli bahaya pada lab mikrobiologi berpotensi lebih besar dari resiko bahaya di lab kimia. Sumber daya manusia laboratorium yang bekerja didalam lab mikrobiologi sangat mungkin bisa terinfeksi atau terkontaminasi oleh kultur bakteri saat isolasi, selain itu ada juga bahaya tambahan dari reagen kimia yang digunakan.

Dalam sebuah survey ada beberapa kasus yang telah terdokumentasikan, bahwa banyak ditemukan beberapa sumber daya manusia laboratorium yang tertular penyakit (terkontaminasi) akibat pekerjaan mereka. Perkiraan yang ada, sekitar 20% dari kasus kecelakaan tersebut terjadi karena insiden lain, tapi sisanya di kaitkan dengan kesalahan keamanan saat bekerja di laboratorium mikrobiologi. laboratorium mikrobiologi adalah lingkungan yang unik dan kompleks yang sangat memerlukan keahlian memadai, praktik khusus dan fasilitas keamanan mendukung keamanan bekerja di laboratorium mikrobiologi dari seluruh resiko yang ada. Tiga unsur utama keamanan yaitu: kontaminasi mikroorganisme, teknik praktikum laboratorium yang baik dan benar, peralatan keselamatan, dan desain fasilitas.

MAKSUD & TUJUAN

Dalam program Training Safety Laboratory Microbiology  ini diharapkan setelah peserta menyelesaikan pelatihan mampu:

  • Mendesign dan Merencanakan Program Pengelolaan Laboratorium Mikrobiologi yang sehat dan aman.
  • Menguasai Akomodasi lingkungan Laboratorium Mikrobiologi yang aman sesuai standar: Tata Ruang, Sistem Sanitasi, Sirkulasi Udara, Tekanan dan RH Ruangan.
  • Menguasai dan Memahami konsep dasar dan perlakuan dalam laboratorium mikrobiologi sesuai standar kesehatan dan keselamatan kerja.
  • Peserta mengetahui sebab dan alasan perlu dilakukannya kesehatan dan keselamatan kerja di laboratorium mikrobiologi.
  • Peserta mampu merencanakan k3 laboratorium mikrobiologi yang efektif, mampu mengendalikan program k3 dan bisa mensosialisasikan nya untuk menciptakan budaya safety di lingkungan microbiology

Bahan Ajar

  • Pengantar good laboratory practices.
  • Laboratory design dan proses safety pada laboratorium mikrobiologi.
  • Manajemen resiko dan penilaian resiko
  • Audit laboratorium mikrobiologi
  • Klasifikasi dan penggolongan mikroba berdasarkan penularan, penyebaran dan virulensinya.
  • Penanganan biosafety
  • Pencegahan dan penanganan kecelakaan: perencanaan k3, sosialisasi, implementasi, monitoring dan pengendalian kesehatan keselamatan kerja laboratorium mikrobiologi.
  • Pelaporan dan dokumentasi kesehatan keselamatan kerja laboratorium mikrobiologi.

METODE PELAKSANAAN

Training Safety Laboratory Microbiology ini menggunakan metode interaktif, dimana peserta dikenalkan pada konsep, diberikan contoh aplikasinya, berlatih menggunakan konsep, mendiskusikan proses dan hasil latihan

PESERTA YANG DIREKOMENDASIKAN

Program Training Safety Laboratory Microbiology ini sangat dianjurkan diikuti oleh praktisi yang bergelut di penanganan dan pengolahan laboratorium mikrobiologi, baik dari level analis, penyelia, staff, kepala laboratorium, hingga manajer dan semua pihak yang bertanggung jawab terhadap program k3, kebijakan dan pengelolahan k3 di laboratorium mikrobiologi secara yang terlibat secara langsung maupun tidak.

PROFIL PENGAJAR

Ir. Matheus Nugroho MP & Team

Latar belakang pendidikan beliau adalah Master of Science, Agriculture Technology Brawijaya University, Malang. Senior Trainer dan Konsultan BMD Street Consulting ini terdaftar sebagai Auditor dan bersertifikasi IRCA. Beliau mempunyai pengalaman lebih dari 10 tahun untuk bidang ISO (ISO 9001, ISO 14001, ISO 22000, CSR ISO 26000), Food Safety System (HACCP), Kesehatan dan Keselamatan Kerja (SMK3 OHSAS 18001, First Aid, Fire Fighting, Basic Safety, MSDS, Laboratory Safety, Microbiology Safety dan masih banyak lagi lainnya) dan Productivity. Selain itu juga pernah aktif mengajar sebagai dosen di Universitas Yudharta Pasuruan. Beberapa perusahaan yang pernah di tangani baik sebagai Trainer ataupun Konsultan yaitu: PT. Pupuk Kaltim, PT. Petrokimia Gresik, PT. Sorini Agro Asia Corporindo Tbk, PT.  Bukit Asam Sumatera Selatan, PT.  PQ Silica Corporation Sier-Pasuruan, PT. Carrefour, PT. Nata De Coco Syrup Singosari-Malang, Multi Spunindo Jaya-Sidoarjo, PT Star Energy, PT. Gobel Dharma Sarana Karya, PT. Leighton Contractors Indonesia, PT. Pahala Bahari Nusantara, PT Meidoh Indonesia, PT. Teknindo Geosistem Unggul, RSI Siti Aisyah Madiun, RSU ‘A’ Ponorogo, RS PKU Muhammadiyah Sekapuk, RSM Siti Khadijah Gurah, RSM Jombang, RSUA Diponegoro Ponorogo, RSIA Aminah, RSM Ahmad Dahlan, RSIA PKU Muhammadiyah Rogojampi, RSI Fatimah Banyuwangi, RS UMM, RS Muhammadiyah Bandung Tulung Agung, RSI Hasanah, RS Muhammadiyah Gresik, RS Aisyiyah Bojonegoro, RSIM Sumberrejo, RSM Lamongan, RSAB Muhammadiyah Tuban, RSM Surabaya, RSUM Surya Melati Kediri, RS Fatimah Tulangan, RSM Babat, RSI Aisyiyah Nganjuk, PT. Samboja Prima Coal, PT. Mahakam Jaya Perkasa, PT Pertamina Hulu Energi ONWJ, PT Onamba Indonesia, PT Kaltim Pasifik Amoniak dan lain sebagainnya.

DURASI

3 Hari (Efektif 14 Jam: 09.00-16.00)

INVESTASI

  • Rp 6.000.000/peserta (jakarta/bogor/bandung/yogyakarta/surabaya)
  • Rp 6.250.000/peserta (bali/lombok/Medan/Makasar/Batam)

PROMO: Dapatkan promo discount atau cash back up to Rp 1.000.000*/peserta (*persyaratan dan ketentuan berlaku) informasi lebih lanjut hubungi kontak kami.

FASILITAS

Sertifikat, Modul (Soft dan Hardcopy), Training Kit (Tas Jinjing, Tas Ransel, Blocknote, Ball Point), Jacket, Lunch, Coffee Break dan foto bersama seluruh peserta.

INFORMASI DAN PROMO

Hub      : 021 – 756 3091
Fax       : 021 – 756 3291

CONTACT PERSON

0813 8280 7230, 0877 8868 8235

JADWAL TRAINING SAFETY LABORATORIUM MIKROBIOLOGI 2017 :

  • 20-22 November 2017 Jakarta
  • 18-20 Desember 2017

REFERENSI:

  1. PT. Biofarma
  2. BMD Laboratory

TESTIMONIAL

  • “Saya senang bisa mengikuti Training Lab Safety Microbiology ini. karena menambah pengetahuan saya tentang Keselamatan Kerja di Laboratorium Microbiologi.” Satia Permana, PT. Biofarma

Lab safety microbiology

Share this post

Post Comment