Training Kalibrasi Massa, Suhu, dan Tekanan (Neraca, Termometer dan Presure Gauge) (20-22 November 2017 Serpong)

PENGANTAR

Secara prinsip kalibrasi merupakan proses verifikasi yang dilakukan untuk memastikan bahwa suatu akurasi alat ukur sesuai dengan rancangan dan fungsinya. Teknik kalibrasi dilakukan dengan membandingkan suatu standar yang terhubung dengan standar nasional maupun internasional dan bahan-bahan acuan tersertifikasi. Dalam penerapan sistem manajemen kualitas memerlukan sistem pengukuran yang efektif, termasuk di dalamnya kalibrasi formal, periodik dan terdokumentasi, untuk semua perangkat pengukuran.

Persyaratan kalibrasi ini secara kontekstual termaktub dalam persyaratan sertifikasi ISO 9001 (sistem manajemen mutu) dan persyaratan akreditasi SNI ISO/IEC 17025 (sistem manajemen laboratorium pengujian dan kalibrasi). Hal inilah yang mewajibkan setiap organisasi mana yang menerapkan kedua standar tersebut wajib mengkalibrasi alat-alat ukur yang di milikinya sebagai bentuk jaminan mutu. Salah satu paramater pengukuran yang penting untuk di kalibrasi adalah massa, suhu dan tekanan. Dalam aplikasi kalibrasi massa, suhu dan tekanan umumnya yang dikalibrasi adalah neraca, termometer dan presure gauge.

MAKSUD & TUJUAN

Setelah menyelesaikan program ini di harapkan peserta mampu:

  1. Paham dan mengetahui prinsip dasar serta konsep utama dalam proses kalibrasi massa, suhu dan tekanan
  2. Memahami dan mengetahui teknik kalibrasi alat ukur Massa, Suhu, dan Tekanan sesuai dengan metode standar dan prosedur yang berlaku nasional/internasional
  3. Bisa melakukan teknik kalibrasi alat ukur Massa, Suhu dan Tekanan
  4. Bisa menganalisa hasil kalibrasi dan melakukan perhitungan estimasi ketidakpastian terhadap hasil ukur kalibrasi.
  5. Mampu menganalisa dan menilai rentang kesalahan (penyimpangan) alat ukur termasuk batas toleransi yang telah di tentukan oleh standar, di mana dengan hasil tersebut ketelitian hasil ukuran sebuah alat bisa di ketahui.
  6. Peserta mengetahui dan bisa membaca atau membuat laporan hasil kalibrasi /sertifikat kalibrasi.

MODUL

  1. Pengantar konsep kalibrasi kalibrasi dan estimasi ketidakpastian terhadap hasil pengukuran berdasarkan ISO 9001 dan ISO/IEC 17025
  2. Konsep neraca (timbangan dan anak timbangan) dan alat ukur (suhu dan tekanan)
  3. Metode standar dan prosedur teknik kalibrasi  (massa, suhu dan tekanan)
  4. Formulasi rumus dalam excel untuk menganalisa data kalibrasi.
  5. Teknik membuat laporan sesuai dengan standar ISO/IEC 17025.
  6. Case study, diskusi interaktif dan konsultasi
  7. Tips dan trik

REKOMENDASI PESERTA

Manajer Teknis/Mutu laboratorium, teknisi, petugas internal kalibrasi, Dept QA/QC/RnD, Dept Utilitas dan semua pihak yang terlibat langsung maupun tidak dalam kegiatan kalibrasi di perusahaan.

METODE PELAKSANAAN

  • Presentasi teori
  • Simulasi praktek
  • Latihan pengolahan data
  • Diskusi interaktif
  • Konsultasi

TEAM PENGAJAR

Remi Ramdani & Partner. Beliau adalah salah satu senior associated trainer & consultant BMD Group yang sudah sangat berpengalaman sebagai praktisi laboratorium kalibrasi lebih dari 15 tahun. Latar belakang pendidikan beliau adalah Akademi Instrumentasi dan Metrology AIM-KIM LIPI, Jurusan Instrumentasi Elektronika FMIPA-Universitas Indonesia dam Physics Majoring Instrumentation Electronical. Sebelum terjun menjadi trainer & konsultant kalibrasi sebelumnya beliau pernah menjabat sebagai Manajer Teknis PT Caltesys Indonesia, PT. Trikarsa Indoinstrument integritas dan PNS di Puslit KIM-LIPI. Kompetensi yang beliau miliki pada bidang teknis pengukuran dan Kalibrasi diantaranya untuk: alat ukur massa, timbangan elektronik dan anak timbangan, Kalibrasi alat ukur tekanan dengan media oli dan gas (DWT, Test Gauge tabung bourdon, manometer digital, transduser tekanan, Transmitter Tekanan). Project yang pernah beliau jalani diantaranya dengan PPML Akademi Instrument Metrologi, KIM-LIPI Divisi pengembangan dan pelatihan, Proyek JIKA (instalasi peralatan laboratorium di 45 kota di indonesia), Instalasi Instrument Universitas Mulawarman, JBIC, BPPI, BLK, PU dan masih banyak lagi lainnya. Serta diantara perusahaan yang pernah beliau berikan bimbingan dalam melakukan kalibrasi sesuai standar ISO/IEC 17025 yaitu: PT Spektris Metalab, Laboratorium Olah Raga Universitas Negeri Semarang, PT Hexpharm Jaya, PT Mondelez Indonesia, PT Asia Pacific Fibers Karawang, PT Akebono Brake Astra Indonesia, PT Dowa Thermotech Indonesia, BMD Laboratory, Politeknik Negeri Malang, PT. Kalbe Farma, PT. Sucaco, Bakrie pulp Industrie, PT. Akebono Brake Astra Indonesia, PT.PAL Indoensia, PT. Sri Trang Lingga Indonesia, POLITEKNIK Negeri Malang, PT. Pupuk Kujang, PT. Pupuk Kujang, Politeknik Negeri Malang, PT. Sri Trang Unggul Indonesia, PT. Kino Indonesia, Tbk, PT. Kino Indonesia, Tbk, PT.Kraft Ultra Jaya, PT. Timah, PT. Petrolab, PT. Indah Kiat-Perawang dan masih banyak lagi lainnya.

DURASI

3 Hari (Efektif 21 Jam: 09.00-16.00)

INVESTASI

Rp 7.500.000,00/peserta

FASILITAS

Sertifikat, Modul (Soft dan Hardcopy), Training Kit (Tas Jinjing, Tas Ransel, Blocknote, Ball Point), Jacket, Lunch, Coffee Break dan foto bersama seluruh peserta.

INFORMASI DAN PROMO

Hub      : 021 – 756 3091
Fax       : 021 – 756 3291

CONTACT PERSON

0813 8280 7230, 0877 8868 8235

JADWAL TRAINING KALIBRASI MASSA, SUHU DAN TEKANAN TAHUN 2017

  • 20-22 November 2017 Serpong
  • 13-15 Desember 2017  Serpong

JADWAL TRAINING KALIBRASI MASSA, SUHU DAN TEKANAN TAHUN 2018

  • 15-17 Januari 2018 Bandung
  • 19-21 Februari 2018 Surabaya
  • 19-21 Maret 2018 Jakarta
  • 16-18 April 2018 Bandung
  • 21-23 Mei 2018 Surabaya
  • 18-20 Juni 2018 Jakarta
  • 16-18 Juli 2018 Bandung
  • 13-15 Agustus 2018 Surabaya
  • 17-19 September 2018 Jakarta
  • 15-17 Oktober 2018 Bandung
  • 21-23 November 2018 Surabaya
  • 17-19 Desember 2018 Jakarta

REFERENSI

  1. Politeknik Negeri Malang
  2. BMD Laboratory
  3. PT Bumi Sarimas Indonesia

TESTIMONI

  • “Materi pelatihan berhubungan sekali dengan pekerjaan dan sesuai kebutuhan, trainer memberikan materi dengan jelas dan baik.” Rilla Agustina-Pranata Laboratorium Pendidikan, Politeknik Negeri Malang.
  • “Training dilaksanakan dengan baik, pemateri komunikatif, staff sangat banyak memberikan bantuan serta fasilitas yang diberikan sudah baik.” Lia Agustin-ranata Laboratorium Pendidikan, Politeknik Negeri Malang.
  • “Sangat bermanfaat bagi saya, dikarenakan ini adalah pertama kali saya mengetahui tentang adanya ketidakpastian dalam pembacaan dan langsung memahaminya.” Hermawan Than, SPV – PT Bumi Sarimas Indonesia
  • “Semoga dengan adanya training ini akan lebih menambah ilmu pengetahuan saya untuk melaksanakan pekerjaan-pekerjaan sehari hari.” Muhamad Tanto, SPV – PT Bumi Sarimas Indonesia
  • “Materi pelatihanya sangat bagus, cara penyampaianya juga bagus agar pelatihan ini juga diberikan kepada personil yang lainya.”Zarly Nazar, SPV – PT Bumi Sarimas Indonesia

Share this post

Post Comment