BMD Street Consulting

  QHSE Training and Engineering Consultant

Konsultasi ISO 9001:2008

Tahapan program ISO 9001 2008 Consultancy (Quality Management System Consulting) / Sistem Manajemen Mutu adalah sebagai berikut:

 LATAR BELAKANG

Sebuah perusahaan dituntut untuk meningkatkan kinerjanya dalam memberikan jasa dan produk yang prima kepada pelanggan dan pemangku kepentingan (stakeholder). Untuk itu dalam memenuhi kepuasan pelanggan perusahaan tersebut  menetapkan dan mengimplementasikan suatu sistem manajemen mutu yang mengacu kepada suatu standar internasional yaitu ISO 9001:2008.

TUJUAN

  1. Membangun dan menerapkan sistem manajemen mutu sesuai dengan persyaratan ISO 9001:2008
  2. Membangun dan menerapkan Teknik Peningkatan Berkelanjutan untuk meningkatkan efisiensi kerja yang bermuara pada Mutu produk
  3. Mendapatkan sertifikasi ISO 9001:2008

RUANG LINGKUP

Cakupan dari Kerangka Acuan ini adalah:

  1. Pengembangan dan implementasi Sistem Manajemen Mutu berdasarkan persyaratan ISO 9001:2000
  2. Mendapatkan sertifikasi ISO 9001:2008

STRATEGI

Melalui komitmen dan kepemimpinan dari manajemen puncak dari organisasi, akan mampu membangun Sistem Manajemen yang didukung secara penuh oleh seluruh jajaran karyawannya.
Beberapa aspek yang penting dalam ISO 9001:2008 yang membutuhkan perhatian khusus antara lain:

  1. Kepuasaan Pelanggan dan metode mendapatkan umpan balik pelanggan
  2. Analisa Kinerja Sistem and aktifitas Tinjauan Manajemen
  3. Menetapkan dan mengukur pencapaian sasaran dan program Mutu dari masing-masing proses bisnis organisasi.
  4. Tanggung jawab dari para pimpinan untuk secara langsung terlibat dalam pengembangan dan implementasi Sistem Manajemen Mutu

JASA YANG DIBERIKAN

Persiapan dan Kick off Meeting Kegiatan ini dimulai setelah penandatanganan kontrak kerja dan biaya mobilisasi untuk konsultan telah dilakukan. Di sini konsultan ISO akan menjelaskan teknis pelaksanaan program berdasarkan kesepakatan bersama.
Preliminary Assessment Bertujuan untuk melakukan penilaian terhadap Sistem Manajemen yang ada di perusahaan terhadap Standar ISO 9001:2008. Pada tahap ini Konsultan ISO akan melakukan audit sistem secara keseluruhan, baik yang sedang dilaksanakan maupun yang akan dilaksanakan melalui pengumpulan dokumen dan wawancara. Hasil audit tersebut akan ditinjau, dianalisis untuk mengetahui kesenjangan sistem yang ada terhadap persyaratan standar ISO 9001:2008.
Training ISO 9001:2008 Bertujuan memberikan kemampuan kepada perusahaan dalam membangun dan mengembangkan Sistem Manajemen secara mandiri sesuai dengan persyaratan Standard ISO 9001:2008. Training ISO 9001 dilakukan di awal dan atau di akhir pelatihan untuk mengetahui pemahaman peserta terhadap Training ISO 9001 dan tugas yang diberikan.

Training ISO 9001 yang diberikan meliputi :

  1. Senior Management Briefing
  2. Business Process Analysis and Control
  3. Dokumentasi Sistem Manajemen Mutu
  4. Pemahaman standar ISO 9001:2008 serta sasaran dan program mutu
  5. Training Internal Quality Auditor (untuk sistem manajemen mutu dan lingkungan) dan Peningkatan Berkelanjutan

Konsultasi

Bimbingan konsultan ISO dilakukan sesuai dengan jadwal yang telah disepakati bersama.
Trial-audit Konsultan ISO 9001 akan melakukan penilaian terhadap keefektifan implementasi Sistem Manajemen Mutu perusahaan secara keseluruhan sebelum proses sertifikasi.

Speak Your Mind

*