Training Mikrobiologi Dasar – Pengembangan dan Pengolahan Dasar Laboratorium Microbiology (22-24 November 2017 Serpong)

LATAR BELAKANG

Salah satu dasar yang harus diketahui sebelum memulai aktifitas dilaboratorium mikrobiologi adalah sejauh mana sumber daya terkait paham akan penanganan, pengolahan dan pengembangan laboratorium yang baik. Saat ini banyak rujukan standar yang bisa kita temukan dari GLP, ISO/IEC 17025, ISO 9001 dan lain sebagainya. Beberapa faktor utama yang mempunyai peran penting dalam penanganan semua itu salah satunya mencakup seperti: Personil, Kondisi Akomodasi dan Lingkungan, Metoda Pengujian, metoda kalibrasi dan validasi Metoda, Peralatan, Ketertelusuran Pengukuran, Penangan barang yang di Uji , Jaminan Mutu hasil Pengujian dan Pelaporan Hasil.

Sama seperti halnya laboratorium pengujian, penting bagi para seluruh sumber daya laboratorium agar bisa dan mampu dalam melakukan aktifitas pengujian dan kegiatan lainnya yang benar. Namun disisi lain berbeda dengan laboratorium kimia dan sejenis, ada beberapa hal penting terkait dengan perlakuan dan penangan untuk laboratorium mikrobiologi yang tidak sama dengan laboratorium uji kimia. Oleh karenanya hal ini menuntut wajib bagi para pengembang laboratorium mikrobiologi untuk memberikan pengetahuan dan kemampuan kepada sumber daya yang ada terkait dengan sistem manajemen, teknis dan sistem dokumentasi pengerjaan laboratorium yang benar berdasarkan standar dan disiplin ilmu yang berlaku, salah satunya yang terkait dengan dasar penanganan dan pengolahan laboratorium mikrobiologi.

Training Dasar Dasar Pengelolahan dan Penanganan Laboratorium Mikrobiologi yang dikembangkan oleh para Tim Ahli BMD Street Consulting ini sangat dianjurkan ikuti oleh personil laboratorium terutama yang berkecimpung langsung di laboratorium mikrobiologi. Dimana dalam program pelatihan ini akan dibahas secara mendetail dan spesifik terkait dasar-dasar pengolahan dan  penanganan mikrobiologi termasuk apa saja yang harus di ketahui dan dipersiapkan dalam membangun sebuah laboratorium mikrobiologi hingga sampai dengan teknis pelaksanaan pengujian dan sistem dokumentasi pelaporanya. Sehingga sebuah laboratorium siap dan teruji kualitasnya karena telah terjamin dari sisi mutu dan kompetensi sumber dayanya.

MANFAAT & TUJUAN

Dalam program Training Dasar Pengelolahan dan Penanganan Laboratorium Mikrobiologi ini diharapkan setelah peserta menyelesaikan pelatihan mampu:

  • Mendesign dan Merencanakan Program Pengelolaan Laboratorium Mikrobiologi
  • Menguasai Akomodasi lingkungan Laboratorium Mikrobiologi: Tata Ruang, Sistem Sanitasi, Sirkulasi Udara, Tekanan dan RH Ruangan.
  • Menguasai dan Memahami konsep dasar dan perlakuan dalam laboratorium mikrobiologi
  • Memahami Teknik preparasi sedian media, mikroba dan pengujian sample analisa mikrobiologi
  • Mampu Merencanakan dan Membuat Sistem Dokumentasi serta pelaporan data hasil pengujian laboratorium mikrobiologi yang tepat guna.
MATERI PEMBAHASAN

Dalam Training Dasar Pengelolahan dan Penanganan Laboratorium Mikrobiologi ini Paket program yang kami tawarkan diantaranya akan membahas beberapa subpokok materi pembahasan, diantaranya yaitu:

  1. Pengantar Ilmu Mikrobiologi
  2. Prinsip-prinsip dasar pengelolaan dan penanganan laboratorium mikrobiologi
  3. Sistem dokumentasi laboratorium mikrobiologi
  4. Penanganan dan Kompetensi wajib yang harus dikuasai oleh sumber daya laboratorium
  5. Sistem Hygiene serta Sanitasi personal dan ruangan laboratorium mikrobiologi
  6. Sistem Tata Ruang Laboratorium Mikrobologi
  7. Klasifikasi mikroba, bakteri, virus dan senyawa sejenisnya
  8. Preparasi Pengujian Mikrobiologi: pembuatan sedian media agar (pertumbuhan dan regenerasi mikroba), pembuatan inokulum, pembuatan dan proses inokulasi mikroba.
  9. Verifikasi sistem dan metode pengujian mikrobiologi (kondisi alat, chemical yang digunakan, reagent dan lain sebagainya)
  10. Penanganan Sample Uji dan Validasi
  11. Pembuatan Record dan Pelaporan Laboratorium Mikrobiologi
  12. Tips dan Trik Pembuatan dan Pengelolaan Sistem Mikrobiologi yang efektif dan tepat guna
METODE PELAKSANAAN
Dalam program Training Dasar Pengelolahan dan Penanganan Laboratorium Mikrobiologi ini  menggunakan metode aplikatif dan interaktif, dimana selama pelatihan berjalan terdiri dari presentasi ilmiah, praktikum, simulasi pengolahan data serta simulasi evaluasi hasil pengujian baik menggunakan gambar/video dan data demonstrasi, study kasus dan diskusi kelompok.
PESERTA YANG DIANJURKAN
Pada Training Mikrobiologi Dasar ini sangat direkomendasikan bagi mereka yang berkecimpung secara langsung di laboratorium mikrobiologi dari tingkat laborant, analis, kepala lab, Spv Lab, Manager Lab, QA/QC Laboratorium Spv and Manager, serta semua pihak yang terlibat langsung ataupun tidak dalam pengelolahan laboratorium mikrobiologi
INSTRUKTUR

Dr. Linar Zalinar Udin & team

Pendidikan beliau dimulai dengan menyelesaikan  program S1 di Universitas Padjajaran Bandung bidang studi Biokimia dilanjutkan program S2 di Institut Teknologi Bandung bidang studi Biologi Molekular dan S3 untuk bidang studi Biologi Molekular di Institut Teknologi Bandung. Karir emas beliau sebagai Kepala PUSLIT Kimia-LIPI, Kepala Bidang Bahan Alam Pangan dan Farmasi PUSLIT Kimia-LIPI, Kepala Balai LITBANG Kimia Dasar P3KT-LIPI dengan total lama pengalaman lebih dari 25 tahun. Beberapa penilitian yang sudah pernah beliau lakukan Biosintesis antikanker dari mikroba endofitik keladi tikus, Biosintesis antikanker dari tumbuhan potensial Indonesia, Eksplorasi dan aplikasi bioinformatika sekuen primer protein, Studi interaksi DNA-Protein, Biosintesis poliglutamat secara fermentasi, Studi VHB dan VHC secara PCR dan Biosintesis antibiotika beta laktam secara fermentasi dan masih banyak lagi lainnya. Selain itu juga beliau banyak terlibat menjadi narasumber dan pembicara dalam berbagai kegiatan seminar/kuliah tamu dan pertemuan ilmiah dalam dan luar negeri, dengan bukti nyata karya beliau yaitu total sudah menciptakan 10 paten mengenai Obat antikanker. Sebagai asosiated senior consultant dan trainer BMD Street Consulting diantara perusahaan dan institusi yang pernah beliau tangani yaitu: PT Bayer  Indonesia, PT Biofarma (persero), PT. Cinta Air minum,  PT. S n D Food Indonesia, Inter Continental Bandung Hotel, PT Biro Klasifikasi Indonesia, Lab Fakultas Farmasi Universitas Pancasila, Labkesda DKI Jakarta, UNAIR Banyuwangi, PT Unilever Indonesia, PT Chandra Inovasi Persada Tri Abadi, PD Jaya Sakti, PD Amindo Prima Sejahtera, PT Chandra Asri, PT Pertani (persero) UPA Indramayu dan masih banyak lagi

DURASI

3 Hari (Efektif 21 Jam: 09.00-16.00)
INVESTASI
Rp 6.250.000,00/peserta
PROMO: Dapatkan promo discount atau cash back up to Rp 1.000.000*/peserta (*persyaratan dan ketentuan berlaku) informasi lebih lanjut hubungi kontak kami

FASILITAS

Sertifikat, Modul (Soft dan Hardcopy), Training Kit (Tas Jinjing, Tas Ransel, Blocknote, Ball Point), Jacket, Lunch, Coffee Break, Foto bersama seluruh peserta. Untuk kelas teori dilaksanakan di meeting room, sedangkan untuk praktikum dilaboratorium pelanggan/LIPI (khusus in house atau pelaksanaan diserpong) atau simulasi dikelas.

INFORMASI DAN PROMO

Hub      : 021 – 756 3091
Fax       : 021 – 756 3291

CONTACT PERSON

0813 8280 7230, 0877 8868 8235
  • 22-24 November 2017 Serpong
  • 4-6 Desember 2017 Bandung
  • 27-29 Desember 2017 Serpong

JADWAL TRAINING DASAR DASAR MIKROBIOLOGI TAHUN 2018:

  • 8-10 Januari 2018 Bogor
  • 12-14 Februari 2018 Surabaya
  • 12-14 Maret 2018 Bandung
  • 9-11 April 2018 Yogyakarta
  • 14-16 Mei 2018 Bogor
  • 11-13 Juni 2018 Surabaya
  • 9-11 Juli 2018 Bandung
  • 13-15 Agustus 2018 Yogyakarta
  • 17-19 September 2018 Bogor
  • 8-10 Oktober 2018 Surabaya
  • 12-14 November 2018 Bandung
  • 10-12 Desember 2018 Yogyakarta

REFERENSI:

  1. Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada (UGM)
  2. Kantor Kesehatan Pelabuhan II Bandara Soekarno Hatta Cengkareng
  3. PT. Biofarma, Bandung
  4. PT Unilever Indonesia, Tbk

TESTIMONIAL :

  • “Setelah mengikuti Training ini saya sangat senang sekali, karena menambah ilmu pengetahuan saya tentang Pengembangan dan Pengolahan Dasar Laboratorium Microbiology dan fasilitas yg diberikan menyenangkan. Terima kasih BMD Street Consulting Trainingnya sangat bermanfaat” Andi Ruswandi Operation Staff – PT. Biofarma.
  • “Materi sesuai dengan yang saya butuhkan, penyampaian materi cukup baik & sederhana praktis.” Yusman Gumilar, Micro Analyst- PT Unilever Indonesia, Tbk.
  • “Materi pembekalan cukup bagus, trainer kompeten, banyak sharing pengalaman dan tidak terlalu serius/membosankan.” Ade Riza Kurniawan, RMA-PT Unilever Indonesia, Tbk
  • “Materi pendukung untuk training ini sangat membatu dalam  pelaksanaan pekerjaan sehari hari dan juga pemberi materi sangat menguasai permasalahan  yang ada, baik secara teori maupun praktek di lapangan.” Widya Basuki, Microbiolgy Analysis-PT Unilever Indonesia, Tbk.
  • “Sangat menarik, trainer menyampaikan  dengan sangat menarik sehingga peserta yang hadir mudah mengerti, ilmu mikrobiologi yang didapatkan dari Ibu Linar.” Agustin Sri Andini, QC- PT Unilever Indonesia, Tbk.

Basic Micro-BMD

INH Mikrobiologi Dasar I

INH Mikrobiologi Dasar II (21-23 Feb)

INH Mikrobiologi III (28 Feb-2 Maret)

Share this post

Post Comment