Training Pembuatan dan Aplikasi Lembar Keselamatan Bahan Kimia Material Safety Data Sheet (MSDS) (18-19 Desember 2017 Surabaya)

PENGANTAR

Training Pembuatan MSDS – Material Safety Data Sheet yang lebih akrab dengan sebutan MSDS adalah informasi yang berisi terkait dengan sifat kimia dan fisika dari suatu zat kimia/produk, yang mencangkup cara/prosedur penyimpanan, penanganan, pemakaian, cara pembuangan limbah zat kimia, penanganan K3 dan dampak terhadap lingkungan sekitar. Pada umumnya MSDS digunakan sebagai acuan atau protol kesehatan dan keselamatan kerja yang diaplikasikan secara luas di dalam laboratorium, perindustrian, jasa pengiriman/logistic serta pihak-pihak lain yang berkepentingan, dimana kegiatan sehari-harinya bekerja dengan menggunakan zat kimia.

Dilain sisi banyak MSDS yang kita dapatkan pada saat kita membeli zat kimia dari supplier produk kimia tidak lengkap ataupun tidak memenuhi standar. Tentunya dalam kondisi seperti menjadi masalah sendiri bagi para konsumen (laboratorium, perindustrian etc), mengingat kelengkapan data yang ada pada MSDS sangat diperlukan sebagai dasar penanganan zat kimia, untuk menjaga kesehatan dan keselamatan kerja.

Banyak dampak negative dan resiko apabila zat kimia tidak dilengkapi MSDS yang sesuai standar, oleh karena itu hal ini menjadi kebutuhan mendesak bagi para penggunan zat kimia, dan diharapkan apabila tidak menemukan MSDS di zat kimia/produk yang dihasilkan bisa membuat sendiri MSDS yang lengkap serta sesuai dengan standar yang berlaku.  Dalam kesempatan yang baik ini sebagai laboratory consultant yang sudah sangat berpengalaman dalam membuat MSDS dan menangani zat/produk kimia BMD Street Consulting bermaksud menyelenggarakan program Training Pembuatan MSDS yang sangat penting di ikuti untuk menjaga situasi dan kondisi aman dalam setiap pekerjaan yang dilakukan, terutama yang berhubungan dengan zat-zat kimia.

MAKSUD & TUJUAN

Dalam program Training Pembuatan MSDS – Material Safety Data Sheet dimaksud kan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman yang memadai terkait dengan penanganan zat/produk kimia yang berbahaya yang beresiko terhadap keselamatan dan kesehatan semua pihak yang terlibat, dan juga lingkungan sekitarnya, baik untuk kebutuhan eksport zat/bahan/produk maupun kebutuhan lainya. Dan diharapkan dengan telah menyelesaikan program Training Pembuatan MSDS ini diharapkan peserta mampu:

  • Mengetahui dan memahami kriteria, macam-macam symbol dari sifat-sifat zat kimia
  • Mengetahui secara teknis dan pendokumentasian terkait dengan penanganan zat/bahan/produk kimia berbahaya, baik dari sisi kesehatan dan keselamatan kerja (K3) maupun terhadap dampak terhadap lingkungan.
  • Mampu merencanakan sekaligus membuat data MSDS yang benar sesuai dengan standar, baik keperluan penjualan, ekspor, maupun pengiriman zat/barang/produk hasil produksi.

BAHAN AJAR

  • Macam dan berbagai model MSDS
  • Mengenal jenis simbol bahaya: Eropa. PBB (United Nation), NFPA (National Fire Assosiation) dan GHS (Global Harmonized Syatem)
  • Rincian MSDS: identifikasi bahan kimia, komposisi bahan kimia, potensi bahaya, pertolongan pertama pada kecelakaan, tindakan penanggulangan kebakaran, tindakan penanganan kebocoran/tumpahan, penanganan dan penyimpanan, pengendalian paparan dan alat pelindung diri, sifat fisika dan kimia bahan, stabilitas dan reaktifitas bahan, informasi toksikologi, Informasi ekologi, pembuangan limbah, peraturan dan perundang-undangan.
  • Praktek pembuatan MSDS versi Indonesia
  • Praktek pembuatan MSDS kebutuhan eksport

METODE PELAKSANAAN

Dalam program Training Pembuatan MSDS ini menggunakan metode aplikatif dan interaktif, dimana selama pelatihan berjalan terdiri dari 40% Teori, 35% Praktek, 25% presentasi, evaluasi, study kasus dan diskusi kelompok.

SIAPA PESERTA YANG HARUS IKUT..??

Manajer teknis laboratorium, manajer mutu laboratorium, analis, penyelia laboratorium, petugas admin lab, laboran, chemistry dan seluruh pihak yang terlibat langsung maupun tidak dalam penanganan zat/bahan/produk  ataupun kimia berbahaya.

INSTRUKTUR AHLI

Sri Purwadi, ST, MK3

Tenaga ahli dengan latar belakang praktisi, dan juga dengan pendidikan Magister Kesehatan dan Kesalamatan Kerja (MK3) tidak perlu di sangsikan lagi kompetensi keahlianya di bidang Kesehatan, Keselamatan Kerja dan Lingkungan (K3L). Berpengalaman sebagai praktisi sudah lebih dari  12 tahun di mulai dari menjabat sebagai  HSE Coordinator PT.Hi-Tech Agratektron Sempurna c/o EPCOS Ltd-Batam, SPV Safety di PT.Britoil Offshore Indonesia-Batam, EHS Senior Engineer Amoco Mitsui PTA Indonesia (BP Petrochemical Plant), hingga menjadi HSE Specialist di salah satu perusahaan Oil and Gas terbesar milik amerika. Skill dan kompetensi yang beliau kuasai diantaranya: ISO 14001, OHSAS 18001, UKL&UPL, Proper, SMK3, Industrial Hygiene, CSMS (Contractor Safety Management System), FSWP (Fundamental Safe Work Practice), Hazop, PSM, Risk Assestment, Permit to Work, Fire Fighting, First Aid, Chemical Handling dan lain-lain. Di antara perusahaan yang pernah di tangani yaitu: PT.Commenwealth Steel Cilegon, PT.PLTGU–PLN Cilegon, PT.BCS-Cilegon, PT.Agung Concern, Vico-Badak, PT.Krakatau Engineering Cilegon, PT Rembilan Boga Sejati, V Hotel, PT. Artha Migas, Hotel Santika premiere Hayam wuruk, PT Sewatama Investama, PT Surveyor Indonesia, PT. Cipta  Jaya Sejahtera Abadi, ANTAM, PT. Transavia Otomasi Pratama, PT. Putra Perkasa Abadi, PDAM Tirta Pakuan Bogor, PT. Indonesia Power Semarang, PT. Tanker Samudra Mandiri, Green School International Bali, Space Beach  Club Bali, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, PT Adya Graha Kencana, PT Tiga Ratu Berjaya, Spice Beach Club Bali, Poltekkes kemenkes Yogyakarta, PT. Adhya Graha Kencana, PT Tiga Ratu Berjaya, RS NU Jombang, PT. Smart Tbk, PT Pradipa Pest Control, PT Biniris Asia Pratama, PT.Ikari Shodoku Indonesia, PT Top Food Indonesia, PT Nutrifood Indonesia, PT. Perkebunan Nusantara VIII, PT Chandra Inovasi Persada Tri Abadi, PT. Prima Cipta Sentosa, PT Pancinesia Chemical Industry, FK-TSP Kab. Tanah Bumbu, PT Pupuk Kaltim dan masih banyak lagi lainnya.

Tim Ahli Lainnya:

  1. Sujarwo, S.si
  2. Andreas, S.si

INVESTASI

  • Rp 5. 000.000,00/peserta (jakarta, bogor, bandung, yogyakarta, surabaya)
  • Rp 6.000.000,00/peserta (bali,, lombok, balikpapan)

DURASI

2 Hari (Efektif 14 Jam: 09.00-16.00)

FASLILITAS

Sertifikat, Modul (soft & hard copy), Training Kit (Tas Jinjing, Blocknote, Ballpoint), Jacket, Lunch, 2x Coffee Break, diselenggarakan di hotel berbintang.

INFORMASI DAN PROMO

Hub      : 021 – 756 3091
Fax       : 021 – 756 3291

CONTACT PERSON

0813 8280 7230, 0877 8868 8235

JADWAL TRAINING PEMBUATAN MSDS 2017:

  • 18-19 Desember 2017 Surabaya

JADWAL TRAINING PEMBUATAN MSDS 2018:

  • 15-16 Januari 2018 Jakarta
  • 12-13 Februari 2018 Bali
  • 12-13 Maret 2018 Bandung
  • 19-10 April 2018 Yogyakarta
  • 14-15 Mei 2018 Bogor
  • 11-12 Juni 2018 Surabaya
  • 9-10 Juli 2018 Jakarta
  • 13-14 Agustus 2018 Bali
  • 12-13 September 2018 Bandung
  • 8-9 Oktober 2018 Yogyakarta
  • 12-13 November 2018 Bogor
  • 10-11 Desember 2018 Surabaya

REFERENSI:

  1. PT. Nusantara Parkerezing
  2. RS Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar
  3. PT. Jasco Chemicals Indonesia
  4. PT. Knauf Gypsum Indonesia
  5. The Japan Chee-Bee Chemical
  6. PT. Sucofindo Cibitung
  7. Badan Pengendalian Dampak Lingkungan (Bapedal) Aceh
  8. PT. ANTAM (Persero) Tbk.
  9. PT. San Central Indah
  10. Baristan Industri Pontianak
  11. PT. Sparta Prima
  12. PT. Mulya Adhi Paramita
  13. PT. Kansai Paint Indonesia
  14. PT Adika Jaya
  15. PT Toyo Ink Indonesia
  16. PT Jasco Chemicals Indonesia
  17. PT Satu Nusa Biru
  18. PT Pupuk Kaltim

TESTIMONIAL :

  • “Cara penyampaian materi sangat baik”. Indah Zulfa Medina, Staff PT. Jasco Chemicals Indonesia.
  • “Setelah saya mengikuti training ini banyak ilmu dan informasi yang saya dapatkan baik dari trainer maupun dari sesama peserta. trainingnya sangat membantu saya dalam membuat MSDS” Nurmalia M. Analis, Badan Pengendalian Dampak Lingkungan (Bapedal) Aceh
  • “Training ini sangat baik dan berguna sekali bagi perusahaan kami dan personelnya. terima kasih BMD Street Consulting atas pelatihannya” Muhammad Musa, Chemist PT. Sucofindo Cibitung
  • “Setelah mengikuti training MSDS ini saya lebih mengerti dan mengetahui bahwa MSDS sangat penting, karena memberikan data yang akurat bagi pemakai barang/material dari segi bahan, kandungan dan cara – cara penanggulangan hazard dari bahan/material tersebut”. Romy Nomba, Chemical Laboratory Monitoring Supervision – PT. ANTAM (Persero) Tbk.
  • “Mendapatkan pengalaman ilmu yang sangat bermanfaat terkait dengan materi yang di sampaikan oleh trainer yang berpengalaman.” Teguh Mahendra, Manager Produksi-PT Satu Nusa Biru.

 

Share this post

Post Comment